Budidaya Udang Galah Dengan Praktis Yang Sangat Menggiurkan

Ternak Berkualitas | Budidaya Udang Galah Dengan Praktis Yang Sangat Menggiurkan – Hai sobat ternak berkualitas, berjumpa lagi di artikel saya kali ini. Pada kesempatan ini saya membahasn tentang cara sukses Budidaya Udang Galah Dengan Praktis Yang Sangat Menggiurkan. Saat ini permintaan undang di pasaran sangatlah meningkat setiap bulannya, pasar harus memenuhi permintaan masyarakat terhadap daging udang. Setiap harinya pasar selalu kekurangnan stok udang khususnya udang galah untuk para konsumen, para suplayer sampai saat ini belum cukup untuk memenuhi permintaan terhadap udang galah. Nah hal ini merupakan salah satu peluang bisnis yang sangat menggiurkan untuk anda mendapatakan uang, yaitu dengan cara budidaya udang galah.

Budidaya Udang Galah Dengan Praktis Yang Sangat Menggiurkan

Budidaya Udang Galah Dengan Praktis Yang Sangat Menggiurkan

Udang galah merupakan salah saru udang air tawar. Udang galah memiliki potensi yang cukup besar di pasaran, sehingga dapat menghasilkan keuntungkan yang berlipat lipat pula. Ini sudah terbukti permintaan di dalam dan di luar negri terhadap udang galah setiap bulangnya selalu meningkat. Udang galah merupakan salah satu komuditas air tawar yang cukup bagus, karena harga jual deri udang galah sendiri lebih tinggi di banding ikan air tawar lainnya. Dengan kata lain yaitu udang galah memiliki nilai ekonomis tinggi dan berpotensi memperoleh keuntungan yang besar pula.

Untuk budidaya udang galah bisa anda lakukan dengan cara yang praktis, yaitu anda bisa membudidayakannya di kolam ataupun di tambak darat. Saat ini untuk pembudidaya udang galah sudah sangat banyak, hampir dari setiap wilayah di pulau jawa dan bali membudidayakan udang galah ini. Nah untuk itu anda tidak boleh kalah anda juga harus mendapatkan keuntungan yang besar pula dengan cara membudidayakan udang galah ini. Namun Sebelum anda memulai budidaya udang galah, anda haruslah tahu terlebih dahulu cara bagaimana membudidayakannya. Baiklah berikut adalah bebrapa langkah untuk membudidayakan udang galah.

  • Lokasi Pembudidayaan Udang Galah

Budidaya Udang Galah Dengan Praktis Yang Sangat Menggiurkan

Dalam budidaya udang galah dengan praktis yang sangat menggiurkan yaitu anda haruslah menentukan lokasi kolam pembudidayaan. Dalam memilih lokasi pembudidayaan udang galah ada syarat syarat yang harus di penuhi yaitu. Kawasan bebas banjir, tanah yang akan di jadikan lokasi kolam yaitu memiliki jenis tanah liat berpasir, sumber air selalu ada, siklus air harus bagus,bebas pencemaran, bebas polusi. Debit air yang dianjurkan 0,5-1 liter per detik untuk luasan kolam 300-1.000 m2.

  • Bahan Dan Alat Alat Yang Dibutuhkan

Seperti budidaya di kolam pada umumnya, peralatan yang umum digunakan antara lain; alat pengangkut benih, serok, ember, seser, timbangan, Ayakan halus dari kain, cangkul.

  • Pengelolahan Air

 

Dalam buudidaya udang galah dengan praktis yang sangat menggiurkan.Sirkulasi air yang baik memegang peranan penting dalam pelaksanaan pembesaran udang galah. Sebaiknya air dikolam harus mengalir. Untuk kolam pemeliharaan dengan media yang tidak mengalir kualitas air cenderung menurun setelah satu bulan masa pemeliharaan. Untuk mengatasinya dapat dilakukan penggantian air sebanyak 30-50% dengan air yang baru. C, dengan pH 6,5-8,5. Oksigen°Suhu optimum yang diperlukan adalah 28-30 terlarut minimal adalah 4 ppm, diperlukan juga Ca minimal 52 ppm dan salinitas 0-5 ppt.

Budidaya Udang Galah Dengan Praktis Yang Sangat Menggiurkan

  • Pengendalian Hama

Budidaya Udang Galah Dengan Praktis Yang Sangat Menggiurkan

Seperti yang kita ketahui bahwasannya setiap kita beternak tentulaah pasti ada hama yang mengganggu. Sama seperti budidaya udang galah, juga memiliki hama yang mengganggu dalam membudidayan udang galah. Hama ini seperti ikan gabus, lele, bulus, dan burung, nah hama hama ini akan membuat kita merugi dalam beternak udang galah, karena jika hama hama ini masuk dalam kolam budidaya udang galah kita. Sudah bisa di pastikan budidaya uadang galah kita akan gagal dan mengalami kerugian yang lumayan. Nah jika hal itu tidak ingin terjadi pada budidaya udang galah anda, anda bisa melakukan pencegahan yaitu seperti melengkapi perangkap di pintu jalur keluar masuk air. Hal ini bisa anda lakukan dengan menggunkan jaring halus tang berukuran 0.2 mm. Selain itu anda juga harus mengecek kesehatan pada udang galah anda yaitu dengan cara seperti di bawah ini:

  1. Pengambilan contoh untuk pengujian kesehatan udang galah (Macrobrachium rosenbergii) dilakukan secara acak dengan jumlah udang sesuai dengan kebutuhan untuk pengamatan visual maupun mikroskopik.
  2. Pengamatan visual dilakukan untuk pemeriksaan adanya gejala penyakit dan kesempurnaan morfologi udang galah (Macrobrachium rosenbergii) .
  3. Pengamatan mikroskopik dilakukan untuk pemeriksaan jasad pathogen (parasit, jamur, virus dan bakteri) di laboratorium.

Biasnya penyakit yang menyeerang udang adalah udang akan berlumut. Itu disebabkan karena kolam budidaya kurang dalam dan juga sirkulasi air yang kurang baik yang mengakibatkan udang berlumut.

  • Massa Panen

Budidaya Udang Galah Dengan Praktis Yang Sangat Menggiurkan

Dan yang palimg di tunggu tunggu dari Budidaya Udang Galah Dengan Praktis Yang Sangat Menggiurkan yaitu adalah massa panen. Pemanenan udang galah yaitu dilakukan pada saat udang sudah memiliki ukurang 25 gram per ekornya. Bisanya ukurang udang seperti itu memiliki usia 4 sampai 5 bulan lamannya, pemasaran bisa anda lakukan sendiri yaitu bisa anda jual langsung kepasar atau menjualnya kerumah makan atau restouran yang menyediakan menu udang.

Baiklah sekitan pembahasan saya mengenai Budidaya Udang Galah Dengan Praktis Yang Sangat Menggiurkan. Bagikalian yang ingin mengetahui cara beternak Hewan lainnya kalian bisa langsung membaca artikel kami yang di bawah ini juga

Related Post

Post a Comment

Your email is never published nor shared. Required fields are marked *
You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

  • Pos-pos Terbaru