11 Langkah Sukses Beternak Burung Mozambik

Ternak Berkualitas | 11 Langkah Sukses Beternak Burung Mozambik – Hallo sobat ternak berukualitas sekalian. Kita kembali bertemu lagi. Nah di kesempatan yang kali ini saya akan membahas tentang cara beternak salah satu burung kicau yang sangat pintar. yaitu adalah burung mozambik, untuk lebih jelasnya langsung saja kita melihatnya di bawah ini. 10 Langkah Sukses Beternak Burung Mozambik.

11 Langkah Sukses Beternak Burung Mozambik

11 Langkah Sukses Beternak Burung Mozambik

Sebelum kita lanjut alangkah baiknya kita mengenal lebih jauh tengan burung yang satu ini. Burung mozambik merupakan salah satu dari keluarga finch atau green singing finch. Burung yang termasuk dalam golongan singing finch merupakan burung yang sangat pintar bernyanyi atau berkicau. Burung mozambik yaitu jenis burung yang biasa hidup di cuaca panas ataupun dataran yang gersang. Persebaran dari burung ini yaitu hampir seluruh dunia. Dan tidak sedikit pula penangkarang burung mozambik di dunia. Beternak burung mozambik ini sangatlah menguntungkan. Hal ini di karenakan burung ini sangat di minati para pecinta burung kicau yang ada di seluruh indonesia. Nah untuk beternak burung mozambik ini kalihan bisa langsung mengikuti langkah langkah di bawah ini.

  • Memilih Indukan Burung Mozambik

Dalam beternak burung mozambik ini. Hal yang harus pertama kali kalian lakukan yaitu adalah memilih indukan. Memilih indukan burung mozambil ini haruslah benar benar teliti. Hal ini dikarenakan jika kalian asal memilih indukan maka hasil yang kalian dapatkan nantinya pasti tidak memuaskan. Maka dari itu kalian harus memilih indukan yang sehat dan tidak memiliki cacat sedikitpun. Selain itu kalian juga harus memiliki indukan yang memiliki suara yang merdu, atau yang sudah pernah memenangan kontes.

Nah untuk membedakan mana burung mozambik jantan dan betina. Kalian bisa melihat ciri cirinya di bawah ini ya :

    • Jantan : Burung jantan dewasa tidak terdapat pola garis hitam yang menyerupai kalung dibagian dada, tingkat kecerahan warna bulu yaitu kuning cerah. Burung jantan memiliki kicauan yang bervariasi dan mirip suara kenari.
    • Betina : Ciri burung betina dewasa terlihat kalung yang begitu jelas, dan tingkat kecerahan warna bulu yaitu kuning tidak cerah. Betina memiliki suara kicauan yang lebih pendek dan kurang variatif atau lebih monoton dalam struktur lagunya, dan pada burung betina muda memiliki suara kicauan yang hampir sama dan lebih aktif dari pada jantan.
  • Pemilihan sangkar

Langkah selanjutnya yang harus kalian lakukan dalam beternak burung mozambik ini yaitu adalah pemilihan sangkar. Untuk kandangnya kalian bisa memakai kandang aviary atau memakai sangkar harian yang berukuran sekitar 40×40 cm persegi serta tinggi 50 cm. Untuk kotak sarang yang dipakai sebaiknya berbentuk cawan atau mangkuk terbuka dari bahan serat nanas atau juga bisa membeli yang sudah jadi. Sebaiknya sebelum kalian memakai sangkar tersebut, sebaiknya kalian melakukan penyemprotan. Hal ini dikarenakan agar kutu, dan parasit lainya mati. Karena jika kalian tidak menyemprot kandang tersebut, nantinya kuman dan kutu, ataupun parasit dapat mengganggu indukan pada saat melakukan proses pengeraman.

  • Perjodohan Burung Mozambik

11 Langkah Sukses Beternak Burung Mozambik

Dalam beternak burung mozambik ini, kalian tentu saja harus melalui masa perjodohan terlebih dahulu agar burung mozambik bisa di kembang biakan. Nah proses perjodohan burung mozambik ini sangatlah mudah. Bahkan proses perjodohan burung mozambil bisa di katakan paling mudah. Dari pada proses perjodohan burung burung lainnya. Hal ini di karenakan kalian tidak perlu lagi melakukan pendekatan terlebih dahulu seperti cara perjodohan burung lainnya. Namun kalian hanya perlu memasukan burung mozambil jantan dan betina, langsung dalam 1 kandang yang sama. Nah setelah beberapa hari maka akan terlihat apakah burung tersebut berjodoh atau tidak. Ciri ciri burung mozambik yang berjodoh yaitu, burung tidak mau kemana mana. Selalu berdua, pada saat makan dan juga selalu berdekatan. Jika sudah demikian maka burung tersebut sudah bisa untuk di kembang biakan.

  • Mengatasi Burung Mozambik Yang Sulit Berjodoh

Nah meskipun burung mozambik ini terbilang sangat mudah dalam proses perjodohannya. Namun ada kala burung mozambil ini sulit berjodoh. Dan untuk mengatasi hal ini kalian bisa melakukan cara seperti di bawah ini :

  1. Pisahkan kedua burung dalam sangkar berbeda.
  2. Sangkar yang dipakai harus sama dan sesuai supaya burung tidak saling melihat atau mendengar suara pasangannya.
  3. Posisikan sangkar saling berdekatan dan jika terlihat selalu berdekatan termasuk saat tidur, maka artinya burung sudah berjodoh.
  4. Pindahkan kedua burung dalam sangkar gantung lengkap dengan kotak sarangnya
  5. Tunggu sampai betina bertelur dan mengerami telurnya dan bagian depan sangkar ditutupi dengan koran.
  6. Supaya kedua burung bisa tenang, maka sebaiknya sangkar penangkaran bisa digantung di tempat yang jarang dilalui orang.

Nah setelah terapi tadi selesai maka burung mozambik biasanya akan bertelur kurang lebih 3 sampai 4 butir. Nah setelah bertelur, indukan burung mozambik biasanya akan mengerami telurnya kurang lebih 13 hari sampai menetas.

  • Pemberian Pakan Berkualitas

Nah pada saat burung mozambik mengerami telurnya. Burung mozambil tentu saja memerlujan asupan nutrisi yang sangat banyak. Agar proses pengeramana berhasil. Nah untuk itu kalian harus memberikan pakan yang memiliki kandungan nutrisi dan juga protein yang tinggi. Untuk itu bisa kalian berikan pakan berupa biji bijian yang mengandung vitamin. Selain itu kalian juga bisa memberikan cangkang cumi yang keras atau butiran granit yang bisa menambahkan asupan kalsium. Dan juga kalian harus memberikan pakan khusus yang bissa kalian dapatkan di toko burung terdekat di rumah kalian.

  • Penetasan Anakan Burung Mozambik

11 Langkah Sukses Beternak Burung Mozambik

Nah setelah anakan burung mozambik menetas. Sebaiknya kalian jangan terburu buru untuk memisahkannya. Namun sebaiknya kalian biarkan anakan di asuh oleh indukannya. Nantinya para indukan jantan dan betina akan mengasuh anakan mereka. Namun yang harus kalian ketahui pada saat anakan menetas. Yang paling dominan mengasuh anakan yaitu adalah burung mozambik jantan. Yang di mana para pejantan akan mengambilakan makanan untuk indukan betian. Setelah itu indukan jantan juga akan memberikan makanan kepada anakan burung dengan cara menyulanginya.

Nah kurang lebih dalam waktu 3 minggu biasanya anakan sudah bisa makan sendiri dan bulu pada bagian sayap suudah tumbuh. Untuk bisa terbang ketempat makanan. Nah pada saat itulah anakan burung mozambik sudah bisa di pisahkan dari indukannya. Dan kalian sudah bisa merawat anakan burung mozambik.

  • Perawatan Anakan Burung Mozambik

Nah setekakah anakan burung mozambik di pisahakan dari indukan. Langkah selanjutnya yaitu kalian harus melakukan perawatan yang baik dan benar. Agar beternak burung mozambik kalian berhasil dan sukses. Kalian haruslah memberikan pakan yang bervariasi setiap harinya dn juga kalain harus memberikan pakan yang bayak mengandung protein dan nutrisi, karbohidrat. Agar pertumbuhan burung mozambik lebih cepat.

Selain kalian memberikan pakan yang berkualitas. Kalian juga harus memberikan tingkringan agar burung mozambik dapat selalu bergerak aktif. Dan agar burung selalu sehat, kalian juga harus mengganti air minumnya setiap hari. Kalian tidak boleh membiarkan air minumnya mengendap lebih dari 1 hari. Karena ini sangat tidak bagus untuk kesehatan burung mozambik.

  • Perawatan Kandang

Agar kalian sukses dalam beternak burung mozambik ini, kalian juga harus menjaga kebersihan kandang. Nah dalam menjaga kebershian kalian haruslah membersihkan kandang dengan teratur. Agar burung mozambik yang kalian pelihara sehat selalu agar tidak terkena penyakit apapun. Nah pembersihan kandang ini mencakup tempat minum, tempat makan, alas kandang. Nah untuk kandannya bisa lakuan semprot agar tidak ada kuman yang menempel.

  • Menutup Kandang 

Nah kalian juga harus mengetahui dan melakukan satu hal yang juga penting yaitu menutup kandang di malam hari. Nah ini haruslah kalian lakukan, karena burung mozambik sangat sensitif dengan sinar matahari. Karena jika mereka melihat cahaya, maka burung mozambik akan selalu terbangun dan bergerak aktif. Sebenarnya hal ini sangat tidak bagus, karena mereka nantinya akan kelelahan. Jadi sebaiknya kalian haruslah menutupi kandangnya di malam hari agar burung dapat tidur dengan tentang. Dan dapat bergerak aktif lagi di pagi hari.

  • Mengantisipasi Penyakit

Burung mozambik merupakan salah satu burung yang sangat rentan terkena penyakit. Penyakit yang sering menyerang burung mozambik ini yaitu adalah tungau dan juga parasit. Nah jika butung kalian terkena serangan penyakit seperti itu, maka kalian harus segera memisahkannya dari burung lainnya. Dan lakukan permbersihan kandang secara cepat. Untuk burung yang sudah terkena penyakit, yaitu akan memiliki tanda seperti. Tidak aktif dalam bergerak, bulu semakin tipis, kotoran berubah warna menjadi putih dan encer, keluarnya lendir dari daerah sekitar mata dan mata terlihat sayu.

  • Jangan Memegang Burung Mozambik

11 Langkah Sukses Beternak Burung Mozambik

Nah yang trakhir yaitu adalah kalian tidak perlu memegang burung mozambik dengan tangan kalian. Hal ini bisa membuat burung mozambik menjadi stres dan bahkan mati. Nah untuk memegan burung mozambik ini kalian hanya bisa melakukannya pada saat burung kalian pindahkan kekandang lainnya.

Nah baik sekian pembahasan kami mengenai 11 langkah sukses beternak burung mozambik. Bagi kalian yang ingin mencoba beternak burung mozambik ini, kalian bisa langsung mencobanya ya.

Related Post

  • 11 Langkah Sukses Beternak 150x150

    11 Langkah Sukses Beternak Burung Mozambik

    Ternak Berkualitas | 11 Langkah Sukses Beternak Burung Mozambik - Hallo sobat ternak berukualitas sekalian. Kita kembali bertemu lagi. Nah di kesempatan yang kali ini saya akan membahas tentang cara
  • Beternak Ayam Joper 150x150

    Beternak Ayam Joper Yang Menguntungkan 3 Bulan Panen

    Ternak Berkualitas | Beternak Ayam Joper Yang Menguntungkan 3 Bulan Panen - Hai, sobat ternak berkualitas sekalian. Kita bertemu lagi di artikel ternak berkualitas. Yang selalu memberikan informasi -
  • Tips Budidaya Burung Parkit 150x150

    Tips Budidaya Burung Parkit Yang Sangat Menjanjikan

    Ternak Berkualitas | Tips Budidaya Burung Parkit Yang Sangat Menjanjikan - Hallo para sobat ternak berkualitas sekalian. Berjumpa lagi bersama kami ternak berkualitas pada hari yang cerah ini.
  • Langkah – Langkah Budidaya Cacing Sutra 150x150

    Langkah – Langkah Budidaya Cacing Sutra Di Rumah

    Ternak Berkualitas | Langkah - Langkah Budidaya Cacing Sutra Di Rumah - Hallo Sobat sekalian. Berjumlagi di artikel saya ternak berkualitas. Sobat berkualitas apakah sudah tahu dengan yang namanya
  • Langkah Beternak domba Yang 150x150

    Langkah Beternak domba Yang Benar Untuk Pemula

    Ternak berkualitas | Langkah Beternak domba Yang Benar Untuk Pemula - Hallo sobat ternak berkualitas sekalian. Kita berjumpa kembali di artikel ternak berkualitas. Yang di mana ternak berkualitas

Post a Comment

Your email is never published nor shared. Required fields are marked *
You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

  • Pos-pos Terbaru