Cara Memelihara Kura-Kura Brazil Dalam Akuarium

Ternak Berkualitas – Sobat ternak berkualitas. Kali ini saya akan membagikan satu artikel yaitu cara memelihara kura-kura brazil dalam akuarium dengan benar. Apakah sobat ternak berkualitas sudah tau dengan kura-kura satu ini? Kura kura ini berbeda dengan kura-kura yang umunnya sobat ketahui. Kura-kura ini dikenal sebaigai kura-kura bertelinga merah, sebutan bertelinga merah bukan lah berarti hewan reptil yang satu ini memiliki telinga layaknya hewan mamalia. Tetapi karena kura-kura ini memiliki corak berwarna merah di belang matannya, sehingga terliha menyerupai telinga.

Cara Memelihara Kura-Kura Brazil Dalam Akuarium

Kura-kura brazil ini memiliki satu keunggulan yaitu mempunya daya tahan tubuh yang sangat kuat. Kurakura brazil ini mampu hidup di alam bebas sampai usia 20 tahun. Dan bahkan bisa ada kura-kura brazil yang hidup selama 40 di dalam penangkaran lo, sangat hebat bukan. Kura-kura brazil ini di perkirakan berasal dari benua amerika serikat bagian selatan. Hewan reptil ini berkembang biak dengan cara bertelur. Biasanya di mulai dari awal agustus sampai sepetember, tiap tahunya yaitu menjelang musim hujan.

Saat kura-kura brazil bertelur, jumlah telur yang di hasilkannya berkisar dari 25 samapi 45 butir. Tergantung dari tinggikat kesuburan sang kura-kura dan kondisi cuaca. Telur kura kura brazil akan menetas membutuhkan waktu 3 minggu. Baiklah sebelum kita lanjut ke topik pembahasannya tentang cara memelihara kura-kura brazil dalam akuarium, sebaiknya kita mengertahui ciro-cirinya dulu.

Ciri-Ciri fisik kura-kura brazil

  1. Tempurung kura-kura brazil memiliki 2 warna yaitu hijau dan kuning
  2. Memiliki serabut berwarna merah di belakang matanya yang menyerupai seperti telinga merah di kepalanya.
  3. Tubuh nya berwanya hijau tua dan garis garis kuning.
  4. Memilii panjang tubuh kurang lebih 30 cm
  5. Seperti hewan air lainnya kura kura brazil memiliki selaput di sela sela jarinya.
  6. Untuk kura kura brazil jantan, memiliki corak tubuh yang sedikit. Sedangkan untuk betinanya memiiki corak tubuh yang lebih banyak dan rapi.
  7. Dari segi kakinya, kura kura jantan memiliki kaki lebih panjang, sedangkan betinanya memiliki kaki yang penden dan sangat dekat dengan tempurungnya,

Setelah kita mengertahui ciri-ciri dari kura-kura brazil ini selanjutnya kita langsung saja ke topik pembahasan kita yaitu cara memelihara kura-kura brazil dalam akuarium.

  • Mempersiapkan Akuarium Untuk Kura-Kura Brazil

Sebelum anda mulai merawat kura kura brazil, yang harus anda lakukan pertama kali yaitu. Memperiapkan tempatnya, akuarium haruslah ada modifikasi sedemikian rupa agar menyerupai habitat aslinya. Untuk akuarium sendiri anda bisa mebuatnya seperti di bawah ini.

  1. buatlah akuarium menjadi 2 bagian yaitu bagian dasanya berupa air dan bagian atasnya kering untuk tempat dia berjemur nantinya.
  2. Letakan juga tanaman air yang nantinya berfunsi sebagai filter air
  3. Letakan juga batu sungai di bagian dasar akuarium
  4. Dan jangan lupa berikan penutup pada akuarium agar kura kura tidak bisa kabur.
  • Pengaturan Suhu

Selain menyediakan akuarium anda harus mengatur suhu yang air yang ada di dalam akuarium. Untuk suhu air yang baik bagi kura kura brazil yaitu 25.5 sampai 26,5 derajat celcius. Selalu pastikan suhu akuarium berada di 24 sampai 28 derajat celcius.

  • Pemberian Cahaya

Selain suhu air kura-kura brazil juga membutuhkan sinar cahaya UVA dan UVB. Karena sinar UV tidak dapat menembus kaca. Maka dari itu anda bisa menggantinya dengan menggunakan lampu, setidaknya lampu memberi 5% sinar UV untuk kura-kura brazil.

Namun anda harus perhatikan juga, lampu tidak boleh menyala terlalu lama. Karena itu akan mengubah suhu yang ada di dalam akuarium menjadi panas. Dan lampu juga jangan terlalu dekat dengan kura-kura karena dapat mengakibatkan luka bakar bagi kura kura.

  • Memberi Makan Kura-Kura Brazil.

Dalam cara memelihara kura-kura brazil dalam akuarium yaitu memberi makannya. Kura-kura brazil merupakan hewan yang memiliki nafsu makan tinggi. Maka dari itu anda harus memberi makan nya 2x dalam sehari, namun dalam posri yang kecil.

Untuk makannya anda bisa berikan berupa pelet. Pelet merupakan makanan yang paling mudah di dapat dan paling sering di berikan orang kepada kura-kura. Selain pelet ada makanan lain yang bisa di berikan untuk makanan kura-kura, yaitu sebagai berikut :

  1. sayur-sayuran
  2. buah-buahan
  3. ikan
  4. daging ayam
  5. tulang sotong.

Dari makanan yang di atas yang paling di sukai kura-kura yaitu daging ayam mentah. Tetapi anda tidak boleh memberinya terlalu banyak dan keseringan. Karena tidak baik untuk kesehatan kura-kura brazil sendiri. Untuk memberikannya bisa 1x dalam seminggu dalam porsi kecil.

  • Memperhatikan gejala penyakit dan cara mengobatinya.

Dan hal trakhir mengenai cara memelihara kura-kura brazil dalam akuarium yaitu. Anda harus memperhatikan kesehatan kura-kura anda. Dan juga selalu melihat apakah ada gejala penyakit yang datang. Anda bisa melihanya dari tingkah laku kura-kura anda, dan dari fisiknya juga.

  1. Tingkah Laku Kura-Kura

Jika kura kura anda terkena penyakit maka anda bisa mengetahuinya dari tingkah laku kura-kura. Kura-kura yang terserang penyakit yaitu sebagai berikut.

  • Nafsu makan kurang
  • Bernafas tidak normal yakni dari mulut dan terkadang berbunyi. Penyakit ini biasannya di sebabkan karena 2 faktor yaitu pilek dan radang paru-paru.

      2. Mata Kura-kura brazil

Jika kura kura anda terserang penyakit anda juga bisa melihatnya dari matanya.

  • Matanya bengkak dan mengeluarkan nanah, hal ini di sebab kan karena virus flu yang menggagu.
  • Kelopak mata menempel jadi satu hal ini biasanya karena kura kura kurang asupan gizi

 

Untuk pencegahannya anda bisa menjaga kebersihan air yang ada diakuarium dengan cara menggantinny. Dan untuk matannya anda bisa menggunkan antibiotik berupa salap untuk mengobatin matannya.

      3. Tempurung Kura-kura brazil

Selain tingkah laku, mata, dan ada bisa melihanya dari tempurung kur-kura brazil yaitu sebagai berikut.

  • Dan jika ada binyik-bintik putih yang ada di tempurungnya atau di tubuhnya. Biasanya di sebabkan karena kekurangan vitamin A ataupun terkenak parasit.
  • Tempurung cacat bisa di sebabkan karena beberapa faktor yaitu. Kekurangan asupan gizi, kekurangnan cahaya matahari ataupun UV dan trakhir yaitu di sebabkan karena akuarium terlalu kecil. Yang mengakitabkan kura kura brazil susah untuk bergerak.

Langkah yang harus anda ambil dalam mengatsin masalahnya iya itu dengan cara memberi asupan gizi yang cukup. Dan kalsium sangat lah di butuhkan oleh kura-kura brazil. Dan untuk air yang ada di dalam akuarium jangan lah mengandung zat seperti kaporit.

      4.Pencernaan kura-kura brazil

Dan yang terakhir harus anda perhatikan gejala penyakit dalam cara memelihara kura-kura brazil dalam akuarium adalah pencernaannya. Jadi anda harus melihat juga pencerna kura-kura brazil apakah baik ataupun tidak dengan cara sebagai berikut.

  • Diare yang biasnya di akibatkan masalah nutris ataupun parasit usus.
  • Susah buang air besar yaitu bisa di sebabkan karena makanan kering dan masalah usus.
  • Dan yang trakhir yaitu terdapat darah di kotoran kura-kura brazil. Yang di sebabkan karena ada luka pada usus yang di akibatkan parasit yang ada di usus.

Untuk mengatasinya iya itu anda bisa menjaga pola pemberian makan pada kura-kura brazil. Dan jangan lah anda berikan satu jenis makanan saja, dalam waktu yang lama. Namun anda juga harus mengganti-ganti makanannya. Dan jangan lupa anda harus memberikan buah buahan agar nutrisi nya tetapi terpenuhi.

Sekian pembahasan yang saya buat mengenaik cara memelihara kura-kura brazil dalam akuarium. Semoga tips dari saya ini bermanfaat dan menambah ilmu bagi kalian pembaca ternak berkualitas.

Dan untuk kalian yang ingin mengetahu cara beternak yang menguntungkan dan cara merawat hewan kesayangan kalian. Kalian bis kunjungi link kami di bawah ini

 

Related Post

  • Jenis Jenis Repti Paling Unik 150x150

    Jenis Jenis Repti Paling Unik Yang Ada Di Dunia

    Ternak Bekualitas | Jenis Jenis Repti Paling Unik Yang Ada Di Dunia - Hai sobat ternak berkualitas, dimana pun kalian berada. Kita kembali lagi di artikel ternak berkualitas. Di mana ternak
  • 4 Ayam Terunik 150x150

    4 Ayam Terunik Dan Juga Langka Di Dunia

    Ternak Berkualitas | 4 Ayam Terunik Dan Juga Langka Di Dunia - Apa kabar semuanya para sobat ternak berkualitas sekalian. Pada hari yang cerah ini kita berjumpa kembali di artikel ternak berkualitas.
  • 5 Hewan Peliharaan 150x150

    5 Hewan Peliharaan Yang Mudah Dirawat Bagi Pemula

    Ternak Berkualitas | 5 Hewan Peliharaan Yang Mudah Dirawat Bagi Pemula - Hallo para sobat ternak berkualitas sekalian. Kita kembali bertemu di artikel artikel ternak berkualitas. Nah pada kesempatan
  • Jenis Hewan Purba 150x150

    Jenis Hewan Purba Yang Masih Hidup Di Dunia

    Ternak Berkualitas | Jenis Hewan Purba Yang Masih Hidup Di Dunia - Hai para sobat ternak berkualitas sekalian. Kita kembali berjumpa di artikel ternak berkualitas. Nah di pertemuan kita kali ini,
  • Cara Merawat Hamster 150x150

    Cara Merawat Hamster Di Rumah Dengan Baik Dan Benar

    Ternak Berkualitas | Cara Merawat Hamster Di Rumah Dengan Baik Dan Benar - Hai kalian semuannya para sabahat ternak berkualitas. Berjumpa lagi bersama saya di artikel ternak berkualitas ini. Di

Post a Comment

Your email is never published nor shared. Required fields are marked *
You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

  • Pos-pos Terbaru