Cara Budidaya Burung Belibis Dengan Benar Untuk Pemula

Ternak Berkualitas | Cara Budidaya Burung Belibis Dengan Benar Untuk Pemula – Hallo sobat ternak sekalian. Berjumpa lagi di artikel saya, ternak berkualitas. pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentan bagaimana cara budidaya burung belibis dengan benar untuk pemula.

Cara Budidaya Burung Belibis Dengan Benar Untuk Pemula

Cara Budidaya Burung Belibis Dengan Benar Untuk Pemula

Nah sebelum kita lanjut ke pembahasan kita. Alangkah baiknya kita mengenal terlebih dahulu  tentang burung belibis ini. Nah apakah para sobat ternak berkualitas tahu dengan burung belibis…? Burung belibis merupakan salah satu unggas yang sangat diminati oleh kalangan masayarakat indonesia. Hal ini di karenakan daging dari burung belibis ini sangat lah mengunggah selera. Emang benar dan tidak bisa di pungkiri lagi karena sudah banyak sekali restoran – restoran yang menyajikan menu dari burung belibis ini. Nah oleh karena itu, coba saja kalian pikirkan. Jika kalian membudidayakan burung belibis ini, berapa banyak keuntungan yang bisa kalian rasakan nantinya. Jika kalian ining mencoba untuk membudidayakan burung belibis ini. kalian bisa langsung saja melihat dan membaca artikel saya di bawah ini.

Dalam budidaya burung belibis ini ada beberapa tahapan yang harus kalian pahami dan mengerti. Dan bukan hanya kalian pahami saja. Namun juga haruslah kalian lakukan juga agar budidaya burung belibis kalian berjalan dengan lancar. Untuk tahapan tahapannya, bisa kalian lihat di bawah ini ya sobat ternak berkualitas.

  • Mempersiapkan Kandang Budidaya

Cara Budidaya Burung Belibis Dengan Benar Untuk Pemula

Yang pertama kali harus kalian lakuakan untuk budidaya burung belibis yaitu adalah kalian harus membuat kandangnya terlebih dahulu. Karena kandang merupakan salah satu faktor pendukung paling penting dalam budidaya burung belibis ini. Untuk kandang burung libis kalian haruslah buat dengan kuat agar burung belibis tidak bisa kabur dari kandang. Selain itu kandangnya harus kalian buat lebar, di dalam kandang budidaya tersebut harus kalian bagi menjadi 2 bagian. Yang satu  untuk kandang berteduh dan bersangrang untuk burung belibis tersebut. Dengan di alaskan jerami padi agar tetap hangat. Dan di sisi kandang lainnya kalian harus membuat kolam untuk belibis ini. Seperti yang kita ketahui bahwasannya hampit setiap harinnya belibis menghabiskan waktu di air. Oleh Karena itu kalian haruslah membuat kolam untuk burung belibis ini.

  • Mempersiapkan Bibit Belibis

Setelah kalian selesai dengan pembuatan kanngan untuk burung belibisa tadi. Selanjutnya kalian harus mempersiapkan bibit belibis yang akan di budidayakan. Untuk bibit belibis bisa kalian beli di peternak belibis lainnya. Namun untuk harga dari bibit belibis ini emang sedikit tinggi. Namun jika kalian memiliki modal yang minim kalian juga tetapi bisa membudidayakan burung belibis ini kok. Yah kalian bisa menangkap burung belibis ini di alam bebas seperti di hutan ataupun di tempat yang menjadi sarang burung belibis. Memang untuk menangkapnya sedikit sulit karena burung belibis ini merupakan burung yang liar di alam bebas. Untuk menangkapnya kalian bisa lakukan dengan cara mengguanakn jaring yang biasa di gunakan untuk menangkap burung lainnya ataupun dengan mencing menggunkan rekaman suara burung belibis dan jeratan burung.

  • Pemberian Pakan

Agar burung belibis yang kalian pelihara dapat berkembang dengan maksimal seperti yang kalian inginkan. Tentulah kalian harus memberinya pakan terbaik pula. Agar pertumbuhannya maksimal, kalian bisa memberikan pakannya seperti pakan ternak bebek. Yaitu kalian berikan dedak dan juga jagung diling. Selain itu kalian juga harus mencampurkannya dengan pakan hewati lainnya seperti. Keong, ikan kecil, Cacing tanah.

  • Perawtan Kandang

Kalian tidak lah boleh hanya melakukan perawatana terhadapa burung belibis saja. Melainkan kalian juga harus melakukan perawatan terhadapa kandang dari burung belibis ini. Agar burung belibis kalian terhindar dari penyakit yang dapat menyerang burung belibis kalian. Untuk perawatan kandangan bisa kalian lakukan pembersihan kotoran ataupun sisa sisa makanannya yang berserakan. Agar kandang dan ternak belibis kalian tidak terserang penyakit.

  •  Memasuki Masa Produksi

Cara Budidaya Burung Belibis Dengan Benar Untuk Pemula

Burung belibis yang kalian budidayakan. Biasanya akan dalam setahun bisa melakukan masa produksi sebanyak 3 kali. Dan setelah masa perkawinan selesai, biasannya indukan betina burung belibis akan bertelur. Dalam 1 kali masa bertulur, induk belibis betina bisa menghasilkan telur 7 sampai 10 butir. Dan setelah masa bertelur berakhir bisannya burung belibis akan mengerami telurnya selama kurang lebih 3 minggu lamannya. Dan pengeraman ini tidak hanya di lakukan oleh indukan betina saja, melainkan indukan jantan juga kan mengerami telurnya secara bergantian dengan betinannya.

Sebenarnya proses pengeramana ini bisa di lakukan dengan 2 metode . Metode pertama yaitu adalah mengerami secara alami yang sering di lakukan ungas ungas lainnya. Dan yang kedua bisa kalian lakukan dengan menggunakan mesin tetas. Sebenarnya jika kalian menggunkan mesin tetas untuk telur telur tersebut. Itu lebih sangat menguntungkan, kenapa demikina…? Karena jika menggunakan mesin tetas maka telur telur tersebut kemungkinan menetas akan semankin besar. Dan juga penetasnannya akan seragama antara satu dengan lainnya.

Setelah anakan belibis menetas. Selanjutanya barulah kalian langsung pindahkan ke tempat khusus yang memiliki penghanat seperti bola lampu. Karena anakan belibis tidak tahan dengan udara dingin. Kenapa pada saat menetas langsung di pindahkan ketempat khusus…? Layaknya budidaya unggas lainnya. Jika kalian membiarkan indukan yang mengasuhnya maka untuk pertumbuhananya akan sedikit lebih lama dan juga tidak sesuai dengan yang kita inginkan. Maka dari itu lakukan pemisahan dan di sana kalian langsung yang menasuhnya. Agar pertumbuhannya dapat lebih cepat dan maksimal seperti yang kalian harapkan.

  • Massa Panen

Setelah kalian melakukan perawatan lebih kurang 3 sampai 4 bulan. Dengan perawatan yang semaksimal mungkin yang kalian lakukan. Maka pada saat ini pula burung belibis bisa di lakukan pemanenan. Karena pada usia 3 sampai 4 bulan burung belibis banyak di buru oleh para konsumen untuk di konsumsi. Dan kalian bisa langsung menjualnya kepasar dengan menyesuaikannya dengan harga pasar. Namun jika kalian ingin menjadikan indukan. Pada saat usia 3 bulan belibis yang tadi kalian rawat bisa kalian gabung kan dengan belibis dewasa dan bisa menunggu hasil produksi berikutnya.

Baiklah sekitan pembahasan saya mengenai cara budidaya burug belibis. Bagi kalian yang ingin mencobanya di rumah kalian bisa memabca artikel saya kalia ini ya sobat ternak berkualitas sekalian.

BACA JUGA YA….

Related Post

Post a Comment

Your email is never published nor shared. Required fields are marked *
You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

  • Pos-pos Terbaru