Budidaya Ikan Gabus Dengan Mudah Dan Menguntungkan

Ternak Berkualitas | Budidaya Ikan Gabus Dengan Mudah Dan Menguntungkan – Hai sobat ternak berkualitas. Berjumpa lagi bersama saya di ternak berkualitas, tentu kalian tidak sabar bukan  memanti updatetan ternak berkualitas. Nah pada perjumpaan kita yang ini, saya akan membahas tentang Budidaya Ikan Gabus Dengan Mudah Dan Menguntungkan. Apakah kalian tahu budi daya ikan gabus ini sangatlah menguntungakan loh sobat ternak berkualitas. Nah jika kalian ingin mengetahui cara membudidayakan ikan gabus ini, kalian bisa langasung baca artikel saya di bawah ini ya sobat.

Budidaya Ikan Gabus Dengan Mudah Dan Menguntungkan

Budidaya Ikan Gabus Dengan Mudah Dan Menguntungkan

Sebelum kita lanjut ke pembahasan kita yaitu budidaya ikan gabus, alangkah baiknya kita mengenal dulu ikan yang akan kita budidayakan ini. Ikan gabus merupakan salah satu ikan predator air tawar yang sangat liar dan rakus. Ikan ini sangat buas, ikan gabus ini memakan segala jenis ikan kecil dan serangga – seranggan yang ada di air. Ikan gabus ini asli dari indonesia, habitat aslinya yaitu di ait tawar, sungai, dan rawa -rawa. Namun meskipun ikan gabus ini di kenal sebagai predaor air tawat. Ikan gabus ini memiliki sejuta manfaat lo sobat ternak berkualitas, maka dari itu ikan gabus sangatlah di buru di pasaran. Nah untuk itu kali ini saya akan memberikan pengalaman dari beberapa sumber yang telah sukses dalam budidaya ikan gabus. Dan sekarang akan saya beritahukan kepada kalian bagaimana cara budidaya ikan gabus dengan mudah dan menguntungkan ini.

  • Pemilihan Lahan Untuk Budidaya Ikan Gabus

Hal yang pertama kalian lakukan sebelum memulai budidaya ikan gabus ini yaitu pemilihan lahan yang nantinya akan kalian jadikan untuk tempat budidaya ikan gabus. Dalam pemilihan lahan ini ada beberpa jenis yang nantinya akan kalian jadikan sebagai kolam budidaya. Dan untuk kolam ikan gabus ini ada 3 jenis yaitu KOLAM TANAH, KOLAM BETON, dan KOLAM TERPAL. Dari ke tiga jenis kolam tersebut memiliki keungguan dan kekurangnanya masing masing. Dan itu tergantung dari anda kolam budiaya yang mana yang akan anda gunakan untuk budidaya ikan gabus anda nantinya. Beritu penjelasndan pembatuatannya.

  1. Kolam Tanah

Yang pertama yaitu adalah kolam tanah, Untuk membuat kolam tanah ini sebagai kolam budidaya ikan gabus anda nantinya tidak lah sulit. Pembuatannya yaitu anda hanya perlu menggali tanah. Untuk ukurannya bisa anda tentukan sesuai dengan keingian anda dan berapa banyak ikan gabus yang akan anda budiayakan nantinya. Setelah menggali lobang anda tinggal membuat dinding pinggiran kolam dengan tanah yang kalian gali tadi. Untuk masalah air yang akan digunakan di dalam kolam ikan gabus tersebut, biasanya berasal dari anak sungai yang di aliri dari atas kolam, dan air yang telah melimpah akan masuk dan mengalir ke dalam selokan yang di siapkan di dekat kolam hingga akan terjadi sirkulasi air yang baik. Selain lebih praktis dan hemat biaya. Selain itu kolam tanah memiliki keuntungan lainnya yaitu sebagai berikut :

  1. Ikan gabus akan tunbuh dengan sehat karena mendapatkan asupan pakan alami dari kolam tanah tersebut.
  2. Pakan alami akan selalu ada yang berkembang bisa secara langsung di dalam kolam seperti ikan ikan kecil, undang liar, dan zat renik
  3. Selain itu kolam akan lebih subur jika anda melakukan pemupukan terlebih dahulu sebelum mengolah kolam.
  4. Proses pergantian air yang biasanya bersumber dari aliran sungai tentunya memberikan tingkat tinggi dari masuknya pakan alami.

      2. Kolam Beton

Yang kedua yaitu kalian bisa menggunakn kolam beton untuk melakukan proses budidaya ikan gabus ini. Untuk membuat kolam ini anda memerlukan biaya yang lumayan, selain itu untuk perawatan kolam ini sedikit lebih rumit dari kolam tanah maupun kolam terpal. Namun kolam beton ini merupakan salah satu kolam yang paling bagus untuk membudidayakan ikan gabus ini, berikut keunggulannya :

  1. Berbeda dengan kolam tanah, air yang di aliri kedalam kolam tidak akam mudah kotor dan lebih higienis karena tidak langsung bersentuhan dengan tanah.
  2. Jauh lebih awet struktur kolam ini jika di bandingkan dengan struktur kolam yang lainnya.
  3. Lebih tahan dan akan lebih jarang membutuhkan proses perawatan.
  4. Mudah di bersihkan pada masa panen.
  5. Ikan yang di hasilkan ketika panen tidak akan berbau tanah maupun lumpur

      3. Kolam Terpal

Dan yang trakhir yang bisa anda gunakan untuk membudidayakan ikan gabus yaitu adalah kolam terpal. Kolam terpal ini sangatlah di minati para peternak ikan. Tidak hanya peternak ikan gabus, namun peternak ikan lainnya banyak yang menggunkan kolam terpal ini sebagai media pembudiyaan ikan mereka. Karena pembuatan kolam terpal ini merupakan pembuatan yang paling praktis, selain itu pembuatan kolam terpal ini juga sangat murah dan menghemat tenangan biaya anda. selian itu keuntungan lainnya yaitu seperti :

  1. Bagus untuk daerah yang tidak bagus atau tidak mudah mendapatkan air. Jika anda tinggal di daerah yang tidak terlalu mudah untuk mendapatkan air, daerah berpasir dan di pesisir dimana lapisan tanahnya tentu tidak bisa menampung air. Maka penggunaan kolam terpal adalah pilihan yang bagus.
  2. Menjaga kestabilan suhu di kolam. Beberapa petani ikan telah membuktikan kehebatan dari kolam terpal yang nyatanya mampu menahan fluktuasi atau perubahan suhu air kolam yang biasanya terjadi karena alas sekam yang di tabur pada dasar kolam.
  3. Tidak terlalu berbau. Berbeda dengan menggunakan kolam ikan yang terbuat langsung dari media tanah, penggunaan kolam terpal akan meminimalisir bau lumpur maupun bau tanah pada ikan yang di hasilkan.
  4. Lebih mudah untuk melakukan pemanenan. Karena pada kolam ikan terpal ini akan minim lumpur atau bahkan tidak ada sama sekali, jadi proses pemanenan akan lebih mudah dan cepat.
  5. Jarang di temukan adanya penyakit maupun hama. Kebersihan pada kolam ini relatif stabil, makanya jarang di temukan adanya ikan yang terjangkit penyakit maupun yang terkena hama tertentu.
  6. Memilih Indukan Ikan Gabus Yang Berkualitas Untuk Dibudidayakan

Budidaya Ikan Gabus Dengan Mudah Dan Menguntungkan

Jika sudah memilih kolam mana yang akan kalian buat untuk media pembudiayaan ikan gabus. Tahapan selanjutnya yaitu adalah pemilihan indukan ikan gabus yang berkualtias yang nantinya akan kalain budidayakan. Untuk pemilihan indukan ikan gabus kalian bisa melihat ciri cirinya di bawah ini :

  1. Ikan gabus jantang biasanya akan mempunyai bentuk kepala yang oval dan betina yang berbentuk bulat.
  2. Warna tubuh ikan gabus jantan sedikit gelap dan pada betina terdapat warna kontras yang cukup terang.
  3. Lubang genital pada ikan gabus jantan biasanya berwarna merah dan jika di tekan akan keluar cairan bening dan pada betina jika di tekan pada bagian perut akan mengeluarkan telur, bertekstur lembek dan cenderung berukuran lebih besar dari pada perut ikan gabus jantan.
  • Melakukan Pemijahan Dan Proses Penetasan Telur Ikan Gabus

Setelah anda selesai memilih dan membeli indukan ikan gabus yang berkualitas, berikunya barulah anda melakukan proses pemijahan dan proses penetaran telur ikan gabus. Untuk melakukan proses pemijahan ini. Anda haruslah menyiapkan kolam terlebih dahulu, yaitu kolam khusus untuk pemijahan. Dan jangan lupa mengisi  kolam tersebut dengan air setinggi 50 cm dari dasar kolam. Jika sudah di sediakan selanjutnya masukan indukan ikan gabus jantan dan betina sebanyak 40 ekor kelama kolam yang sudah di sediakan tadi.

Budidaya Ikan Gabus Dengan Mudah Dan Menguntungkan

Jika sudah memasukannya, anda bisa meletakan tanaman air di kolam seperti kiambang ataupun enceng gondok. Yang nantinya tanaman air tersebut menjadi tempat untuk telur telur tersebut, selain itu kalian haruslah memastika kolam pemijahan tidak di aliri air lagi. Nah jika sudah biarkan indukan selama 3 sampai 5 hari, jika sudah beberapa hari biasanya indukan betina ikan gabus akan bertelur. Indukan ikan gabus betina bisanya mampu menghasilkan telur sebanyak 9.000 sampai 11.000 butir telur. Nah jika indukan ikan gabus betina sudah bertelur biasnya kurang dari 1 hari telur telur tersebut akan menetas, nah selain itu kalian juga harus mengatur suhu agar tetap stabil. Suhu yang stabil untuk anakan yang baru menetas yaitu 28 derajat celcius, biarkan anak di kolam pemijahan selama 2 atau 3 hari. Kerena cadangan makannya masih ada.

  • Perawatan Larva Ikan Gabus

Untuk merlarva ikan gabus ada beberapa tahapan yang harus kalian ketahui dan lakukan yaitu  seperti di bawah ini :

  1. Perawatan Larva Usia 3 Hari

Nah dalam peramawatan ini seperti yang sudah di jelaskan di atas. Para larva yang baru menetas biarkan saja selamat 3 hari karena mereka masih memiliki cadangan makanan. Nah jika sudah menginjak 3 hari barulah kalian memberikan pakannya berupa artemia, anda bisa memberikannya sebanyak 3 kali dalam sehari. Agar pertumbuhan larva semakin cepat, berikan lah artemia yang cukup ya para sobat ternak.

2.  Perawatan Larva Usia 5 Sampai 7 Hari

Tetap memberikan makan 3 kali dalam sehari dan jika perlu sisipkan makanan tambahan seperti Daphina. Selalu ingat untuk mengganti air kolam dan kelancaran sirkulasi serta jangan lupa dalam memberikan pakan. Nah itu di lakukan sampai benih sudah bisa di tebar di kolam pembesaran.

  • Penebaran Benih Ikan Gabus

Penebaran benih ikan gabus biasanya di lakukan ketika umur anakan ikan mencapai 2 minggu. Biasanya penebaran benih akan di lakukan ketika larva atau benih ikan belum di beri makan dan pada saat pagi hari. Setelah 2 hari berlangsung, biasanya barulah petani ikan akan memberikan pakan yang umumnya berupa pellet atau makanan buatan pabrik.

  • Pembesaran Dan Perawatan Rutin

Nah jika  sudah di tebarkan di kolam pembesaran di sini lah anda harus berusaha keras agar budidaya ikan gabus anda berhasil dan mendapatkan keuntungan yang besar. Berilah pakan secara teratur dan perawatan rutin setiap harinya. Untuk pakan kalian bisa gunakan pakan yang di produksi dari pabrik dan di jual di toko toko ikan terdekat di rumah anda. Selain itu Anda juga bisa membuat campuran pakan sendiri dengan bahan – bahan : ampas tahu, bekatul, ikan teri dan juga jagung. Rebus keseluruhan bahan – bahan tersebut dan giling menjadi satu, jemur campuran pakan tadi setelah anda merasa semua bahan tercampur dengan rata.

Budidaya Ikan Gabus Dengan Mudah Dan Menguntungkan

Seperti yang kita ketahui ikan gabus merupakan salah satu ikan predator, yang sangat rakus dan kanibal. Sebaiknya anda tidak boleh telat ataupun kurang memberikan pakannya, pastikan pakan yang anda berikan selalu pas dan tidak pernah telah memberi makannya. Karena jika anda telat memberikan mereka makan ataupun kurang memberikan mereka makan, para ikan gabus ini biasanya bisa memakan temannya sendiri. Maka dari itu kalain haruslah selalu rutin memberikan mereka makan yang pada pula, dan tidak telat.

  • Pemanenana Ikan Gabus

Nah dan trakhir yaitu adalah pemanenan ikan gabus. Jika kalian sudah merawatnya secara rutin, dan pemberikan pakan yang tidak pernah telah, biasannya dalam waktu 4 bulan kalian sudah bisa memanennya. Untuk ikan gabus yang sudah berusia 4 bulan bisanya memiliki bobot 4 sampai 5 ons per ekornya. Nah untuk pemanenannya bisa kalian lakukan secara bertahap, dan juga kalian bisa pasarkan langsung di pasaran. Karena peminat dari ikan gabus ini sangatlah banyak, jadi kalian tidak perlu ragu lagi untuk memasarkannya.

 

Nah baiklah sekian pembahasan saya mengenai cara budidaya ikan gabus yang menguntungakan. Bagi kalian yang ingin mencobanya di rumah kalian, silahkan baca artike saya, dan semoga artikel yang saya berikan ini bermanfaat untuk kalian semuannya. Dan jangan lupa selalu mengikuti ternak berkualitas yang akan update setiap harinya.

BACA JUGA YA SOBAT TERNAK : – Panduang Beternak Yang Menguntungkan
                                                                     – Cara Ternak

 

Related Post

Post a Comment

Your email is never published nor shared. Required fields are marked *
You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

  • Pos-pos Terbaru