Cara Budidaya Ikan Nemo Dalam Akuarium Dengan Mudah

Ternak Berkualitas – Sobat ternak berkulaitas. Pada kesempatan ini saya akan memnuat satu artikel yaitu Cara Budidaya Ikan Nemo Dalam Akuarium Dengan Mudah. Pasti kalian sudah tau dengan ikan nemo bukan.? Ikan yang akrab di sapa dengan sebutan ikan badut. Ikan yang satu ini merupakan ikan hias loh….. Ikan yang sangat di gemari kalangan anak-anak dan pecinta ikan hias lainnya.

Cara Budidaya Ikan Nemo Dalam Akuarium Dengan Mudah

Cara Budidaya Ikan Nemo Dalam Akuarium Dengan Mudah

Ikan nemo yang akrab di sapa dengan ikan badut ini yaitu salah satu ikan hias, ikan nemo merupakan ikan air asin. Habitat asli ikan nemo yaitu di terumbu karang di perairan laut yang memiliki kedalaman 50 meter dengan kondisi air yang hangat dan juga jernih. Penyebaran ikan nemo yaitu di mulai dari samudra pasifik sampai samudra hindia.

Ikan  nemo merupakan ikan hias yang paling banyak di gemari dari beberapa jenis ikan hias air laut. Ikan nemo hanya memiliki ukuran tubuh 3 sampai 4 inci. Tetapi pernah di temukan spesies ikan nemo terpanjang yaitu memiliki ukurang tubuh 18 cm dan juga 10 cm.

Namun meskipun ikan nemo merupakan ikan air laut, namun ana masih bisa membudidayakannya di rumah dengan cara menggunakan akuarium. Bagaimana caranya…? Nah pada kesempatan kali ini saya akan memberi tahukan cara budidaya ikan nemo dalam akuarium dengan mudah. Bagi kalian yang belum mengetahui caranya kalian, langsung saja simak artikel saya di bawah ini.

  • Mempersiapkan Akuarium

Cara Budidaya Ikan Nemo Dalam Akuarium Dengan Mudah

Langkah pertama yang haru anda lakukan dalam cara budidaya ikan nemo dalam akuarium dengan mudah yaitu menyediakan wadahnya. Wadah yang harus anda sediakan yaitu akuarium yang berukan minimal 40cm x 40cm x 40cm, yang dilengkapi dengan instalasi air laut dan earasi serta saluran pembuangan.

Dan usahakan anda meletakan posisi akuarium di tempat yang terang yang terpancar cahaya. Dan janganlah Pernah meletarkan akuarium di tempat yang gelap. Letakan lah di tempat yang terpapar sinar matahari, namun suhu panasnya terkontrol ya. Hal ini berfungsi untuk menghindari ikan nemo terkena parasit, baik itu idukan ataupun calon telur nantinya.

  • Mempersipkan Indukan Ikan Nemo

Langkah selanjutnya yaitu mempersipkan indukan. Anda harus memilih indukan yang berkualitas agar nantinya anakan yang di hasilkan juga berkualitas. Untuk pemilihan idukan yang berkualitas sebenar nya yaitu harus dari habitat aslinya. Tapi itu sangat lah susah di dapatkan. Namun anda tidak perlu khwatir karena sekarang sudah banyak yang membudidayakan ikan nemo, jadi anda bisa membelinya di penangkaran atau di toko iakn hias.

Selain itu anda harus mengyeleksinya terlebih dahulu. Indukan yang berkualitas yaitu indukan yang sehat, aktif bergerak, memiliki warna yang cerah dan tidak ada cacat sedikit pun. Pilihlah indukan yang seperti itu agar nantinya mendapatkan keturunan yang berkualitas pula.

Untuk Membedakan yang mana indukan jantan dan betina bisa anda lihat dari ukuran tubuhnya. Biasanya indukan jantan memiliki tubuh lebih kecil dari indukan betina. Sebaliknya indukan betina memiliki ukutan tubuh yang lebih besar dari pada indukan jantan.

  • Masa Penjodohan.

Langkah yang paling penting dalam cara budidaya ikan nemo dalam akuarium dengan mudah yaitu masa perjodohan. Ikan nemo adalah salah satu ikan yang memiliki selera tinggi untuk memiliih pasangan. Masa perjodohan ini di bilang sangat sulit, karena anda harus selalu memperhatikan indukan sampai berjodoh.

Jika indukan tidak berjodoh maka saat bertemu selalu berantem sampai salah satu di antarnya mati. Dan  yang harus anda lakukan dalam langkah yang satu ini yaitu memasukan indukan ke dalam akuarium yang sudah anda sediakan tadi. Dan anda perhatikan jika ikan tidak harmonis dan berantem dalam akuarium sebaiknya anda harus lah segera memisahkannya. Gantilah dengan indukan lainnya sampai ikan itu benar benar menemukan pasangannya.  Jika sudah menemukan pasangan yang tepat baru lah anda bisa memulai membudidayakan ikan nemo.

  • Pemberian Pakan Yang Tepat Dan Pemijahan

Setelah indukan berjudoh selanjutnya yaitu anda haruslah memberikan pakan yang terpat agar kualitas produksi indukan berjalan dengan cepat dan mendapat hasil yang maksimal.

Setelah 1 minggu dalam masa perjodohan biasanya indukan ikan nemo sudah memproduksi telur. Dan pemijahan telur biasanya terjadi pada waktu siang hari tepatnya dari jam 12 siang sampai jam 5 sore. di mana indukan betina perlahan melekuakn dan menata terlur telurnya pada subsrat dekat anemone lalu di buahi oleh pejantan. Daan hal ini si lakukan berulang kali sampai pemijahan selesai.

Telur telur tersebut akan di jaga oleh indukan pejantan sampai menetas. Setelah beberapa hari telur tersebut biasanya akan menetes, biasnya menetas pada malam hari pukul 7 malam sampai selesai.

  • Pengolahan Larva Ikan Nemo

Cara Budidaya Ikan Nemo Dalam Akuarium Dengan Mudah

Selanjutnya dalam cara budidaya ikan nemo dalam akuarium dengan mudah yaitu pengolahan larva Ikan Nemo. Sebaiknya anda menggunakan wadah air  dengan volum mininal 1 ton atau lebih. Karena semakin kecil wadah yang di gunakan semakin cepat perubahan pada air nya maka dari itu anda haruslah menyediakan wadah yang besar. Perubahan air ini sangat lah menghambat pertumbuhan larva nantinya.

Larva yang berusia lebih dari 1 minggu yang taddi nya berwarna hitam berubah menjadi warna merah kemerahan. Dan pada saat itu barulah larva bisa di beri makan dengan pellet ikan. Dan setelah larva berusia 2 minggu atau lebih selanjutnya pindahkan larva ke Wadah pembesaran

  • Proses Pembesaran bibit Ikan Nemo

Cara Budidaya Ikan Nemo Dalam Akuarium Dengan Mudah

Dan trakhir dalam cara budidaya ikan nemo dalam akuarium dengan mudah yaitu pembesaran bibit ikan nemo. Setelah larva berusia 2 minggu selanjutnya kita pindahkan ke tempat wadah pembesaran. Untuk wadahnya anda bisa menggunakan akuarium untuk ukurannya sesuaikan dengan banyaknya bibit yang ingin di besarkan.

Jika bibit nya banyak makannya gunakanlah akuarium yang berukuran besar. Dan gunakan siklus air mengalir di akuarium agar peroses pembesaran ikan nemo lebih cepat. Jangan lupa memberi makannya secara teratur 3x dalam sehari, untuk pakan anda bisa berikan berupa pelet ikan, jentak jentik, cacing renik, udang renik.

 

Sekian pembahsan saya tentang Cara Budidaya Ikan Nemo Dalam Akuarium Dengan Mudah , Dan jangan lupa selalu mengikuti artikel ternak berkualitas. saya akan selalu update mengenai. seputaran hewan peliharan, repti, cara beternak yang menguntungkan dan lainnya.

Dan bagi kalian yang ingi mengetahui seputaran hewan lainnya kalian bisa mengklik link kami di bawah ini.

 

 

 

Related Post

  • Beberapa Spesies Ikan Terumbu 150x150

    Beberapa Spesies Ikan Terumbu Karang Tercantik Di Lautan

    Ternak Berkualitas | Beberapa Spesies Ikan Terumbu Karang Tercantik Di Lautan - Hallo sobat ternak berkualitas sekalian. Sudah cukup lama kita tidak berjumpa, di artikel ternak berkualitas ini. Nah
  • 4 Ayam Terunik 150x150

    4 Ayam Terunik Dan Juga Langka Di Dunia

    Ternak Berkualitas | 4 Ayam Terunik Dan Juga Langka Di Dunia - Apa kabar semuanya para sobat ternak berkualitas sekalian. Pada hari yang cerah ini kita berjumpa kembali di artikel ternak berkualitas.
  • 5 Hewan Peliharaan 150x150

    5 Hewan Peliharaan Yang Mudah Dirawat Bagi Pemula

    Ternak Berkualitas | 5 Hewan Peliharaan Yang Mudah Dirawat Bagi Pemula - Hallo para sobat ternak berkualitas sekalian. Kita kembali bertemu di artikel artikel ternak berkualitas. Nah pada kesempatan
  • Jenis Hewan Purba 150x150

    Jenis Hewan Purba Yang Masih Hidup Di Dunia

    Ternak Berkualitas | Jenis Hewan Purba Yang Masih Hidup Di Dunia - Hai para sobat ternak berkualitas sekalian. Kita kembali berjumpa di artikel ternak berkualitas. Nah di pertemuan kita kali ini,
  • Cara Merawat Hamster 150x150

    Cara Merawat Hamster Di Rumah Dengan Baik Dan Benar

    Ternak Berkualitas | Cara Merawat Hamster Di Rumah Dengan Baik Dan Benar - Hai kalian semuannya para sabahat ternak berkualitas. Berjumpa lagi bersama saya di artikel ternak berkualitas ini. Di

Post a Comment

Your email is never published nor shared. Required fields are marked *
You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

  • Pos-pos Terbaru