Budidaya Ikan Kerapu Di Tambak Yang Sangat Menguntungkan

Ternak Berkualitas | Budidaya Ikan Kerapu Di Tambak Yang Sangat Menguntungkan – Hai sobat terrnak berkualitas sekalian. Berjumpa lagi di artikel saya, kali ini saya akan membahas tentang budidaya ikan kerapu. Apakah sobat ternak berkualitas tau dengan ikan yang satu ini.? Ikan kerapu merupakan ikan yang sangat di gemari oleh banyak orang, terutama masyarakat indonesia sendiri. Ikan kerapu juga salah satu dari ikan yang konsumsi oleh masyarakat, dengan tekstur daging yang empuk dan gurih saat di santap, membuat ikan ini banyak peminatnya loh sobat ternak berkualitas.

Budidaya Ikan Kerapu Di Tambak Yang Sangat Menguntungkan

Budidaya Ikan Kerapu Di Tambak Yang Sangat Menguntungkan

Ikan kerapu merupakan ikan laut yang biasannya hidup bebas di terumbu trumbu karang yang ada di laut. Ikan kerapu juga di kenal memiliki tekstur daging yang empuk dan gurih, selain itu ikan kerapu juga banyak mengandung gizi. Karena memiliki kandungan gizi yang tinggi membuat ikan ini banyak di buru di pasaran, namun harga dari ikan kerapu terbilang tinggi juga loh sobat ternak berkualitas. Ya.. sepadan lah dengan kandungan gizi yang tinggi dan tekstur dagingnya. Dan permintaan pasar terhadap ikan kerapu sekami tinggi setiap harinya, untuk memenuhi permintaan para konsumen. Nah…… Kesempatan ini haruslah bisa kalian manfaat kan untuk menghasilkan uang, yaitu dengan cara budidaya ikan kerapa. Bagaiman cara membudidayakan ikan kerapu ini.? Pada kesempatan kali ini saya akan membuat 1 artikel untuk pada sebat ternak berkuaitas yaitu cara budidaya ikan kerapu di tambak yang sangat menguntungkan.

Namun sebelum kita mulai budidaya ikan kerapu ini sebaiknya kita memahami cara membudidayakannya terlebih dahulu agar nanti anda dapat dengan mudah memulai usaha ini. Nah berikut lah cara budidaya ikan kerapu di tambak yang sangat menguntungkan.

  • Penentuan Lokasi Tambak 

Dalam Budidaya Ikan Kerapu Di Tambak Yang Sangat Menguntungkan penentuan lokasi sangatlah penting karena itu adalah faktor utama dalam budidaya ikan kerapu nantinya. Untuk lokasi yang baik yaitu berjarak tidak jauh dari air laut maupun air tawat. Selain itu jauh dari industri pabrik, terbebas dari erosi dan banjir, bebas pasanga dan luapan air sungai, dan juga terbebaas dari pencemaran lingkungan. Tanah yang digunakan untuk tambak juga tanah yang memiliki tekstur lempung berliat, liat berpasir, liat berlumpur, dan memiliki PH antara 7,5 sd 8,5 serta berada dalam suhu lingkungan sekitar 25 sd 32 derajat celcius. Lokasi yang baik tentu akan membuat perawatan dan budidaya ikan lebih maksimal.

Budidaya Ikan Kerapu Di Tambak Yang Sangat Menguntungkan

  • Pemilihan Benih Yang Unggul

Budidaya Ikan Kerapu Di Tambak Yang Sangat Menguntungkan

Untuk benih ikan kerapa yaitu ada 2 pilihan yang pertama yaitu dari hasil tangkapan. Sedangkan yang kedua yaitu dari pembenihan mandiri. Namun dari 2 pilihan bibit ada plus dan minus nya yaitu:

  1. Bibit Hasil Tangkapan
    Kelebihannya     : Untuk benih tangkapan yaitu memiliki kelebihan yaitu kita tidak perlu mengularkan biaya apa pun untuk membelinya karena kita bisa menangkapnya sendiri di laut.
    Kekurangnanya : Untuk kekurangnnya yaitu Benih yang hasil tangkapan tidak lah kebal, mudah terkena penyakit, selain itu ukuran tidak seragam, jumlah terbatas. Dan juga ikan                                                          kerapu hasil tanggkapan akan memiliki cacat yang di akibatkan oleh penangkapannya.
  2. Bibit Pembenihan Mandiri.
    kelebihannya    : Bibit biasanya relatif seragam, berkualitas dan terjamin, tidak mudah terserang penyakit, tidak cacat, dan jumlahnya bisa kita atur sesuai permintaan kita.
    Kekurangnnya : Kita haruslah mengeluarkn biaya untuk memberlinya dari peternak ikan kerapu. Untuk jumlahnya sesuai dengan harga yang di inginkan para peternak.

Selain itu untuk menjamin keberhasilan anda dalam budidaya ikan kerapu anda haruslah memilih bibit yang ungggul dan berkualitas pula. Yang di maksud dengan bibit yang unggul dan berkualitass yaitu memiliki ciri ciri:

  1. Warnanya cerah
  2. Lincah dan aktif bergerak
  3. Nafsu makan tinggi
  4. Anggota tubuh lengkap dan tidak ada cacat sedikitpun.

Dengan memilih bibit yang memiliki ciri- ciri seperti berikut akan menjamin keberhasilan adanda dalam budidaya ikan kerapu di tambak yang menguntungkna.

Budidaya Ikan Kerapu Di Tambak Yang Sangat Menguntungkan

  • Proses Pembersan Dan Pemberian Pakan

Budidaya Ikan Kerapu Di Tambak Yang Sangat Menguntungkan

Budidaya Ikan Kerapu Di Tambak Yang Sangat Menguntungkan. Proses pembesaran ikan kerapu tergantung dari pemberian pakannya, untuk pemberian pakan haruslah anda berikan 3 sampai 4 kali sehari. Pemberian pakan pun harus benar benar pas. Agar ikan kerapu terpenuhi asupan gizinya, dan juga mempercepat metabolisme dan energinya. Untuk pakannya berikan lah pakan yang berkualitas pula, pakan yang terbaik untuk ikan kerapu yaitu adalah ikan kecil seperti ikan rucah segar. Untuk harga paknya ini relatif murah kok sobat ternak, selain itu anda bisa menggantunya dengan pelet ikan juga.

Dan untuk lebih cepat menunjang pertumbuhannya anda bisa mencampur makannnya yaitu ikan rucah dengan pelet untuk mencampurnya bisa anda lakukan dengan cara mencacah ikan rucah dan di gabungkan dengan pelet ikan. Berikan 3 sampai 4 kali dalam sehari secara rutin.

Budidaya Ikan Kerapu Di Tambak Yang Sangat Menguntungkan

  • Pemberian Vitamin C & Multivitamin

Budidaya Ikan Kerapu Di Tambak Yang Sangat Menguntungkan

Dalam budidaya ikan kerapu di tambak segala jenis penyakit mungkin saja muncul, faktor pemicu datangnya penyakit yaitu bisa dari cuaca yang ekstrim. Nah untuk itu kalian haruslah memberikan mulitvitamin ager ikan kerapu kalian terhindar dari penyakit. Pemberian multivitamin berfungsi untuk menjaga kekebalan tubuh dan meningkatkan pertumbuhan ikan, selain itu juga mencerakan warna pada ikan, memiliki gerakan yang aktif, dan juga agresif.

Selain pemberina multivitamin kalian juga harus memberikan vitamin tambahan yaitu vitamin C. Pemberian vitamin C pada ikan kerapu yaitu dengan cera mencampurnya dengan makanannya cara mencampurnya cukup mudah anda hanya perlu mencampurkan 2 gram vitamin C dengan pakan 1kg pakan ikan kerapu anda. Pemberian anda lakukan 2 kali dalam seminggu, fungsinya untuk mencegah agar ikan kerapu anda kebal terhadap penyakit.

  • Lakukan Pemeriksaan Berkala

Untuk memastikan ikan kerapu anda tumbuh secara serentak dan teratur  dan juga berhasil dalam budidaya ikan kerapu. Lakukan sampling setiap bulan sebanyak 10%dari jumlah ikan yang di pelihara. Jika ada ikan anda yang mati hitunglah jumlah ikan kerapu anda yang mati dan carilah penyebab kematianya, dan segera atasi agar memaksimalkan hasil panen nantinya.

Selain itu ikan kerapu merupakan salah satu ikan kanibal. Kenapa di bilang ikan kanibal.? Ikan kerapu sanggup memakan temanya sendiri pada saat kelaparan. Maka dari itu sebaiknya anda memastikan lagi memasukan ikan kerapu yang berukuran sama. Jika anda campurkan maka ikan kerapu yang kecil akan kalah pada saat perebutan dan mengakibatkan kematian.

Budidaya Ikan Kerapu Di Tambak Yang Sangat Menguntungkan

  • Perawatan Tambak Dan Pengendalian Penyakit

Lakukan pengontrolan pada tambak juga agar tidak kotor dan tidak menghambat pertukaran air dan oksigen di dalam tambak. Pastikan kondisiair selalu berish dengan cara rutin mengganti air yang dapat dilakukan dengan cara menguras dengan jumlah 40 % dari air di tambak kemudian menggantinya dengan air yang baru sehingga ikan merasa lebih segar. Air yang kotor dan pencemaran ialah penyebab utama terjadinya penyakit pada ikan kerapu sebab itu wajib senantiasa mengawasi kondisi lingkungan agar terbebas dari berbagai penyakit seperti polusi air dan pencemaran. Awasi juga setiap orang atau hewan yang masuk dalam wilayah sekitar tambak agar mengurangi resiko pencemaran.

Budidaya Ikan Kerapu Di Tambak Yang Sangat Menguntungkan

  • Masa Pemanenan

Budidaya Ikan Kerapu Di Tambak Yang Sangat Menguntungkan

Dan trakhir dalam Budidaya Ikan Kerapu Di Tambak Yang Sangat Menguntungkan yaitu memasuki masa pemanenan. Untuk memanen ikan kerapu yaitu bisa anda lakukan pada saat ikan kerapu memiliki ukuran sesuai dengan permintaan pasar yaitu misalnya 1 sampai 3 kg . Proses panen dilakukan dengan cara menggunakan jaring, selain itu anda haruslah hati hati saat memanennya jangan sampai membuat tubuh dari ikan kerapu anda terluka.  Untuk pemanenna lakukanlah pada saat pagi hari setelah pemberian pakan. itu di karenan agar menghindari kematian pada saat pemanenan berlangsung.

 

Baiklah sekian pembahasan saya mengenai Budidaya Ikan Kerapu Di Tambak Yang Sangat Menguntungkan. Bagi kalian yang ingin membudidayakan ikan kerapu di tambak silahkan kalian baca artikel saya yang satu ini. Dan untuk pemberikan pakan berkualitas lainnya kalian bisa melihat dan membacanya pada link kami di bawah ini. Untuk itu anda langsung saja mengklik link kami di bawah ini ya sobat ternak berkualitas.

 

 

 

Related Post

Post a Comment

Your email is never published nor shared. Required fields are marked *
You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

  • Pos-pos Terbaru