Budidaya Burung Puyuh Paling Praktis bagi Pemula

Ternak BerkualitasBudidaya Burung Puyuh Paling Praktis bagi Pemula – Sobat ternak berkualitas sekalian, Tentulah tahu bukan dengan burung puyuh. Unggas yang satu ini banyak di peliharan dan di budidayakan oleh kalangan masyarakat, karena budidaya burung puyuh sangatlah menjanjikan. Ya kita bisa lihat dari permintaan konsumen terhadap telur puyuh di pasaran yang setiap minggunya sekalu meningkat trus menerus. Dan pada akhirnya pasar harus memenuhi permintaan para konsumen, Hal ini bisa menjadi salah satu peluang kita untuk menghasilkan uang. Dalam budidaya burung puyuh paling praktis bagi pemula.

Budidaya Burung Puyuh Paling Praktis bagi Pemula

Budidaya Burung Puyuh Paling Praktis bagi Pemula

Burung puyuh merupakan salah satu jenis unggas yang memiliki ukuran tubuh yang kecil. Namun burung puyuh tidak sama seperti unggas lainnya yang mudah untuk di pelihara. Burung puyuh pada umunnya bukanlah uang yg di ternak. Namun burung puyuh merupakan unggas liar, dan seiring berjalannya waktu sekarang sudah banyak yang membudidayakan burung puyuh juga loh…

Namun pada dasarnya burung cara budidaya dan perawatan burung puyuh dan unggas lainya tidak lah sama. Budidaya burung ini sangatlah menguntungkan loh… Kenapa saya bilang menguntungkan?. Burung ini tidak hanya pemanenan telurnya saja, melaikan burun ini juga bisa di panen dagingnya . Hal ini membuat burung puyuh sangat di gemari para peternak, untuk di budidayakan. Karena tidak hanya telurnya saja yang dapat di jual dan di jadikan uang. Namun daging dari burung putuh juga banyak di minatin oleh banyak orang.

Namun bagaimana cara membudidayakannya.? Untuk cara Budidaya Burung Puyuh Paling Praktis bagi Pemula. Silahkan kalian simak artikel saya di bawah ini.

  • Mempersiapkan Lokasi Dan Kandang Budidaya

Budidaya Burung Puyuh Paling Praktis bagi Pemula

Sama seperti hal lainya, hal yang harus kita lakukan pertama kali yaitu anda harus mempersiapkan lokasi dan kandang untuk budidaya burung puyuh ini. Lokasi penempatan kandang yang baik yaitu sebagai berikut:

  1. Untuk budidaya burung puyuh sebaiknya kandang budidaya tidaklah boleh basah atau lembap. Agar kandang selalu kering dan tidak lembab, kalian harus membuatnya mengarah ke arah sinar matahari.
  2. Untuk kelembapan kandang tidak lah boleh lebih daru 70%
  3. Suhu yang ideal untuk lokasi kandang yaitu 20 sampai 25 derajat Celcius.
  4. Selain itu memerlupan penerangan seperti lampu. Untuk siang anda bisa menggunkan yang 35 sampai 40 Watt sedangkan malam kisaran 40 sampai 50 Watt saja.

Selain itu dalam budidaya burung puyuh paling praktis bagi pemula yaitu anda harus mebuat beberapa kandang yaitu seperti kandang :

1.Kandang Pembibitan

Kandang yang pertama anda perlukan yaitu kandang pembibitan karena kandang ini sangat berpengaruh untuk produktifitas dari burung puyuh tersebut. Besar kecilnya kandang tergantung dari jumlah burung puyuh yang anda budidayakan.

2. Kandang Indukan

Seperti halnya kandang yang di pakai pada proses pembibitan, kandang para induk ini memiliki jenis, ukuran dan bentuk serta kebutuhan – kebutuhan dari segi peralatan yang akan sama tentunya. Sedangkan khusus untuk ukurannya atau lebarnya kandang, anda tetap bisa menyesuaikan dengan ukuran kandang pembibitan atau bisa lebih besar.

      3. Kandang Anak Burung Puyuh

Para anak puyuh yang telah menetas dan berumur  satu hari hingga dua atau tiga minggu akan menggunakan jenis kandang ini. Ini adalah kandang yang akan di khususkan untuk memberikan panas yang cukup yang sangat dibutuhkan para anak – anak puyuh tersebut. Di dalam kandang ini biasanya akan di lengkapi dengan alat pemanas ruangan. Untuk memuat 90 hingga 100 ekor anak puyuh anda hanya memerlukan ukuran kandang dengan panjang 100 cm, tinggi 40 cm, lebar 100 cm dan tinggi kaki hingga 50 cm.

4. Kandang Pembesaran

Dan trakhir yaitu adalah kandang pembesaran anak burung puyuh. Ketika burung puyuh sudah berusia 3 sampai 6 minggu biasanya burung puyuh akan di pindahakn ke kandang yang lain yaitu kandang pembesaran. Kandang pembesaran sama seperti kandang indukan petelur.

  • Pemilihan Bibit Yang Berkualitas

Budidaya Burung Puyuh Paling Praktis bagi Pemula

Dalam Budidaya Burung Puyuh Paling Praktis bagi Pemula Untuk mendapatkan hasil produksi yang berkualitas nantinya kalian haruslah memiliki bibit yang unggul dan berkualitas pula.Untuk memilih bibit unggul dan berkualitas tidaklah sulit. Anda bisa memilih bibit seperti di bawah ini:

  1. Jika anda melakukan budidaya burung puyuh untuk melakukan produksi daging, maka di pilih indukan puyuh betina dan jantan afkiran atau yang sudah tidak produktif lagi menghasilkan telur.
  2. Jika anda ingin membudidayakannya hanya untuk petelur sebaiknya anda memilij indukan puyuh yang sehat dan sangat aktif dan baik dalam tingkat produksi. Selain itu pilihlah inidukan jantan yang sehat pula dan selalu membuhai para betinannya.
  3. Jika anda berusaha menerapkan produksi telur puyuh untuk konsumsi, maka pilih lah bibit atau indukan puyuh betina yang bebas dari berbagai penyakit bawaan dan sehat.
  •  Pemeliharan Burung puyuh

Budidaya Burung Puyuh Paling Praktis bagi Pemula

Setelah memilih bibit yang untuk di budidayakan selanjutnya yaitu adalah pememliharanan burung puyuh. Dalam pemeliharanan burung puyuh ini ada beberapa langkah yang harus anda lakukan yaitu :

1. Memberi Makanan Kepada Burung Puyuh

Dalam pememiliharaan burung puyuh hal yang harus anda lakukan pertama kali yaitu memberi makan dan minum burung puyuh. Berihalah pakan yang bergizi agar proses pertumbuhannya dan produksinya selalu berjalan secara optimal. Dan selalu lah tratur dalam pemberian makannya jangan pernah sampai lupa dalam permberian pakannya.

2. Melakukan Kontrol Penyakit

Pengontrolan terhadap penyakit seharusnya sering di lakukan apabila anda mencurigai atau meilhat adanya berbagai tanda – tanda mencurigakan yang menandakan para burung puyuh sedang sakit atau tidak sehat. Konsultasikanlah keluhan – keluhan tersebut ke berbagai dokter hewan, dinas pertenakan atau kepada peternak burung puyuh lainnya.

      3. Perhatikan Sanitasi atau Kebersihan Juga Perbuatan Preventif

Melakukan proses vaksinasi dan juga memelihara kebersihan atau sanitasi kandang adalah hal yang di perlukan dalam memelihara hewan apapun, termasuk burung puyuh. Tentunya anda tidak mengharapkan kerugian yang mendalam ketika melakukan budidaya burung puyuh bukan? Maka jagalah mereka dari berbagai penyakit dengan mengutamakan kebersihan tentunya.

  • Massa Pemanenan

Budidaya Burung Puyuh Paling Praktis bagi Pemula

Pemanenana burung puyuh sangatlah di nanti nanti para peternak. Jika kalian selalu tratur dalam pemberian makannya maka proses pemanenan juga semakin cepat. Hal ini tergantung dari kalian dalam menjagannya juga, selain itu untuk memanen burung puyuh ada 2 tahap yaitu :

1. Pemanenan Telut

Pemanenan yang pertama yaitu pemanena telur. Hal yang paling menguntungkan dalam budidaya burung puyuh ini yaitu pada saat pemanenan telur burung puyuh.  Pemanenana ini bisa kalian lakukan setiap hari karena burung puyuh biasnnya akan bertelur setiap harinya. sama seperti ayam tetelur juga. Ini lah yang paling menguntungkan dalam budidaya burung puyuh. Selain itu ada 1 lagi pemanenan yang bisa kalian lakukan yaitu.

2. Pemanenan Tambahan

Pemanenan tambahan ini yaitu pemanean bulu yang rontok dari burung puyuh. Biasa nya akan di kumpulkan dan akan di jual, yang nantinya akan di jadikan kerajinan tangan. Selain itu kotoran burung puyuh juga bisa di jual untuk di jadikan pupuk kandang.

Baiklah berikuta adalah cara Budidaya Burung Puyuh Paling Praktis bagi Pemula. Bagi kalian yang ingin mengetahui seputaran hewan lainnya kalian juga bisa mengklik link kami yang di bawah ini.

Related Post

Post a Comment

Your email is never published nor shared. Required fields are marked *
You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

  • Pos-pos Terbaru