Cara Menjinakan Burung Hantu Untuk Para Pemula

Ternak Berkualitas | Cara Menjinakan Burung Hantu Untuk Para Pemula – Hallo sobat ternak berkualitas sekalian. Berjumpa lagi di artikel saya ternak berkualitas, di mana ternak berkualitas. Selalu memberikan informasi informasi seputara hewan hewan berkualitas yang ada di seluruh dunia. Nah di kesempatan kalian ini saya akan menjelaskan kepada kalian tentang cara menjinakan burung hantu untuk para pemula.

Cara Menjinakan Burung Hantu Untuk Para Pemula

Cara Menjinakan Burung Hantu Untuk Para Pemula

Jika kalian mendengan kata menjinakan burung, maka kalian akan terpikir yaitu cara menjinakan burung elang ataupun burung lainnya. Pasti kalian tidak terpikir untuk menjinakan burung hantu bukan. Nah jika kalian menjinakan burung elang ataupun burung lainnya tentulah terdengar seperti biasa biasa saja. Namun jika menjinakan burung hantu tentulah kalian pasti bertanya tanya. Bagimana cara menjinakan burung yang satu ini…? Karena burung hantu sangat lah berbeda dari burung lainnya, kenapa di bilang demikian. Seperti yang kita ketahui burung hantu ini beraktivitas hanya di malam hari saja. Berbeda sekali dengan burung lainya yang biasanya beraktivitas di siang hari saja.

Nah hal ini lah yang membuat para pecinta burung menjadi tertarik untuk menjinakan burung yang satu ini. Dan sekarang juga sudah banyak sekali orang yang menjinakan burung hantu, dan membuat satu kelompok burung hantu. Yang sering mengikuti kontes kontes pameran layaknya burung burung yang biasa di pelihara banyak orang. Dalam menjinakan burung hantu ini. Ada beberapa tahapan yang harus kalian lakukan, yaitu kalian bisa melihat dan membacanya di bawah ini ya sobat ternak berkualitas.

  • Alat Untuk Menjinakan Burung hantu

Sebelum anda menjinakan burung hantu. Anda haruslah terlebih dahulu menyediakan alat alat yang di perlukan untuk menjinakan burung hantu ini. Untuk alat alat yang harus kalian sediakan yaitu adalah sebagai berikut :

  1.  Sarung tangan burung hantu ( Glove )
  2. Tingkringan ( Perch )
  3. Alat siulan
  4. Rantai atau tali pengikat kaki burung hantu
  5. Semprotan untuk burung hantu
  6. Makanan pavorit burung hantu

Alat alat ini harus kalian sediakan terlebih dahulu sebelum kalian menjinakan burung hantu ini. Agar nantinya kalian dapat lebih mudah dalam proses penjinakannya.

  • Mengatasi Burung Hantu Yang masih Batting

Yang di maksud dengan batting yaitu adalah ketika burung hantu di dekati manusia. Maka burung hantu tersebut akan menjauhi manusia seperti melompat, ataupun terbang menjauhi manusia. Nah hal ini adalah hal yang wajar atau sering di lakukan burung hantu pada saat pertama kali ingin di jinakan. Untuk mengatasi nya kalian bisa lakukan karantina, atau menyedirikan burung hantu ini. Kalian bisa memasukan nya di dalam box  atau kardus, yang sudah di berikan lubang udara dan juga makanan dan minuman di dalamnya. Hal ini bertujuan agar burung hantu tidak takut lagi dengan manusia. Setelah melakukan karantina pada burung hantu, selanjutnya lakukanlah pembiasaan terhadap burung hantu agar burung hantu bisa lebih terbiasa dengan manusia. Anda bisa mengularkan burung hantu tersebut dari dalm kardus atau box yang di gunakan untuk karantina burung hantu tadi. Pembiasaan ini di lakukan agar burung hantu dapat jinak dalam waktu singkat.

  • Meletakan Burung Hantu Di Tingkringan 

Bagi burung hantu yang sudah jinak atau terbiasa dengan manusia, kalian haruslah meletakannya di tingkringan. Janganlah kalian letakan di dalam sangkar lagi, Karena jika kalian letakan kembali di dalam sangkar maka burung hantu bisa berubah menjadi liar dan galak lagi. Jadi sebaiknya kalian letakan dia di tingkringan saja, agar kalian juga mudah berinteraksi dengna burung hantu kalian. Lakukanlah penjinakan seperti mengelus elus kepala dari burung hantu ini, memberu makan. minum dan juga memandikan burung hantu ini.

Untuk menghilangkan sifat liar dan galak dari burung hantu ini, kalian lakukan dengan cara memandikan burung hantu setiap pagi. Hal ini di lakukan agar proses penjinakan juga bisa berjalan dengan cepat. Karena pada umunya untuk mengilangkan sifat liar dari hewan peliharaan kita, yaitu adalah dengan cara memandikannya. Dan untuk memandikan burung hantu ini, sebaiknya kalian jangan terlalu membuatnya basah kutub, setidaknya kalian mandikan sewajarnya saja.

  • Melakukan Pendekatan Di Malam Hari

Nah seperti yang kita ketahui selama ini. Bahwasannya burung hantu merupakan salah satu hewan yang aktif di malam hari. Oleh karen itu sebaiknya untuk melakukan pendekatan dalam proses penjinakan burung hantu ini, kalian lakukan di malam hari ya. Karena hal ini merupakan salah satu hal yang paling umun di lakukan untuk mempercepat proses penjinakan burung hantu. Proses pendekatan ini bisa kalian lakukan dengan cara yaitu membiarkan burung hantu bertengger di tangan kalian. Namun kalian harus ingat, untuk melakukan ini kalian harus menggunkan GLOVE ( sarung tangan burung hantu ) Hal ini di lakukan agar burung hantu berdiri tegak dan nyaman di tangan anda. Selain itu GLOVE juga berguna untuk melindungi tangan anda dari cengkraman burung hantu yang kuat dan tajam. Ini bisa kalian lakukan selama 1 jam setiap harinya. Dan jangan lupa untuk memberikan nama panggilan untuk si burung hantu.

  • Memberi Makanan Segar Untuk Burung Hantu

Dalam proses penjinakan burung hantu ini, kalian jangan pernah telat untuk memberikan makanan segar setiap harinya untuk burung hantu ini. Yang di maksud dengan makan segar yaitu adalah makanan yang masih hidup. Bisa berupa ikan anakan ikan lele, dan tikus putih. Nah sebaiknya kalian jangan memberikan daging hewan yang sudah di potong, seperti daging ayam ataupun sapi. Karena hal ini dapat mengganggu kesehatan burung hantu kalian, dan akan memperlambat proses penjinakannya juga. Agar proses penjinakan lebih cepat lagi, kalian bisa lakukan pemberian makan menggunkan tangan kalian sendiri. Biarkan burung hantu berdiri tegak di tangan anda yang sudah di lapisi glove. Setelah itu berikan makannya menggunakan tangan anda sendiri. Sembari memberikan makannya, kalian juga bisa memang namanya dan mengelus elus kepalanya agar di tanda dengan suara kalian dan lebih akrab dengan kalian.

  • Melatih Burung Hantu 

Agar burung hantu lebih cepat akrab dengan kalian sebagai pemilikinya. Kalian bisa melatih burung hantu ini. Untuk melati burung hantu ini sangatlah mudah di lakukan, yaitu kalian bisa lakukan dengan cara. Melatihnya di tempat yang tinggi, carannya yaitu kalian tinggal meletakannya di tingkringan dan kalian sedikit menjauh dari burung hantu kalian. Setelah itu panggil namannya dan tunjukan di harapanya makan favoritnya. Dan juga kalian harus menggunkan glove agar nantinya pada saat burung hantu terbang dan menghampiri anda, tangan anda tidak terluka.

Jika semua persiapan sudah di lakukan, barulah kalin bisa mulai melatihnya. Langsung saja kalian lakukan dengna memanggil namanya, dan dengan seketika, burung hantu yang kalian pelihara akan mendekati kalian han menghampiri kalian. Jika burung hantu kalian berhasil mendarat dengan sempurna di tangan kaliaa, jangan lupa memberikannya hadiah. Hadiah yang di maksud yaitu makanan favorit nya. Jadi setiap latihan ini di lakukan kalian harus memberikan hadiah kecil untuknya, agar burung hantu semakin mengerti dan memperdekat hubungan antara burung hantu dengan pemilikinya.

Selain itu Untuk melatih burung hantu ini, masih ada cara pelatihan yang lainnya yaitu menggunkan peluit atau siulan. Burung hantu sebenarnya lebih mudah berinteraksi jika anda melatihnya dengna siulan atau peluit untuk burung, dari ada dengan menenyebut namannya. Karena kebanyak burung akan membutuh kan waktu yang lama jika di latih dengan cara memanggil namanya. Tetapi jika anda mennggunkan siulan atau peluit burung, maka burung hantu akan lebih cepat merespon interaksi pekuit dan siulan anda.

  • Menjauhkan dari Hewan Atau Burung Lainnya

Dan trakhir dari Cara Menjinakan Burung Hantu Untuk Para Pemula yaitu anda haruslah menjauhkan burung atau hewan lainnya. Karena jika burung hantu di dekatkan dengan burung atau hewan lainya maka akan terjadi perselisihan. Karena burung hantu ini sangatlah sensitif sekali, burung hantu tidak dapat didekati dengan hewan lainnya. Karena nantinya akan terjadi perkelahian, yang mengakibatkan kan burung hantu anda akan menjadi liar dan galak lagi.

Baiklah sekian pembahasan saya mengenai cara menjikan burung hantu untuk para pemula. Nah bagi kalian yang ingin mengetahui tentang cara menjikan atau merawat hewan lainya. Kalian bisa membacarnya di bawah ini. Kalian tingggal klik link yang sudah kami sedikan di bawah ini, dan di saan kalian bisa membacanya karena di sana sudah banyak tersedia tentang hewan hewan lainya. Dan jangan lupa untuk selalu mengikuti ternak berualiatas. Yang akan selalu update setiap harinnya ya sobat ternak berkualitas.

BACA JUGA

  • Panduan Beternak Yang Menguntungkan 
  • Belajar Beternak

Related Post

Post a Comment

Your email is never published nor shared. Required fields are marked *
You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

  • Pos-pos Terbaru