Cara Beternak Ikan Hias Guppy Bagi Pemula Dengan Benar

TERNAK BERKUALITAS – Hai para sahabat ternak berkualitas. Kali ini saya akan membuat satu artikel Cara Beternak Ikan Hias Guppy Bagi Pemula Dengan Benar. Apakah kalian sudah tau dengan ikan guppy ?. Ikan guppy ini adalah salah satu ikan yang di gemarin para pecinta ikan hias. Ikan guppy ini sangat mudah di pelihara dan sangat mudah beradaptasi terhadap lingkungan sekitarnya,  Ikan guppy ini memiliki ukuran yang kecil hanya sekitar 2 sampai 2,5 cm saja.

Cara Beternak Ikan Hias Guppy Bagi Pemula Dengan Benar

Ikan guppy adalah salah satu ikan air tawar. Ikan guppy ini masuk ke negara Indonesia sejak tahun 1920. Tempat asal ikan guppy ini yaitu wilayah ameria bagian selatan dan tengah. Penyebaran ikan guppy ini sangat lah pesat di indonesia bahkan anda dapat menemuinya hampir di seluruh daerah perairan air tawar. Keindahan bentuk ekor dan sirip yang di miliki ikan guppy menjadikannya salah satu daya tarik tersendiri menjadi ikan hias, terutama bagi ikan guppy jantan. Maka dari itu banyak masyarakat indonesia khususnya pecinta ikan hias, dan tidak sedikit orang membudidayakan ikan guppy ini.

Baiklah intuk beternak ikan guppy ini ada beberapa tahapan tahapan yang harus kamu mengerti terlebih dahulu sebelum kamu mulai beternak ikan guppy. Maka dari itu saya akan memberi tahukan kepada kalian Cara Beternak Ikan Hias Guppy Bagi Pemula Dengan Benar. Silahkan simak  tahapan demi tahapan yang ada di bawah ini untuk memulai beternak ikan guppy.

  1. Persiapan Tempat Untuk Beternak Ikan Guppy

Langkah pertama yang harus anda lakukan yaitu mempersiapkan tempat untuk beternak ikan guppy sama seperti hal lainnya beternak ikan guppy juga membutuhkan tempat. Dan ada beberapa temapat yang bisa anda gunakan untuk beternak ikan guppy  :

  • BAK SEMEN
  • AKUARIUM
  • EMBER PLASTIK

Dan sebelum anda mulai beternak ikan ini anda harus mempersiapkan 4 tempat yang memiliki funggi berbeda beda, yaitu :

  • WADAH UNTUK PEMISAHAN INDUKAN 
  • WADAH UNTUK PENETASAN
  • WADAH UNTUK PEMIJAHAN ATAU PEMELIHARAN
  • WADAH UNTUK PENDEDERAN

Untuk luas wadah pemeliharann itu berbeda beda tergantung dari kapasitas ikan yang ingin anda masukan, dan untuk tingginya setidaknya yaitu 30 cm.

     2. Pemilihan Induk Ikan Guppy Yang Berkualitas

Sebelum anda memulai beternak ikan guppy sebiknya anda harus memilih indukkan ikan guppy yang berkualits pula. Dan untuk membedakan yang mana ikan guppy jantan dan betina yaitu sebagai berikut :

  • Induk Ikan Guppy jantan 

Untuk indukan ikan guppy jantan memiliki warna yang indah dengan sirip menjumbai dan tubuh yang langsing. Sedankan indukan ikan guppy betina.

  • Indukan ikan Guppy Betina

Untuk indukan ikan guppy betina memiliki warna yang cenderung lebih kusam, dan bentuk sirip yang tidak menjumbai dan bentuk tubuh lebih bulat.

Indukan yang siap untuk di perkembangbiakan atau pemijahan yaitu yang telah berusia 3 atau 4 bulan. Untuk mendapat indukan ikan guppy yaitu sebagai berikut :

> Usia Ikan Guppt : Untuk usia yang sangat bagus yaitu 4 bulan. Karena di usia ini warna corak yang di miliki ikan guppy sudah lebih jelas, ekor yang             telah matang dan alat genital yang telah berkembang dengan baik.
> Tingkah laku Ikan Guppy : Untuk indukan yang bagus dan berkualitas yaitu indukan yang sehat. Yang memiliki gerakan yang lincah dan tidak ada             masalah dengan nafsu makan.
> Bentuk Fisik Ikan Guppy : Pilihlah indukan yang bagus dari yang lain dan memiliki corak yang cantik pula.

      3. Pemisahan Indukan Ikan Guppy

Sebelum melakukan pemijahan atau perkawinan ikan guppy, terlebih dahulu lakukan pemisahan pada indukan jantan dan indukan betina ikan guppy. Pada tahapan ini induk guppy akan di berikan pakan yang bergizi agar mendapatkan banyak sperm yang nantinya digunakan dalam proses pemijahan. Berilah pakan moina sebanyak 2 kali perharinya, dan juga gantilah air pada kedua wadah tempat perindukan setiap 1 atau 2 hari sekali. Proses pemisahan ini di lakukan agar nantinya proses pembuahan dapat terjadi dengan sempurna.

     4. Pemijahan Ikan Guppy

Setelah melakukan pemisahan selanjutnya yaitu anda lakukan pemijahan, persiapkan wadah untuk pemijahan kemudian isi lah dengan air bersih mencapai kedalaman 30 cm. Wadah yang dapat menampung 100 liter air hanyak dapat menampung 30 ekor indukan untuk proses pemijahan. Dan untuk membuat indukan nyaman dalam proses pemijahan anda bisa memasukan tanaman hydrila. Untuk pemijahan biasanya lebih banyak induk jantan dari betinanya yaitu 1 : 5. Proses ini akan memakan  waktu 4 sampai 6 hari karena tidak semua indukan dapat di buahi, indukan yang sudah di buahi akan segera di pusahkan ke wadah penetasn.

     5. Penetasan Benih Ikan Guppy

Persiapkan terlebih dahulu wadah penetasannya kemudian isi dengan air bersih dan jangan lupa di beri aerasi, agar tidak mengusik para larva ikan guppy. Pemberian aerasi juga tidak harus terlalu kuat dan jagalah kebersihan air setiap 2 atau 3 hari sekali. Dan untuk pemberian pakan yaitu anda berikan moina dan daphnia. Akan memakan waktu 3 minggu dari proses pemijahan hingga lahirnya embrio, setelah proses pemijahan selama 14 hari maka akan telihat cici ciri indukan betina yang sedang hamil.

Ikan guppy sendiri memiliki keunikan tersendiri yaitu ikan guppy betina dapat melahirkan 3x karena guppy betina dapat menyimpan sisa sperma di dalam tubuh mereka. Dan untuk melahirkan selanjutnya di butuhkan waktu 2 sampai 4 minggu, ikan guppy dalam sekali melahirkan dapat menghasilkan 50 smpai 100 ekor anakan. Namun jika indukan sudah melhirkan anak kan ikan guppy segera di pisahkan sebab anak ikan guppy dapat menjadi santapan induknya.

      6. Pendederan

Dan trakhir yaitu masa pendederan letakan lah wadah pendederan di ruangan terbuka. Karena unsur dari matahari sangat di butuhkan agar membentuk warna ikan pada ikan guppy. Dan jangan lupa tambahkan juga tanaman air yang berfungsi untuk anak ikan berteduh, seperti tanaman hydrila, setelah anakan sudah berusia 4 hari maka berikan lah pakan infusoria. Dan anda juga bisa memberikan pakan berupa kutu air dan udang renik setelah anak ikan guppy berusia lebih dari 4 hari. Lanjutkan memberi pakan berupa cacing sutra setelah anakkan ikan guppy berusai  2 minggu atau lebih.

Baiklah itulah tips dari saya mengenai Cara Beternak Ikan Hias Guppy Bagi Pemula Dengan Benar. Semoga informasi yang saya buat ini dapat menambah ilmu adan dalam beternak ikan guppy dan jika anda ingin mengetahui berbagai jenis hewan dan cara perawatannya anda bisa kunjungin link kami yang di bawah ini. Jangan lupa ikutin terus Ternak berkualitas, agar kalian mendapatkan informasi yang bisa menambah pengetahuan kalian, tentang beternak yang berkualitas dan menguntungkan.

Related Post

  • Beberapa Spesies Ikan Terumbu 150x150

    Beberapa Spesies Ikan Terumbu Karang Tercantik Di Lautan

    Ternak Berkualitas | Beberapa Spesies Ikan Terumbu Karang Tercantik Di Lautan - Hallo sobat ternak berkualitas sekalian. Sudah cukup lama kita tidak berjumpa, di artikel ternak berkualitas ini. Nah
  • 4 Ayam Terunik 150x150

    4 Ayam Terunik Dan Juga Langka Di Dunia

    Ternak Berkualitas | 4 Ayam Terunik Dan Juga Langka Di Dunia - Apa kabar semuanya para sobat ternak berkualitas sekalian. Pada hari yang cerah ini kita berjumpa kembali di artikel ternak berkualitas.
  • 5 Hewan Peliharaan 150x150

    5 Hewan Peliharaan Yang Mudah Dirawat Bagi Pemula

    Ternak Berkualitas | 5 Hewan Peliharaan Yang Mudah Dirawat Bagi Pemula - Hallo para sobat ternak berkualitas sekalian. Kita kembali bertemu di artikel artikel ternak berkualitas. Nah pada kesempatan
  • 11 Langkah Sukses Beternak 150x150

    11 Langkah Sukses Beternak Burung Mozambik

    Ternak Berkualitas | 11 Langkah Sukses Beternak Burung Mozambik - Hallo sobat ternak berukualitas sekalian. Kita kembali bertemu lagi. Nah di kesempatan yang kali ini saya akan membahas tentang cara
  • Jenis Hewan Purba 150x150

    Jenis Hewan Purba Yang Masih Hidup Di Dunia

    Ternak Berkualitas | Jenis Hewan Purba Yang Masih Hidup Di Dunia - Hai para sobat ternak berkualitas sekalian. Kita kembali berjumpa di artikel ternak berkualitas. Nah di pertemuan kita kali ini,

Post a Comment

Your email is never published nor shared. Required fields are marked *
You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

  • Pos-pos Terbaru