Budidaya Lobster Air Tawar Yang Sangat Menguntungkan

Ternak Berkualitas | Budidaya Lobster Air Tawar Yang Sangat Menguntungkan – Hallo para sobat ternak berkualitas. Berjumpa lagi di artilkel saya, ternak berkualitas. Pada Kesempatan kali ini saya akan membahas tentang Budidaya Lobster Air Tawar Yang Sangat Menguntungkan. Tentulah sobat ternak berkualitas tahu dengan lobster bukan.

Budidaya Lobster Air Tawar Yang Sangat Menguntungkan

Budidaya Lobster Air Tawar Yang Sangat Menguntungkan

Lobster merupakan salah satu spesies udang terbesar yang ada. Lobster terbagi menjadi 2 jenis, yaitu lobster air tawar dan lobster air laut, lobster ini sangat mudah di budidayakan. Namun untuk pertumbuhannya lobster air tawar lebih cepat dalam proses pertumbuhannya dari pada lobster air laut. Selain itu keuntungan dan keunggulan budidaya lobster air tawar ini yaitu pertumubahan relatif lebih cepat, meskipun memiliki tinggat perawatan yang sedikit sulit. Namun harga lobster ini juga terbilang sangat fantastis sobat ternak berkualitas. Yaitu untuk per 1 KG nya bisa mencapai kisaran 150 sampai 200 lo sobat ternak berkualitas, tegantung dari kualitas dan berat lobster tersebut.

Selain itu kandungan gizi pada lobster sangat lah tinggi, dan untuk kandungan lemak pada lobster air tawar sangatlah rendah yaitu hanya  (<2% ). Dan tidak hanya itu saja, lobster juga mengadung selenium yang merupakan antioksida untuk mengindari penyakit jantung dan koroner. Dan juga memiliki sumber yodium, zink, asam lemak omega 3, magnesium, kalsium, dan juga fosfor. Selain itu tekstur dari daging lobster ini sangat empuk dan gurih.

Nah untuk budidaya lobster air tawar yang sangat menguntungkan ini ada beberapa tahapan yang harus anda ketahui dan anda lakukan. Untuk tahapan tahapannya yaitu sebagai berikut. Silahkan kalian baca di bawah ini ya sobat ternak berkualitas.

  • Persiapan Kolam Tempat Budidaya Lobster

Langkah pertama yang harus kalian lakukan yaitu adalah mempersiapkan kolam tempat budidaya lobster. Hal ini merupakan salah satu hal yang paling perting untuk membudidayakan lobster. Untuk budidaya lobster air tawar, kalian haruslah membuat kolam yang lebar dengan air yang bersih. Karena hal ini sangat berpengaruh untuk pertumbuhan lobster itu sendiri, agar pertumbuhannya dapat maksimal. Dan pebuatan kolam haruslah di tempat yang sejuk, seperti di bawah pohon atau di temat yang memilki atap tertutup. Karen untuk suhu pembudidayaan lobster yang sangat ideal itu adalaha 25 – 27 drajat celcius.

Tidak hanya itu saja untuk kandungan oksigen terlarut dalam air yang sangat baik yaitu adalah di atas 5 ppm. Dan juga pH air untuk kolam budidaya haruslah kalian perhatikan juga. Karena tinggkat keasaman air yang sangat cocok untuk budidaya lobster ini yaitu kisaran pH 8 – 9. Untuk mengertahui tinggkat keasaman air kalian bisa menggunakan pengukur pH dan jika keasaman air kurang dari 8 kalian bisa menambahkan dengan air alkali. Bukan hanya itu saja, untuk budidaya lobster air tawar juga memerlukan kandungan kapur. Kandungan kapur yang di perlukan bagi media hidup lobster adalah sedang sampai tinggi. Karena kita perlu menjaga kadar kalsium terlarut tetap tinggi sehingga kandunga pembernut cankang dari lobster yang kita perlihara.

  • Memilih Indukan Yang Berkualitas

Untuk budidaya lobster air tawar sebenarnya ada 2 pilihan yaitu memulainya dari indukan ataupun bisa juga memlainya dari bibit anakan. Namun yang paling menguntungkan dan sering di lakukan yaitu menggunkana indukan. Karena biayanya yang tidak banyak dan juga dapat mengahsilkan lebih banyak benih nantinya. Nah untuk memilih indukan yang berkualitas kalian haruslah memilih indukan yang memiliki ciri ciri yaitu seperti di bawah ini :

  1. Indukan Lobster Jantan

Capitnya terdapat bercak berwarna merah di sebelah luar. Tanda bercak tersebut akan muncul jika lobster sudah berusia 4 bulan dan sudah memiliki panjanga tubuh 7 cm. Nah jika lobster jantan sudah memiliki bercak merah dan juga memiliki ukuran yang pas, itu berarti lobster jantan sudah siap untuk di kawinkan.

2. Indukan Lobster Betina

Terdapat lubang di pangkal kaki ketiga, lebih tepatnya berada di bawah ekor. Nah lubang tersebut adalaha alat reproduksi lobster betina dan tempat mengerluarkan telur- telurnya. Untuk indukan lobster betina umumnya yang bagus yaitu sudah berusia 7 bulan yamg miliki  ukuran 9 cm. Nah untuk memilih lobster yang bagus sebaiknya kalian membelinya di tempat pembudidayaan lobster yang sudah terpercaya atau sudah memiliki sertifikat budidaya lobster.

  • Proses Perkawinan Lobster

Budidaya Lobster Air Tawar Yang Sangat Menguntungkan

Untuk mengawinkan lobster ada tahapan yang harus anda ketahui dan anda lakukan. Yang pertama yaitu jika anda sudah mempersipakan indukan, selanjutnya anda haruslah menyiapkan akuarium yang berukuran 1 x 0,5 meter dan tinggi 25 cm. Nah yang harus kalian tahu juga yaitu lobster betina lebih dominan memilih jantannya. Karen lobster betina tidak akan mau di kawinin jika iya tidak merasa cocok dengan lobster jantan tersebut. Untuk itu kalian haruslah meletakan 3 lobster jantan dan 5 lobster betina di dalam tempat yang sama. Agar para betina lobster tersebut dapat memilih pasangannya, Dan jangan lupa untuk meletakan pipa paralon yang berdiameter 2 inci, dengan panjang 20 cm. Pipa ini yang nantinya di gunakan para indukan untuk pembuahan telur yang di keluarkan oleh lobster betina, dan yang akan di buahi oleh lobster jantan. Indukan lobster betina akan bertelur setelah 2 minggu di dalam tempat pengawinan. Indukan betina yang memiliki ukuran 9 cm mampu menghasilkan telur sebanyak 300 butir.

  • Memindahkan Indukan Dan Penetasan Telur

Budidaya Lobster Air Tawar Yang Sangat Menguntungkan

Jika sudah 2 minggu dan indukan betina akan bertelur dan telur tersebut akan  menempel di tubuh bawah lobster betina. Nah sebaiknya kalian jangan langsung terburu buru memindahkan lobster betini ke kolam pembesaran benih yang sudah kalian siapakan. Sebainya kalian biarkan terlebih dahulu selama 1 minggu di dalam kolam perkawinan untuk mengerami telur telurnya. Nah pada masa pengeraman sebaiknya yang harus kalian lakukan yaitu memisahkan indukan jantan dari dalam kolam perkawinan.

Jika sudah 1 minggu barulah kalian dapat memindahkannya ke dalam kolam penetasan. Pemindahan ini harus kalian lakukan dengan syarat yaitu pH air kolam harus sama dengan pH air yang ada di kolam perkawinan. Untuk kolam penetesan ini haruslah meiliki ukuran yaitu 1 x 2 meter, untuk memindahkannya pun kalian harus perlahan. Yang harus kalian lakukan yaitu mengambil baskom yang berisi air bersih dan juga memasukan sedikit air kolam perkawinan agar pH air sama. Hal ini di lakukan agar indukan lobster tidak mengalami stress saat proses pemindahan berlangsung

Ciri – Ciri Pematangan Telur.

pada 2 minggu pertama telur masih terlihat bulat, dan pada minggu ke 3 barulah terlihat dua bintik hitam pada telur yang akan menjadi embrio. Masuk di minggu ke 4 capit, sungut, dan kakinya mulai bertumbuhan. Dan di minggu ke 5 barulah seluruh kuning telur sudah habis dan indukan barulah siap di pisahkan dengan benih.

  • Pemeliharaan Dan Pemberian Pakan Lobster

Budidaya Lobster Air Tawar Yang Sangat Menguntungkan

Setelah anak lobster menetas dan sudah di pisahkan dari induknya barulah anda melakukan perawatan dan pemberian pakan anak lobster. Nah untuk mempercepat pertumbuhan anak lobster ini kita bisa memberinya pakan berupa cacing sutra. Cacing sutra merupakan pakan terbaik untuk mempercepat pertumbuhan anakan lobster. Untuk pemberian makannya berikan 3% saja dari berat badannya, nah pemberian ini kalian lakukan sebanyak 2 kali dalam 1 hari. Pemberian makan di lakukan pagi dan sore hari, berikan pakan sebanyak 25% di pagi hari dan 75 % di sore hari. Karena anakan lobster sangat aktif makan pada sore dan malam hari.

  • Pemindahan Anak Lobster Ke Kolam Pembesaran

Nah jika anakan sudah berusia kurang lebih 20 hari dan memiliki ukuran 2 cm barulah anakan bisa kalian pindahkan ke kolam pembesaran. Dan sebelum kalian pindahakan anakan ke kolam pembesaran kalian haruslah memberikan pipa paralon di dasar kolam terlebih dahulu. Hal ini bertujuan jika ada anakan yang tidak memiliki ukuran yang sama. Atau pun ada yang besar dan yang kecil, pipa paralon yang kalian berikan tadi sebagi tempat bersembunyi nya lobster yang berukuran lebih kecil. Selain itu untuk menghindari lobster menjadi kanibal kalian haruslah memberinya pakan yang cukup. Karena pakan yang cukup juga bertujuan agar proses pemanenan lobster lebih cepat, dan pertumbuhannya juga akan maksimal. Untuk pakan lobster dalam proses pembesaran kalian bisa memberikan pakan seperti di bawah ini :

  1. Pelet lobster
  2. Berikan parutan jagung, ubi, dan juga sayur sayuran yang sudah di parut
  3. Plankton
  4. Berikan cacing tanah ( nah sebelum memberikannya kepada lobster kalian harus mengendapkan cacing tanah tersebut di dalam air selama 1 hari ). Hal ini bertujuan agar kotoran yang ada di perut cacing tersebut keluar semuannya.
  • Proses Pemanenan

Budidaya Lobster Air Tawar Yang Sangat Menguntungkan

Nah yang trakhir yaitu adalah pemanenan lobster. Pemanen lobster ini ada 2 jenis, yang pertama untuk pemanenan yang akan di jual ke pasar lokal. Dan yang kedua yaitu pemanenan untuk di jual ke luar negri atau ekspor. Nah untuk penjualan ke pasar local kalian bisa memanennya pada masa lobster sudah mencapai usia 6 bulan atau lobster sudah memiliki berat 100 gram per ekornya. Dan untuk penjualan ke luar negeri kalian bisa menunggunya sampai berusia 11 bulan sampai lobster mencapai berat 180 – 230 gram per ekornya.

Baiklah sekitan pembahasan saya mengenai cara budidaya lobster air tawar yang sangat menguntungkan. Bagi kalian yang ingin membudidayakannya di rumah kalian kalian bisa membaca artikel saya yang kali ini.

BACA JUGA YA….!

 

Related Post

Post a Comment

Your email is never published nor shared. Required fields are marked *
You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

  • Pos-pos Terbaru