Budidaya Ikan Mas Komet Dalam Akuarium Bagi Pemula

Ternak Bekualitas | Budidaya Ikan Mas Komet Dalam Akuarium Bagi Pemula –  Para Sobat ternak berkualitas sekalian. Kembali lagi di artikel saya ternak berkualitas. Yang selalu berbagi informasi seputaran hewan peliharan dan hewan ternak yang berkualitas dan juga menguntungkan bagi anda. Nah di kesempatan kali ini saya akan membahas tentang Budidaya Ikan Mas Komet Dalam Akuarium Bagi Pemula.

Budidaya Ikan Mas Komet Dalam Akuarium Bagi Pemula

Budidaya Ikan Mas Komet Dalam Akuarium Bagi Pemula

Apakah sobat ternak berkualitas sekelaian tahu dengan ikan mas komet ini…? Ikan mas komet merupakan salah satu jenis ikan hias yang sedang hits di kalangan masyarakat, terutama para pecinta ikan hias. Ikan komet ini masih kerabat dekat dengan ikan mas koki, sehingga jika anda melihatnya secara sekilas bentu nya hampir sama. Ikan ini banyak di buru kalangan masyarakat untuk di jadikan ikan peliharaan di rumah atau untuk menjadi pajangan di rumah mereka. Maka dari itu permintaan pasar terhadap ikan mas komet ini  juga cukup tinggi, hal ini bisa anda manfaatkan untuk menjadikan budidaya ikan mas komet sebagai ladang bisnis untuk anda.

Dalam budidaya ikan mas komet dalam akuarim bagi pemula. Ada beberapa tapahan yang harus anda mengerti dan anda lakukan oleh karena itu kalian harus memahami dengan benar apa apa saja yang harus kalian lakukan. Untuk tahap tahapannya kalian bisa melihatnya di bawah ini :

  • Mempersiapkan Tempat Pemijahan Untuk Budidaya Ikan Komet

Budidaya Ikan Mas Komet Dalam Akuarium Bagi Pemula

Dalam budidaya ikan mas komet ini kalian haruslah mempersiapakan tempat pemijahan untuk budidayannya. Tempat yang harus kalian sediakan haruslah benar benar tepat. Untuk tempat pemijahan yang sesuai yaitu sebagai berikut :

  1. Gunakan akuarium dengan ukuran PxLxT masing-masing adalah 60x40x40.
  2. Bersihkan akuarium dari kotaran atau debu-debu yang menempel.
  3. Kemudian cuci bersih akuarium dengan air yang mengalir.
  4. Cuci juga dengan menggunakan sabun hingga bersih.
  5. Kemudian lap menggunakan alkohol 70% sebagai desifektan untuk membunuh jamur dan virus serta mensterilkan akuarium.
  6. Selanjutnya, masukkan air kedalam akuarium dengan ketinggian 30 cm.
  7. Gunakan air yang sudah diendapkan selama 24 jam.
  8. Berikan tanaman mengapung seperti eceng gondok pada bagian permukaan akuarium.
  9. Setelah akuarium siap, maka tahap selanjutnya adalah pemijahan
  • Pemilihan Indukan komet Yang Berkualitas

Budidaya Ikan Mas Komet Dalam Akuarium Bagi Pemula

 

Jika kalian sudah mempersiapkan tempat pemijahan untuk budidaya ikan mas komet ini barulah kalian memilih indukan yang berkualitas untuk budidayannya. Untuk memilih indukan yang berkualitas kalian bisa melihat ciri ciri nya di bahwa ini.

  1. Indukan jantan akan memiliki ciri antara lain: terdapat bintik-bintik bulat menonjol di bagian sirip, apabila diraba teksturnya kasar, dan apabila bagian perut diurut kerh bagian genital maka akan keluar cairan putih.
  2. Indukan ikan mas komet betina memiliki ciri : terdapat bintik-bintik pada bagian sirip, apabila diraba terasa halus, perutnya terasa lembek, lubang genital berwarba kemerah-merahan, dan apabila perut di urut akan keluar cairan kuning bening.
  3. Kedua indukan harus berusia minimal 8 bulan.
  4. Kedua indukan harus sehat, tidak mengalami cacat dan tidak terserang penyakit.
  5. Memiliki gerakan yang lincah dan aktif.
  • Proses Perkawinan

Setelah kalian mempersiapkan tempat dan sudah membeli indukan yang berkualitas, barulah kalian bisa memulai budidaya ikan mas komet ini. Nah untuk proses perkawinan ikan komet ini ada beberapa tahapan yang harus kalian lakukan untuk melakukan proses perkawinannya. Yaitu kalian bisa melihatnya di bahwa ini ya sobat ternak berkualitas.

  1. Pertama, masukkan indukan kedalam akuarium.
  2. Jika ingin menggunakan lebih dari datu indukan maka perbandingan indukan adalah 1 banding 2.
  3. Dimana indukan jantan 1 dan indukan betina berjumlah 2.
  4. Dengan cara ini maka anda akan mendapatkan anakan atau larva ikan komet yang berjumlah banyak.
  5. Selain itu, cara ini merupakan cara oaling efektif dan efisien dama memijahkan ikan mas komet. Pemijahan akan berlangsung di malam hari sampai dini hari.
  6. sehingga pastikan banhea kedua indukan telah matang gonad.
  7. Biasanya kedua indukan akan menunjukan prilaku saling berkejaran jika telah matang gonad.
  8. Setelah proses pemijahan selesai, maka leesokan harinya kita akan meilhat adanya telur yang menempel pada daun-daun eceng gondok.
  9. Hal ini menunjukkan bahwa proses pemijahan yang anda lakukan telah berhasil.
  10. setelahnya tentu anda akan memasuki masa krusial yang menentukan keberhasilan budidaya yakni tahap perawatan dan pemeliharaan larva hingga menjadi ikan mas komet siap jual.
  • Penetasan Telur Dan Pemeliharaan Anakan

Setelah ikan mas komet melakukan proses pemijahan. Anda haruslah melakukan tahapan lainnya yaitu penetasan telur dan pemeliharaan anakan ikan mas komet tersebut. Tahapan yang harus kalian lakukan yaitu sebagai berikut :

  1. Pertama, keluarkan indukan dari dalam akuarium, agar penetasan telur dapat optimal.
  2. Terdapat kecenderungan terutama pada ikan hias yakni sifat kanibal atau memakan anakannya sendiri.
  3. Oleh sebab itu, maka anda harus mengeluarkan indukan dari akuarium.
  4. Setelah 2-3 hari telur ikanas komet akan mulai menetas.
  5. Mereka akan mulai memakan pakan alami yang tercapat di akuarium.
  6. Anda hanya perlu melakukan pergantian air secara rutin.
  7. Wajib menjadi catatan adalah air yang digunakan sebagai pengganti merupakan air yang sudah diendapkan selama sehari semalam.
  8. Ikan akan mulai memakan pakan alami sampai dengan usia 15 hari.
  9. Setelahnya anda visa memberi pakan tambahan yang disesuaikan dengan ukuran tubuh ikan mas komet.
  10. Selain itu juga pada usia 15 hari, akuarium harus dibuatkan saluran masuk bagi air.
  11. Sehingga anda tidak perlu lagi melakukan pergantian air secara manual.
  12. Setelah berumur satu bulan maka ila  dapat diberi makan pelet, remahan roti atau meniran.
  13. Berikan sesuai dengan dosis anjuran  jangan terlalu banyak karena akan mubazir dan membuat makanan ikan cepat habis.
  14. Perhatikan perkembangan ikan mas kolet setiap harinya.
  15. Jika ada yang menunjukkan gejala tidak sehat aebaiknya pisahkan dan keluarkan dari akuarium agar tidak menulari ikan yang lainnya
  • Proses Pemanenan

Dalam setiap budidaya ikan mau itu ikan hias ataupun ikan konsumsi. Yang paling di tunggu tunggu para peternak ikan yaitu adalah masa panen, nah untuk pemanenan ikan mas komet ini ada beberapa pilihan. Karena ikan mas komet ini merupakan jenis ikan hias, maka anda dapat menjualnya kapan saja, tidak terpengaruh kecil maupun besar ikan tersbut. Nah untuk menjual anakannya anda harus mensortir terleuh dahulu anakan yang siapa panen dan di jual, karena ikan komet memiliki harga yang berbeda beda. Tergantung dari ukuran dan pola warna yang di milikinya, karena jika ukurannya besar dan polanya semakin unik dan cantik. Maka harga jual yang di milikinya akan semakin tinggi.

Baiklah sekian pembahasan saya mengenai cara Budidaya Ikan Mas Komet Dalam Akuarium Bagi Pemula. Bagi kalian yang ingin mencoba budidaya ikan mas komet di rumah kalian bisa membaca artikel saya yang satu ini

BACA JUGA : 

Related Post

Post a Comment

Your email is never published nor shared. Required fields are marked *
You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

  • Pos-pos Terbaru