Cara Budidaya Ikan Cupang Yang Praktis Di Rumah

Ternak Berkualitas – Hai berjumpa lagi di artikel saya, pada kesempatan ini saya akan membagiakan bagaimana Cara Budidaya Ikan Cupang Yang Praktis Di Rumah. Sobat ternak berkualitas tentulah sudah mengertahui ikan cupang sebelum nya bukan.? Ya ikan cupang adalah salah satu ikan hias yang sangat populer di kalangan masyarakat indonesia. Selain di jadikan ikan hias di rumah, ikan cupang ini juga ada yang di jadikan sebagai ikan aduan loh…. Tak jarang orang menjdaikan ikan ini sebagai ikan aduan. Lalu bagaimana cara merawat dan memudidayakan ikan ini di rumah.? Nah pada kesempatan kali ini saya akan membagikan 1 cara yang paling praktis untuk membudidayakan ikan cupang di rumah, silahkan anda simak artikel saya di bawah ini.

Cara Budidaya Ikan Cupang Yang Praktis Di Rumah

Cara Budidaya Ikan Cupang Yang Praktis Di Rumah

Sebelum saya ketopik utama, alangkah baiknya saya mengenalkan ikan cupang yang dapat kalian pelihara nanti di rumah. Ikan cupang merupakan salah satu ikan hias, ikan cupang yaitu ikan air tawar yang hidup dan berkembang biak di daerah tropis. Ikan cupang ini banyak di temuikan di perairan seperti Asia tenggara, termasuk juga indonesia. Di alam bebas ikan cupang hidup berkelompok yang biasanyda di sungai, danau, dan juga rawa rawa yang memiliki arus yang tenang.

Ikan cupang ini memiliki keistimewaan tersendiri yaitu memiliki daya tahan tubuh yang sangat kua, karena ikan cupang sanggup hidup dalam lingkungan air yang minim dengan oksigen. keistimewaan yang dimilikinya didapat karena ikan cupang memiliki rongga labirin seperti pada paru-paru manusia. Labirin tersebut bisa membuatnya bertahan pada lingkungan miskin oksigen.

Cara Budidaya Ikan Cupang Yang Praktis Di Rumah

Ikan cupang di bagikan dalam 2 golongan yaitu  ikan cupang hias dan ikan cupang aduan. Ikan cupang hias yaitu di peliharan di rumah dan di nikmati keindahan bentuk dan warnaya. Sedangkan ikan cupang aduan yaitu ikan cupang yang di pelihara untuk di adu dengan ikan cupang lainya. Ikan cupang hias dan aduan juga di bedakan dari bentuk dan ke ganasannya.

Untuk membudidayakan ikan cupang cukup mudah. mau itu ikan cupang aduan ataupun ikan cupang hias, kalian bisa membudidayakannya di rumah. Karena membudiayakan ikan cupang tidak lah memerlukan tempat yang besar dan luas, hanya memerlikan tempat seadannya anda sudah bisa membudidayakan ikan cupang. Berikut ada lah langkah langkah dalam Cara Budidaya Ikan Cupang Yang Praktis Di Rumah.

  1. Pemilihan Ikan cupang

Cara Budidaya Ikan Cupang Yang Praktis Di Rumah

Sebelum anda mulai membudidayakan ikan cupang yang harus and lakukan yaitu memilih jenis ikan cupang yang ingin anda budidayakan nantinya. Hal ini sangat perlu karena nantinya akan menetukan apakah ikan ini menjadi ikan hias atau ikan aduan, maka dari itu kalain bisa memilihnya sesuai selera kalian.

Untuk pemilihannya kalian bisa pilih dari berbagai jenis ikan cupang di bawah ini

  • Ikan Cupang  Fancy
  • Ikan Cupang Plakat
  • Ikan Cupang Double Tail
  • Ikan Cupang Halfmoon
  • Ikan Cupang Serit
  • Ikan Cupang Slayer
  • Ikan Cupang Giant

Itulah jenis jenis ikan cupang dan bisa anda tentukan ada ingin membudidayakan yang mana, Dan untuk jenis jenis ikan tersebut  dan daftar hargannya anda bisa membacaranya di  Panduan Beternak Yang Menguntungkan.

Cara Budidaya Ikan Cupang Yang Praktis Di Rumah

      2. Memilih Indukan Ikan Cupang

Setelah anda memilih dan menetukan mana ikan cupang yang nantinya akan anda budidayakan. Selanjunya yaitu pemilihan indukannya, dan untuk menentukan hasil keturunan yang berkualitas anda haruslah memilih indukan yang berkualitas pula, agar nantinya dapat mengahsil kan keturunan yang anda inginkan. Pilih lah indukan jantan maupun betina yang memiliki ciri ciri seperti di bawah ini :

Indukan Ikan Cupang Jantan

  • Bentuk badan panjang
  • sudah memiliki usia minimal 4 atau 6 bulan
  • Sirip panjang dan warnanya yang atraktif
  • Tidak memiliki cacat sedikitpun
  • Gerakannya lincah dan agresif

Cara Budidaya Ikan Cupang Yang Praktis Di Rumah

Indukan Ikan Cupang Betina

  • Bentuk badan bulat dan di bagian perutnya buncit
  • Usia minimal 3 atau 5 bulan
  • siripnya pendek dan warnanya sedikit kuram
  • Memiliki gerakan yang lambat
  • dan tidak memiliki cacat sedikitpun

      3. Proses Pemijahan Ikan Cupang

Cara Budidaya Ikan Cupang Yang Praktis Di Rumah

Cara Budidaya Ikan Cupang Yang Praktis Di Rumah. Untuk pemijahan ikan cupang ada beberapa bahan yang harus anda sediakan yaitu. Tempat berupa wadah dari baskom plastik atau akuarium kecil dengan ukuran 20x20x20 cm. Siapkan juga gelas plastik untuk tempat ikan cupang betina. Sediakan juga tumbuhan air seperti kayambang.

Ikan cupang dapat menghasilkan telur sebanyak 1000 butir dalam sekali perkaliwannya saja.  Telur ikan cupang yang sudah di buahi akan menetas dalam waktu kurang lebih 24 jam. Namun tingkat keberhasilan telur menetas sangatlah kecil, hanya dapat menetas 250 sampai 400 butir telur saja. Itu dikarena faktor suhu dan airnya juga.  Dan berikutnya adalah langkah langkah dalam proses pemijahan ikan cupang .

  • Isulah tempat pemijahan atau akuarium setinggi 15 cm dengan air yang bersih. Anda dapat menggunak air sumur yang mengalir dari mataa air langsung atau juga dapat menggunakan air sungai. Setelah itu endapkan air selam satu malam, dan sebaiknya jangan pernah melakukan proses pemijahan ikan cupang dengan menggunakan air yang mengandung kaporit seprti air pam.
  • Letakan juga tanaman air seperti kiyambang di dalamnya, namin jangan terllau padat ya..
  • Masukkan ikan cupang jantan yang telah siap kawin. Biarkan ikan tersebut selama satu hari dalam wadah. Ikan cupang jantan akan membuat gelembung-gelembung udara. Gunanya untuk menyimpan telur yang sudah dibuahi. Untuk memancing si jantan membuat gelembung, masukkan ikan cupang betina tetapi dipisah. Caranya, ikan betina dimasukkan dalam gelas plastik bening (bekas gelas akua) dan benamkan ke dalam aquarium dimana ikan jantan berada.

Cara Budidaya Ikan Cupang Yang Praktis Di Rumah

Cara Budidaya Ikan Cupang Yang Praktis Di Rumah

  • Setelah indukan jantan membuat gelembung, masukkan indukan betina. Waktu pemijahan ikan cupang biasanya terjadi sekitar pukul 7-10 pagi atau pukul 4-6 sore. Ikan cupang cukup sensitif ketika kawin, sebaiknya tutup wadah dengan koran atau letakkan di ruang yang terhindar dari hilir mudik orang dan suara bising.
  • Sebaiknya setalah indukan betina bertelur selanjutnya anda harus lah mengangkat indukan betina dan memindahkannya. Karena jika anda membuarkan indukan betina di dalam pempat meijahan tadi maka telur telur tersebut akan habis di makannya. Dan sebaliknya anda harus membiyarkan indukan jantan di dalamnya karena dia kan menjaga telur telur tersebut dan akan memindahkan telur telur tersebut ke dalam gelmbung yang dudah di sediaknnya denanga cara memungiti telur telur tersebut.
  • Setelah kurang lebih satu hari telur-telur tersebut akan menjadi burayak. Selama 3 hari kedepan burayak tidak perlu diberi pakan karena masih ada nutrisi yang terbawa dalam telur. Ikan cupang jantan juga akan berpuasa selama menjaga burayak
  • Setelah tiga hari terhitung sejak telur menetas, berikan kutu air (moina atau daphnia). Pemberian pakan jangan lebih banyak dari burayak karena pakan akan mengotori air dan menyebabkan kematian pada burayak.

Cara Budidaya Ikan Cupang Yang Praktis Di Rumah

  • Indukan jantan baru diambil setelah burayak berumur 2 minggu terhitung sejak menetas. Pindahkan burayak tersebut pada wadah yang lebih besar dan berikan kutu air yang lebih besar atau larva nyamuk.
  • Setelah 1,5 bulan, ikan sudah bisa dipilah berdasarkan jenis kelaminnya. Kemudian pisahkan ikan-ikan tersebut ke wadah pembesaran.

       4.  Pemberian Pakan Dan Perawatan Anakan Ikan Cupang

Cara Budidaya Ikan Cupang Yang Praktis Di Rumah

Cara Budidaya Ikan Cupang Yang Praktis Di Rumah. Dalam pemberian pakan anakan ikan cupang bisa anda berikan pakan favorit nya yaitu kutu air, larva nyamuk, cacing sutra. Sebainya bagi anakan ikan yang baru berusia kurang dari 2 minggu anda berikan pakan yaitu kutu air, karena akan mempercepat proses pertumbuhannya. Usahakan pemberian makannya 4 sampai 5 kali dalam sehari, namun dalam porsi kecil. pemberian makan dalam bertahap sedikit demi sedikit akan membuat ikan cepat tumbuh dan berkembang, namun anda jangan pernah memberinya hanya sekali dalam porsi besar.

Karena nantinya makanan yang anda berikan tidak akan habis di buat anakan ikan cupang. Makannan yang tidak habis itu nantinya dapat menjadi sarang penyakit yang dapat menyerang anakan ikan cupang, maka sebainya berilah makan sedikit demi sedikit saja ya sobat ternak.

Untuk kutu air ada bisa mendapatkannya di selokan selokan yang tergenang dengan air, jika tidak anda anda juga dapat memberilinya di toko ikan hias dan akuarium. Namun misalnya anda tidak ingin membuatnya sediri tentu saja bisa anda bisa membaca cara pembuatan kutu air di Cara Ternak.

Cara Budidaya Ikan Cupang Yang Praktis Di Rumah

Selain pemberikan makan anda juga haruslah merawat ikan cupang tersebut, pada saat ikan cupang berusia 1 satu 2 bulan sebaiknya anda pisahkan ke tempat yang lain. Terutaman ikan cupang jantan karena ikan cupang jantan akan berkelahi dengan ikan cupang jantan lainnya yang akan mengakibatkan sirip dan ekor, dan ikan cupang mendjadi cacat. Sebelum hal itu terjadi sebaiknya anda pisahkan segera dan biarkan saja ikan cupang betina berada di tempat yang sama. Selain itu anda juga harus membedakan mana ikan cupang aduan dan ikan cupang hias.

Untuk ikan cupang hias sebaiknya anda letakan di akuarium yang berukuran kecil, namun untuk ikan cupang aduan sebaiknya anda letakan di botol kaca kecil dan letakan di tempat yang gelap. Menurut dari beberapa narasumber yang hobi ikan cupang aduan, meletakan ikan cupang aduan di dalam tempat yang gelap akan membuat ikan cupang semakin ganas dan agresif dalam bertarung.

Cara Budidaya Ikan Cupang Yang Praktis Di Rumah

Dna jangan lupa untuk mengganti airnya pula, karena jika sudah jika air sudah banyak menumpuk kotorannya ataupun sisa makanannya akan membuat penyemaran air dan menimbukan penyakit. Maka jika anda sudah melihat kotoran dan sisam makanan yang mulai menumpuk di dasar air sebainya anda segera mengganti air tersebut ya sobst ternak sekalian.

 

baiklah berikut artikel yang saya buat mengenai Cara Budidaya Ikan Cupang Yang Praktis Di Rumah. Semoga artikel saya kali ini dapat menambah lagi ilmu anda dalam betenak ikan cupang yang baik dan benar. Dan jangan lupa selalu ikuti Ternak Berkualitas ya para sobat sekalian.

Related Post

  • 11 Langkah Sukses Beternak 150x150

    11 Langkah Sukses Beternak Burung Mozambik

    Ternak Berkualitas | 11 Langkah Sukses Beternak Burung Mozambik - Hallo sobat ternak berukualitas sekalian. Kita kembali bertemu lagi. Nah di kesempatan yang kali ini saya akan membahas tentang cara
  • Beternak Ayam Joper 150x150

    Beternak Ayam Joper Yang Menguntungkan 3 Bulan Panen

    Ternak Berkualitas | Beternak Ayam Joper Yang Menguntungkan 3 Bulan Panen - Hai, sobat ternak berkualitas sekalian. Kita bertemu lagi di artikel ternak berkualitas. Yang selalu memberikan informasi -
  • Tips Budidaya Burung Parkit 150x150

    Tips Budidaya Burung Parkit Yang Sangat Menjanjikan

    Ternak Berkualitas | Tips Budidaya Burung Parkit Yang Sangat Menjanjikan - Hallo para sobat ternak berkualitas sekalian. Berjumpa lagi bersama kami ternak berkualitas pada hari yang cerah ini.
  • Langkah – Langkah Budidaya Cacing Sutra 150x150

    Langkah – Langkah Budidaya Cacing Sutra Di Rumah

    Ternak Berkualitas | Langkah - Langkah Budidaya Cacing Sutra Di Rumah - Hallo Sobat sekalian. Berjumlagi di artikel saya ternak berkualitas. Sobat berkualitas apakah sudah tahu dengan yang namanya
  • Langkah Beternak domba Yang 150x150

    Langkah Beternak domba Yang Benar Untuk Pemula

    Ternak berkualitas | Langkah Beternak domba Yang Benar Untuk Pemula - Hallo sobat ternak berkualitas sekalian. Kita berjumpa kembali di artikel ternak berkualitas. Yang di mana ternak berkualitas

Post a Comment

Your email is never published nor shared. Required fields are marked *
You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

  • Pos-pos Terbaru