Cara Beternak Ikan Nila Di lahan Sempit Sekitar Rumah

TERNAK BERKUALITAS – Para sahabat ternak berkualitas kembali lagi di arikel saya, kali ini saya akan membahas Cara Beternak Ikan Nila Di Lahan Sempit Sekitar Rumah. Anda tidak perlu berpikir terlalu banyak untuk mencari lahan beternak ikan nila, jika di rumah anda memiliki lahan kosong yang tidak terlalu lebar atau sempit anda masih bisa memanfaatkannya untuk beternak ikan nila. Jika anda ingin mengatahui bagaimana caranya silahkan anda  simak artikel di bawah ini.

Cara Beternak Ikan Nila Di lahan Sempit Sekitar Rumah

Cara Beternak Ikan Nila Di lahan Sempit Sekitar Rumah

Untuk beternak ikan nila di lahan sempit anda harus membutuhkan kreatifitas sehingga dapat melakukannya dengan baik. Untuk beternak ikan tentantulah memerlukan kolam, dan anda masih bertanya tanya bagaimna cara mengolah lahan yang minim untuk beternak ikan nila. kali ini akan saya memberi tahu Cara Beternak Ikan Nila Di Lahan Sempit Sekitar Rumah.

Beternak ikan nila ini sangat menjanjikan keuntungan karena Permintaan pasar terhadap ikan nila konsumsi cukup besar sehingga ini merupakan salah satu peluang  yang sangat potensial, menjanjikan dan menguntungkan untuk dijalani, bahkan hanya dengan memanfaatkan lahan sekitar rumah yang sempit menggunakan kolam terpal. Ikan nila sangat banyak di buru masyarakat untuk di konsumsi, maka dari itu peluang keuntungan sangat besar dan untuk menjual ikan ini tidaklah susah anda bisa menjualnya ke warung lesehan, restoran, dan yang paling mudah anda bisa langsung jual ke pasar.

Kelebihan merawat ikan nila
> Ikan nila memiliki daya tahan tubuh yang cukup tinggi terhadap perubahan lingkungan
> Bersifat omnivora dan pertumbuhan ikan ini terbilang lebih cepat dari ikan lainnya
> Cukup mudah beradaptasi
> Berkembang biak dengan cepat
> tahan dan kebal dari serangan penyakit dan virus

Untuk mempersingakat waktu baiklah kita akan memasukin ke topik pembahasanya yaitu cara beternak ikan nila di lahan sempit sekitar rumah, sebelum anda mulai beternak anda harus melakukan metode atau tahapan terlebih dahulu.

Metode yang paling temapat beternak ikan nila di lahan sempit yaitu, anda haru menggunakan kolam terpal. Karena kolam terpal sangat efisien dalam beternak ikan nila di lahan sempit. Anda tidak perlu menggali tanah terlalu dalam untuk membuat kolam ini dan yang paling utama yaitu anda tidak perlu repot-repot menambah air selagi kolam tidak ada indikasi bocor. Jadi secara garis besarnya kolam terpal sangat menguntungkan karena hemat modal yang harus di keluarkan.

  • Tahapan 1 ( Mempersiapkan Kolam Terpal )

Untuk membuat kolam terpal sangatlah mudah. Yang anda harus lakukan pertama kali yaitu mempersiapkan kolam, galilah tanah dengan kedalama 60 smpai 85 cm agar memberikan ruang yang cukup untuk ikan nila berkembang biak dengan sempurna.Setelah anda selesai mengali kolam dengan kedalama 70 cm, dan yang harus anda lakukan selanjutnya memadatkan dasar kolam dan untuk di pinggir kolam buatlah tanggul dan di perkuat dengan batu bata.

Dan jangan lupa di dasar kolam juga di berikan batu bata dan sekam agar di daras kolam menjadi kesar dan rata, selanjutnya barulah bisa anda pasang terpal. Setelah terpal terpasang anda juga harus memastikan terpal sudah terkunci dengan baik bi pinggir pinggir kolam. Untuk memastikan ujung ujung terpal sudah terkunci dengan kuat sebaiknya anda mengunakan batu bata di atas pinggiran kolam. Agar terpal tidak mudah berupah kedudukan bentuknya yang nantinya bisa membuat kebocoran air. Setelah semua terpasang dengan baik dan sempurna, isilah kolam dengan air. Hal ini berfungsi untuk memeriksa apakah kolam sudah benar benar sempurna dan tidak ada kembocoran. Setelah anda memastikan kolam tidak bocor dan sudah sempurna selanjutnya anda keringkan lagi kolam tersebut, untuk tahap selanjutnya.

kolam yang sudah anda keringkan tadi. Anda harus memeriksa sistem pengisian dan sistem pembuangan air dan perkuat pinggiran kolam. Selanjutnya taburkan dasar kolam dengan kapur sebanyak 25 gram – 1kg/m2 dan anda harus berikan juga pupuk kandang dengan ukutan 1/2KG / m2 baru isi lah kembali kolam dengan air. Biarkan endapan air tegenang selama 1 minggu sampai tumbuh fitoplankton sebelum bibit di masukan ke kolam.

Cara Beternak Ikan Nila Di lahan Sempit Sekitar Rumah

  • Tahapan 2 (pemilihan Bibit )

Setelah kolam selesai selanjutnya anda memasuki tahapan yang ke 2 yaitu memilih bibit. Mempersiapkan bibit harus lah sesuai dengan kapasitas kolam jangan lah terlalu banyak sebab akan mempehambat perkembangan bibit tersebut. Dan anda juga harus memilih bibit yang bagus, ciri ciri bibit yang bagus yaitu :

> Benih yang bagus yaitu berukuran 5-10 cm
> Pilihlah benih yang sehat yaitu dengan cara melihat keaktifannya saat bergerak.
> Belilah benih di toko benih ikan atau di dinas perikanan terdekat.

Setelah selesai memilih dan memberi bibit ikan nila selanjutnya anda ke kolam untuk mempersiapkan penebaran bibit.

Cara Beternak Ikan Nila Di lahan Sempit Sekitar Rumah

  • Tahapan 3 ( Pemberian Pakan Dan Perawatan Ikan Nila )

Setelah bibit di masukan jangan lupa anda harus memberi pakan bibit nila secara rutin dan teratur agar pertumbuhan ikan nila cepat dan sempurna. Pakan yang baik biasanya yaitu pelet ikan dengan komposisi protein 20% -30%, Lemak 70% , dan karbohidrat 70% serta daun daunan.

Penyakit yang sering menyerang ikan nila dan cara penangananya.
Ikan nila sendiri sering terserang penyakit dan kita juga harus tau cara perawatan dan penangananya. Penyakit yang sering menyerang ikan nila yaitu :

  1. Ikan Nila Stress – Hal ini sering terjadi di karenakan oleh air kolam yang tidak pernah di ganti sehingga mengakibatkan ikan stress. Cara untuk mengatasinya yaitu dengan membuat sirkulasi air yang baik.
  2. Terserang Parasit – Hal ini dikarenakan zat asam yang terlalu berlebihan pada air sehingga menyebabkan ikan terserang penyakit. Cara untuk mengatasinya yaitu dengan cara misahkan ikan yang terkena penyakit ke kolam lainya dan anda juga sering mengecek kadar asam pada air kolam.
  3. Kurang Nafsu Makan – Hal yang satu ini cenderung di sebabkan karena kekurangan pemberian vitamin pada ikan yang menyebabkan ikan kurang nafsu makan. Cara mengatasinya yaitu anda harus memberikan POC NASA dan HARMONIK.
  • Tahapan 4 ( Pemanenan Ikan Nila )

Tahapan ini yang paling di tunggu tunggu oleh semua pertenak ikan nila di lahan sempit yaitu masa pemanenan. Setelah semuanya di lakukan dari perawatan dan pemberian pakan yang teratur sampai usia ikan 4 sampai 6 bulan biasanya sudah bisa di panen dengan berat badan per ekor yaitu mencapai 500 gram sampai 600 gram dan siap di pasarkan. Dan jika anda ingin memilih indukan untuk di kembang biakana lagi, maka pililah beberapa indukan ikan nila jantan dan betina yang sehat. Kemudian pisahkan kekolam pembiakan yang lain.

Baiklah sampai di sini pembahasan untuk Cara Beternak Ikan Nila Di Lahan Sempit Sekitar Rumah. Jika anda ingin mengetahui informasi temtang cara beternak yang mengutungkan dan berkualitas dan seputaran hewan lainnya yang mungkin anda ingin tahu cara merawat dan memeliharanya anda bisa mengikuti kami terus di

Dan jika anda ingin traveling ataupun liburan tapi bingung mau kemana? ya anda langsung saja kunjungin link kami di bawah ini di sini kami memahas semua tempat wisata yang menarik yang bisa anda kunjungi.

 

Related Post

Post a Comment

Your email is never published nor shared. Required fields are marked *
You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

  • Pos-pos Terbaru