Budidaya Ikan Baung Di Kolam Yang Sangat Menguntungkan

Ternak Berkualitas | Budidaya Ikan Baung Di Kolam Yang Sangat Menguntungkan – Sobat ternak sekalian. Tenulah sudah tahu dengan yang namanya ikan baung bukan…? Ikan baung merupakan salah satu ikan yang di konsumsi kalangan masyarakat indonesia. Ikan baung ini merupakan salah satu makanan favorit di kalangan masyarakat indonesia. Di pasar sendiri permintaan masyarakat terhadap ikan baung naik setiap bulannya. Oleh karena itu pasar juga harus meningkatkan pemasokan ikan baung ke pasar, agar dapat memenuhi permintaan masyarakat. Namun saat ini pemasukan ikan baung tidaklah mampu memenuhi ke butuhan yang di minta pasar. Nah oleh karen itu coba kalian pikirkan, ini merupakan salah satu peluang bisnis yang sangat menjanjikan bukan. Yaitu dengan cara beternak ikan baung di kolam.

Budidaya Ikan Baung Di Kolam Yang Sangat Menguntungkan

Budidaya Ikan Baung Di Kolam Yang Sangat Menguntungkan

Nah sebelum kita lanjut ke topik pembahasan kita, sebaiknya kita mengenal sedikit tentang ikan baung ini. Ikan baung merupakan ikan air tawar yang sangat di minati kalangan masyarakat indonesia. Persebaran ikan barung ini sangatlah luar. Untuk persebarnnya yaitu mulai dari seluruh asia tenggara, tiongkok selatan, dan juga hindia. Meskipun begitu banyak persebaran dari ikan baung ini. Tapi masih saja permintaan masyarakat terhadap ikan baung ini tidak lah pernah cukup. Maka dari itu kalian harus mengambil kesempatan yang sangat menguntungkan ini. Untuk meraup keuntungan yang besar dari budidaya ikan baung di kolam yang sangat menguntungkan.

Dalam Budidaya Ikan Baung Di Kolam Yang Sangat Menguntungkan ini. Ada beberapa tahapan yang harus kalian lakukan dan kalian pahami. Untuk dapat berhasil budiaya ikan baung ini, dan untuk itu silahkan kalian baca tahapan tahapan yang harus kalian lakukan di bawah ini.

  • Menentukan Lokasi Kolam Budidaya

Hal yang paling utama dalam budiaya ikan baung di kolam yang sangat menguntungkan yaitu adalah kalian harus menentukan lokasi kolam budidaya terlebih dahulu. Karena ini merupakan hal yang paling penting yang nanti nya menentukan kesuksesan kalian dalam budidaya ikan baung. Lokasi kolam yang sangat di anjurkan yaitu, memiliki tekstur tanah yang kuat untuk menampung air. Selain itu tanahnya tidak berbatu, tahan harus subur. Dan yang paling penting kolam dekat dengan sumber mata air, dan lokasi kolam budidaya tidak tercemar oleh polusi atau limbah pabrik atupun limbah lainnya.

  •  Pembuatan dan persiapan kolam budidaya

Dalam budidaya ikan baung ini, anda bisa membudidayakannya dengan menggunkan kolam tembok ataupun kolam tanah. Untuk membuat kolam budidaya ikan baung ini, yaitu anda haruslah membuatnya berbentuk persegi panjang. Yang berbentu pematang trapesium dengan kemiringan 1:1 Untuk tingginya yaitu adalah 1 sampai 2 meter. Nah jika kalian menggunkan kolam tanah untuk budidaya ikan baung ini. Kalian haruslah memanan tanaman air atau tanaman lainnya. Di atas pematang kolam tersebut, agar kolam tersebut tidak erosi nantinya.  Setelah kolam sudah selesai di buat, selanjutnya yaitu adalah mempersiapkan kolam untuk budidaya ikan baung.

Nah yang pertama harus kalian lakukan untuk pesiapan kolam budidaya ini yaitu adalah. Kalian haruslah mengeringan kolam terpebih dahulu. Biarkan kolam terjemur dan terkena panas matahari sampai kolam tersebut benar benar kering. Setelah kolam kering, selanjutnya untuk membunuh hama hama yang dapat membahayakan budidaya ikan baung anda. Dan juga untuk mengurai kadar keasaman tana dan air nantinya. Lakukan lah pemupukan pada dasar kolam, untuk pemupukannya kalian bisa menngunkan pupuk organik ataupun pupuk anorganik. Jika semua itu telah dilakukan, selanjutnya isikan air ke dalam kolam, tinggi air minimal sekitar 0,5 meter dengan debit sekitar 10-15 liter per detik per hektar kolam. Namun sebelum air dimasukan dalam kolam, pintu massuk air diberi saringan agar kotoran atau hama masuk ke dalam kolam.

  • Pemilihan bibit ikan baung dan penebaran bibit

Setelah persiapan kolam selesai semuannya, biarkanlah kolam selama 2 mingguan. Agar pakan alami dari kolam tersedia dahulu yaitu seperti fitoplankton. Nah jika sudah 2 minggu kolam kalian biarkan, selanjutnya kaliah haruslah membeli bibit ikan baung ini. Pililah bibit ikan baung yang berkualitas, untuk ciri ciri ikan baung yang berkualitas yaitu seperti :

  1. Ikan baung tidak memiliki cacat sedikitpun
  2. Berukuran 3 sampai 5 gram
  3. Sehat dan tidak lemas
  4. pililah ikan yang berukuran sama ataupun berbeda tipis saja
  5. sehat dan lincah dalam berenang

Nah setelah kalian membeli bibit ikan baung ini, selanjutnya kalian tinggal melakukan peroses penebaran saja. Nah dalam proses penebaran ini tidak bisa kalian lakukan sembarangnya karena nantinya bibit ikan baung ini bisa stress dan mati. Untuk penebaran ikan baung sebaikanya kalian lakukan di pagi hari ataupun di sore hari. Karena pada saat ini merupakan hal yang paling bagus untuk penebaran benih. Dan pada saat ini pula air kolam tidak terlalu panas. Namun jika kalian lakukan penebarang di siang hari, ini sangatlah tidak baik karena air terlalu panas karena terpapar sinar matahari. Dan benih bisa saja stress dan lansung mati. Selain itu untuk penebaran benih ini kalian juga harus meliha terlebih dahulu kolam kalian. Untuk benih ikan baung ini hanya bisa di tebarkan 80 ekor per m2, jadi kalian harus mengukur kolam kalian terlebih dahulu ya.

  • Perawatan Dan pemberian pakan ikan baung

Pakan yang diberikan pada ikan baung yaitu pakan yang mengandung 30% protein, 25% lemak dan 10%-25% karbohidrat. Pakan tersebut dapat berupa pelet, namun selain pelet dapat juga diberi pakan tambahan berupa dedak, jagung, ikan asin dan lain sebagainya yang digiling menjadi satu. Pemberian pakan dilakukan sebanyak 3 kali sehari yaitu pada pagi, sore dan malam hari. Selain itu lakukan perawatan kolam juga. yaitu seperti Lakukan penambahan air pada kolam setiap 3 hari sekali karena volume air akan berkurang disebabkan penguapan. Selain itu kitra juga harus menjaga sirkulasi air lebih bagus diberi kincir dalam kolam.

  • Massa panen ikan baung

Nah setelah 5 bulan masa prawatan biasanya ikan baung sudah dapat di panen. Biasnnya ikan baung sudah memiliki ukuran 5 sampai 6 ons per ekornya. Jika sudah memiliki ukuran 5-6 ons per erkornya anda bisa memanennya dan menjualnya. Penjualannya bisa anda lakukan dengan menjualnya ke agen, namun juga sama agen anda menjualnya maka harganya sedikit lebih murah pastinya. Nah jika anda menjualnya lansung ke pasar. Maka harganya bisa lebih tinggi dari pada anda menjualnya kepada agen. dan proses pemanenan ini juga harus anda lakukan dengan cara yang benar. Yaitu lakukan pengurasan kolam terlebih dahulu, sampai air kolam setelah dari sebelumnya. Dan pemanenan ini kalian lakukan haruslah di pagi ataupun sore hari ya setelah pemberian pakan ikan.

Baiklah sekian pembahsan saya mengenai Budidaya Ikan Baung Di Kolam Yang Sangat Menguntungkan. Bagi kalian yang ingin mencobanya silahkan ya  sobat ternak berkualitas. Dan jangan lupa untuk selalu mengikuti ternak berkualitas yang akan memberikan informasi informasi seputara hewan hewan yang ada di dunia.

BACA JUGA 

Related Post

Post a Comment

Your email is never published nor shared. Required fields are marked *
You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

  • Pos-pos Terbaru