Cara Budidaya Beo Nias Yang Mudah Dan Sangat Menguntungkan

Ternak Berkualitas | Cara Budidaya Beo Nias Yang Mudah Dan Sangat Menguntungkan – Hallo sobat ternak berkualits. Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan 1 artikel kepada kalian semua yaitu Cara Budidaya Beo Nias Yang Mudah Dan Sangat Menguntungkan. Tentu pastilah sobat ternak berkualitas sudah tidak asing lagi dengan namannya burung beo nias bukan. Burung yang 1 ini sangat lah di gemari, tidak hanya kalangan pecinta burung saja yang menyukai burung beo nias ini. Melainkan semua orang sangat suka dengan burung beo nias ini, burung ini tidak hanya cantik, melainkan burung ini juga sangat pintar dan berbakat. Burung ini bisa menirukan suara yang di denganrnya, burung ini juga bisa berbicara layaknya seperti manusia. Jika burung beo ini di latih dan menirukan suara manusia.

Cara Budidaya Beo Nias Yang Mudah Dan Sangat Menguntungkan

Cara Budidaya Beo Nias Yang Mudah Dan Sangat Menguntungkan

Hal ini lah yang membuat burung beo nias sangat di minati semua orang. Tidak hanya itu saja burung beo nias juga memiliki harga yang fantasti loh. Nah jika kalian mengembang biakan nya kalian tidak akan rugi sedikitpun, melaikan kalian akan mendapatkan keuntungan yang besar pula. Namun sebelum kita lanjut alangkah baiknya kita mengenal lagi burung beo nias ini.

Seperti yang sudah di jelaskan di atas selain cantik, burung beo nias juga memiliki hal unik yaitu kecerdasaan yang sangat tinggi dalam menirukan bunyi. Dari Berbagi jenis burung beo yang ada, yang paling banyak di pilih oleh orang yaitu adalah burung beo nias. Beo nias memiliki warna bulu yang gelap berwarna hitam dengan warna kuning pada bagian leher dan sedikit warna putih pada bagian sayap. Warna paruh beo nias ini didominasi dengan warna orange dengan bagian ujung berwarna kuning. Habitat alami burung beo ini adalah pada hutan dan hidup di pohon yang tinggi. Nah jika kita sudah mengenal burung beo nias ini, tanpa ingin membuang waktu lagi langsung saja kita lanjut ke topik pembahasan. Yaitu Cara Budidaya Beo Nias Yang Mudah Dan Sangat Menguntungkan.

  • Mempersiapkan Kandang

Dalam setiap pembudidayaan atau pengembang biakan yang anda lakukan, hal yang paling utama yaitu adalah mempersiapkan kandangnya. Layaknya seperti membudidayakan burung lainnya. Kalian haruslah membuat kandang untuk budidaya burung beo nias, namun dalam budidaya beo nias ini. Kaliah haruslah membuat kandang budiayanya sedikit besar dan lebar. Untuk kandang budidaya burung beo nias ini, kalian bisa melihatnya di bawah ini.

Kandang budidaya burung beo nias haruslah strategis, anda harus meletakannya di tempat yang terkena matahari yang cukup. Selain itu dalam budidaya beo nias ini, kalian haruslah meletakan 1 pasang burung beo nias saja di setiap kandang budidaya. yaitu 1 ekor pejantan dan 1 ekor betina, nah jika kalian meletakan 2 atau 3 betina di dalam kandang budidaya yang sama. Maka akan terjadi kericuhan dan pergaduhan antara burung tersebut, maka sebaiknya anda letakan 1 pasang saja di setiap kandang budidaya.

  • Memilih Indukan Yang Berkualitas

Setelah selesai dengan kandang budidaya, barulah anda bisa memilih indukan burung beo nias yang ingin di budidayakan. Untuk mendapatkan keturunan yang berkualitas, kalian tentulah harus memilih indukan yang berkualitas pula. Agar kalian mendapatkan hasil yang maksimal. Untuk memilih indukan yang berukualitas kalian bisa memilihnya dengan ciri ciri seperti di bawah ini :

  1. Burung beo yang ideal dijadikan indukan adalah minimal yang berusia 11-12 bulan atau sekitar 1,5 tahun.
  2. Beo jantan akan lebih pemalu dibandingkan beo betina.
  3. Ketika bertengger beo jantan akan lebih banyak menundukkan kepalanya dan membungkukkan wajah.
  4. Sebaliknya beo betina akan menegakkan kepalanya layaknya burung yang superior.
  5. Dari ukuran mata dan kepala,keduanyapun dapat dibedakan dimana ukuran mata dan kepala beo jantan lebih besar ketimbang beo betina.

Jika sudah memilih indukan yang memiliki ciri ciri seperti di atas barulah kalian bisa memasuki tahapan berikutnya dalam Cara Budidaya Beo Nias Yang Mudah Dan Sangat Menguntungkan.

  • Proses Perjodohan Dan Perkawinan Burung Beo Nias

Setelah kalian memilih indukan yang berkualitas. Barulah kalian memasuki tahap ke 3 dalam budiaya burung beo nias yaitu, proses perjodohan dan perkawinan burung beo nias. Dalam proses ini ada tahapan tahapan yang harus kalian lakukan yaitu seperti di bawah ini :

  1. Masukkan kedua indukan beo kedalam kandang yang berbeda.
  2. Kemudian dekatkan kandang keduanya.
  3. Biarkan kedua burung saling berkenalan terlebih dahulu.
  4. Setelah kedunya menunjukkan sinyal ketertarikan maka kesuanya dapat dijadikan satu kandang.
  5. Setelah ini, maka kedua burung akan kawin.
  6. Jangan lupa jemur kedua indukan saat pagi hari , dan masukkan kembali kedalam ruangan saat cuaca terik.
  7. Setelah perkawinan sukses maka indukan betina akan menunjukkan ciri lebih berisik dan berkicau terus menerus.
  8. Maka saat ini indukan betina harus di pindahkan ke tempat penangkaran yang digunakan untuk menetaskan telur.

Proses ini merupakan langkah awal dari Cara Budidaya Beo Nias Yang Mudah Dan Sangat Menguntungkan, jadi sebaiknya kalian lakukan tahapan demi tahapan dengan berurutan ya sobat ternak berkualitas.

  • Proses Bertelur Dan Mengeram

jika burung beo nias sudah melakukan perkawina. Biasanya dalam 3 hari burung beo nias sudah memiliki tanda tanda yaitu seperti mencari serumputan yang sudah kering ataupun jerami, yang akan di jadikan sarang untuk bertelurnya. Nah jika sudah mendapati tanda tanda seperti itu kalian haruslah mengambil langkah. Langkah yang kalian ambil yaitu seperti memasukan serumputan kering ataupun jerami, dan letakan saja di dalam kandang. Biarkan indukan burung beo yang akan mebuat sarang bertelurnya sendiri.

jika sudah selesai membuat kandang nya bisanya indukan burung beo akan menghasilan telur sebanyak 4 butir. Dan jika sudah selesai masa bertelurnya, indukan betina burung beo nias akan memasuki masa mengeram. Nah indukan betina burung beo akan mengeram kurang lebih 14 hari, jika sudah memasuki hari ke 14 biasanya telur burung beo sudah ada yang menetas.

  • Masa Penetasan

Jika sudah memasuki 14 hari telur burung beo akan menetas. Nah jika sudah menetas, kalian jangan lah langsung tergesah gesah memisahkan anakannya. Sebaiknya kalian biarkan indukannya mengasunya sampai beberapa lama, atau samapai anakan bisa keluar dari sarang bertelur itu. Jika sudah bisa keluar sendiri dari sarangnya barulah anakan bisa kalian rawat, dan kalian pisahkan dari indukannya.

  • Perawatan Dan Pemiliharaan Anakan Burung Beo Nias

Jika kalian sudah memisahkan anakan dari induknya, barulah kalian memasuki massa perawatan dan pemeliharaan. Nah pada massa inilah kalian harus benar benar teliti. Karena pada massa ini sebenarnya massa keberhasilan atau kegagalan yang kalian dapat, jika kalian teliti dan tratur merawatnya. Kalian akan mendapatkanan hasil yang memuaskan.

Dalam merawat anakan burung beo nias kaliah haruslah teratur memberi makanan yang bergizi tinggi agar pertumbuhannya bagus dan maksimal. Selain itu pemberian minum dan vitamin lainnya haruslah kalian berikan juga. Pemberian makan bisa kalian lakukan dengan alat bantu suntuk dengan makanan yang ssudah di lunakan terlebih dahulu. Rawatlah anak burung beo samapi berusia 4 bulan, sampai memiliki bulu yang lengkap dan bisa makan sendiri.

  • Pemanenan Burung Beo Nias

Burung Beo nias bisa di jual ketika sudah berusia 6 sampai 8 bulan. Karena pada saat ini burung beo nias sudah bisa menirukan suara yang di ajarkan kepadanya. Untuk harganya sangatlah fantstis dan berfariasi tergantung kepandaian yang di milikikinya, harga burung beo nias ini yaitu di bandrol mulai dari 2 jt sampai 6 jt per ekornya.

Nah bagimana pendapat kalian..? apakah kalian ingin mencoba membudidayakan burung beo nias ini?. Jika kalian ingin mencobannya kalian langusung baca artikel saya yang kali ini. Dan jangan lupa selalu ikutin ternak berkualitas, yang akan update setiap harinnya.

BACA JUGA YA : – Panduan Beternak Yang Menguntungkan 
Cara Ternak

Related Post

  • 5 Hewan Ternak 150x150

    5 Hewan Ternak Yang Menguntungkan Dan Cepat Panen

    Ternak Berkualitas | 5 Hewan Ternak Yang Menguntungkan Dan Cepat Panen - Hallo sobat ternak berkualitas sekalian. Berjumpa lagi di artikel ternak berkualitas. Dimana ternak berkualitas ini selalu
  • 11 Langkah Sukses Beternak 150x150

    11 Langkah Sukses Beternak Burung Mozambik

    Ternak Berkualitas | 11 Langkah Sukses Beternak Burung Mozambik - Hallo sobat ternak berukualitas sekalian. Kita kembali bertemu lagi. Nah di kesempatan yang kali ini saya akan membahas tentang cara
  • Beternak Ayam Joper 150x150

    Beternak Ayam Joper Yang Menguntungkan 3 Bulan Panen

    Ternak Berkualitas | Beternak Ayam Joper Yang Menguntungkan 3 Bulan Panen - Hai, sobat ternak berkualitas sekalian. Kita bertemu lagi di artikel ternak berkualitas. Yang selalu memberikan informasi -
  • Tips Budidaya Burung Parkit 150x150

    Tips Budidaya Burung Parkit Yang Sangat Menjanjikan

    Ternak Berkualitas | Tips Budidaya Burung Parkit Yang Sangat Menjanjikan - Hallo para sobat ternak berkualitas sekalian. Berjumpa lagi bersama kami ternak berkualitas pada hari yang cerah ini.
  • Langkah – Langkah Budidaya Cacing Sutra 150x150

    Langkah – Langkah Budidaya Cacing Sutra Di Rumah

    Ternak Berkualitas | Langkah - Langkah Budidaya Cacing Sutra Di Rumah - Hallo Sobat sekalian. Berjumlagi di artikel saya ternak berkualitas. Sobat berkualitas apakah sudah tahu dengan yang namanya

Post a Comment

Your email is never published nor shared. Required fields are marked *
You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

  • Pos-pos Terbaru