Cara Mudah Beternak Merpati Kipas Dengan Benar

Ternak Berkualitas – Hai sobat berkualitas, kembali bersama saya. Kali ini saya akan membagiakan 1 Tips yaitu Cara Mudah Beternak Merpati Kipas Dengan Benar. Tentu saja kalian sudah mengetahui dan pernah mendengan burung merpati yang satu ini. Burung ini sangat lah cantik di karenakan bentuk ekornya yang menyerupai seperti kipas. Burung merpati kipas sangat lah di minati oleh banyak orang.

Cara Mudah Beternak Merpati Kipas Dengan Benar

Burung Merpati kipas ini yaitu salah satu burung hias yang sangat di gemari banyak orang. Tak hanya kecantikan bulunya tetapi hal yang paling utama dari burung merpati kipas ini yaitu ekornya. Merpati kipas memiliki ekor yang kembang dan menyerupai layaknya sebuah kipas. Burung ini menjadi salah satu burung hias yang sangat anggun dan menawan. Tak jarang orang menjadikannya hewan peliharaan di rumah, bahkan juga banyak orang yang mengembang biakan burung merpati kipas ini.

Apakah kalian tertarik untuk beternak burung merpati kipas ini.? Jika kalian tertarik dan ingin beternaknya silahkan simak artikel saya di bawah ini. Di sini saya akan membagikan 1 tips Cara Mudah Beternak Merpati Kipas Dengan Benar.

  • Pemilihan Kandang

Langkah pertama yang harus anda lakukan dalam cara mudah beternak merpati kipas dengan benar yaitu pemilihan sistem kandang. Ada beberapa kandang dalam beternak merpati kipas, yaitu. Kandang Baterai, Kandang Koloni, Kandang Umbaran, dari kandang kandang tersebut. Ada kelebihan dan kekurangan masing masing kandang. Silahkan simak di bawah ini.

  1. Kandang Baterai

Kandang batrai ini yaitu kandang khusus untuk sepasang merpati kipas, yang memiliki ukuran 90cm x lebar 50cm x tinggi 50 cm juga. Kelebihan dari kandang batrai ini yaitu menghemat tempat, sebab kandang ini bisa di susun. Itu dapat mempermudah anda untuk mengontrol merpati yang sedang sakit, dan juga menghindari perkelahin antara pasangan lainnya.

2. Kandang Koloni

Dalam cara mudah beternak merpati kipas dengan benar. Anda akan di kenalkan dengan yang namanya kandang koloni, kandang koloni ini yaitu kandang yang besar dan dapat menampung semua merpati kipas anda dalam satu kandang. Kelebihan dari kandang ini yaitu lebih menghemat waktu dan kandang ini sangat efesien dalam beternak merpati kipas, dan juga tidak terlalu menguras tenaga dalam perawatannya.

3. Kandang Umbaran

Dan terakhir yaitu kandang umbaran. Kandang umbaran yaitu dengan cara melepaskan merpati pada alam terbuka. Kelebihan dari kandang ini yaitu dapat menghemat pakan dan tenaga anda dalam perawatannya.

  • Makakan Merpati Kipas.

Setelah kandang selanjutnya yaitu memberi pakan pada merpati kipas anda. Pakan burung merpati kipas sebenarnya sangatlah mudah, yaitu hanyalah jagung saja. Tetapi dalam cara mudah beternak merpati kipas dengan benar yaitu anda juga harus memberi asupan nutrisi yang baik bagi burung merpati kipas anda. Berikut pakan yang sangat baik bagi burung merpati kipas, yang dapat anda berikan.

  1. Beras Merah
  2. Milet Putih
  3. Voer, BR, Konsentrat berbentuk biji
  4. Jagung Pecah.

Untuk pemberiannya yaitu anda bisa memberikan dengan perbandingan 1:1 sesuai dengan usia burung, agar nutrisinya terpenuhi.

  • Asupan Pakan Penunjang

Cara mudah beternak merpati kipas dengan benar, selain memberi pakan yang di atas. Aanda juga harus memberikan asupan pakan penunjang nutrisi Dan vitamin lainnya yaitu seperti buah dan sayuran di bawah ini.

  1. Wortel yang sudah di haluskan terlebih dahulu.
  2. Kangkung
  3. selada
  4. bayam
  5. pepaya
  6. kecambah.

Dan setelah itu anda juga harus menyediakan batu krikil yang paling kecil untuk mempermudah penghancuran makanan yang masih kasar di perut burung.

  • Menyediakan Tempat Makan Dan Minum Yang Tepat

Selanjutnya anda juga harus menyediakan tempat makan dan minum bagi burung merpati kipas. Tempat makan yang paling tepat di berikan yaitu wadah anti tumpah, agar makanan yang di berikan tidak tumpah bertaburan di bawah kandang. Sedangkan untuk tempat munum anda bisa mengguanakan tempat minum untuk ayam. Dan juga anda harus selalu mengganti arinya setiap harinya agar air selalu bersih dan tidak terkontaminasi dengan bakteri dan kuman.

  • Pemberian Pakan Dan Minum

Unruk pemerian pakan burung merpati kipas yaitu, sebanyak 2x dalam sehari. Dan juga selalu menganti dan menjaga kebersihan air minumnya agar burung merpati kipas selalu sehat dan tidak terserang penyakit.

  • Menyedian Tempat Untuk Bertelur Dan Mengeraminya.

Dalam cara mudah beternak merpati kipas dengan benar, anda juga harus menyediakan tempat untuk berterlur dan mengeraminya. Sama dengan beternak burung lainnya, kamu juga harus menyediakan tempat untuk dia bertelur dan mengerami terlurnya. Buatlah tempat tersebut senyaman mungkin dan pastikan tempat tersebut tidak dapat menubah posisinya lagi. Agar pada saat proses bertelur dan pengeraman berlangsung secara maksimal. Dan juga jangan lupa menyediakan jerami dan dedaunan kering untuk nanti nya indukan membuat sarangnya.

  • Masa Bertelur.

Sebelum masa bertelur ini di mulai biasannya indukan merpati kipas akan mencari jerami dan dedaunan kering untuk membuat sarangnya. Setelah menyelesaikan sarangnya, dan di situlah akan di mulainya proses kawanin. Setelah proses kawanin selesai dalam beberapa hari kemudian biasanya idukan betina akan berterlur. Indukan betina merpati kipas biasannya bisa menghasilkan 2 sampai 3 butir telur, setelah terlur sudah tidak ada lagi maka pada saat itu idukan betina mulai mengerami telurnya.

Untuk masa pengeraman terlurnya di butuhkan waktu sekitar 15 sampai 18 hari, dan pada masa pengeraman berlangsung. Sebaiknya anda membuat tempat makan yang dekat dengan kandang mengeramnya agar burung merpati kipas dapat dengan mudah makan dan kembali fokus untuk mengerami terlur telurnya.

  • Menyediakan Spet

Selain itu anda juga harus menyuediakan spet, spet yaitu merupakan alat suntuk yang di sediakan di dalam kandang. Spet berfungsi intuk membantu meloloh dan juga menambah makanan pada anakan burung merpati kipas yang baru menetas. Selain itu spet juga berfungsi untuk membantu merpati kipas yang sedang sakit dan tidak nafsu makan.

  • Merawat Anakan Burung Merpati Kipas.

Cara mudah beternak merpati kipas dengan benar, dan langkah berikutnya iya itu merawat anakan burung merpati kipas. Setelah menetas anakan langsung di berikan makanan oleh induknya, oleh karena itu anda harus menyediakan suplemen makanan tambahan yang sangat di butuhkan oleh indukan. Masa ini berlangsung selama lebih kurang satu minggu, yang harus anda berikan yaitu sebagai berikut:

  1. Beras sebanyak 2%
  2. Gandum sebanyak 34%
  3. milet sebanyak 9%
  4. Kacang tanak sebanyak 5%
  5. Jagung sebanyak 50%
  6. Birdvit dan juga Bird mineral.

Dan yang harus anda lakukan yaitu menghaluskan semua makanan yang di atas hingga menjadi bubur lalu berikan sebanyak 3 sampai 4 kali dalam 1 hari, sampai anakan berusia kurang lebih 1 bulan. Setelah itu jika anakan sudah bisa makan sendiri anda cukup memberinya 2x dalam sehari saja dan kurangi kadar air dari makanan itu, dan sampai anakan bisa memakan makanan kering.

  • Mempercepat Proses Prosuksi Indukan

Untuk mempercepat proses produksi indukan, kalian bisa melakukan nya dengan cara merawat anakan merpati kipas. Untuk merawat anakan merpati kipas anda harus menunggu anakan sampai berusia 15 hari atau lebih. Perawatan anak ini kalian lakukan berfungsi agar indukan kembali kawin dan bertelur lagi. Rawatlah anakan sampai berusia 1 bulan atau lebih.

  • Kandang Isolasi

Kandang isolasi kalian siapkan dalam cara mudah beternak merpati kipas dengan benar. Kandang isolasi berfungsi untuk memisahkan burung yang sakit, agar burung yang sehat tidak tertular penyakit nya. Kandang isolasi juga haruslah di buat jauh dari kandang utama, dan harus di tutup dengan kain ataupun plastik agar burung tetap hangat.

Selanjutnya anda juga harus memberikan obat kepada burung yang terserang penyakit agar cepat sembuh seperti sedia kala. Selain obat anda juga harus memberikan penghangat berupah lampu yang 10 sampai 15 watt di dakam kandangnya agar burung merpati kipas tetap terjaga kehangatannya.

  • Menjaga  Kebersihan Kandang.

Agar burung merpati kipas anda tetapi sehat dan tidak terserang penyakit kalian harus menjaga kebersihan kandangnya. Untuk menjaga agar kandang selalu bersih dan tidak terserang penyakit kalian bisa lakukan dengan cara sebagai berikut :

  1. Untuk menjaga kandang agar tidak terjangkau penyakit anda harus rutin membersihkan kangdangnya 1 atau 2x dalam 1 minggu. Bersihakan kotoran, sisa pakan, dan juga bulu yang copot di dalam kandang.
  2. Semprot kandang burung merpati kipas dengan menggunakan desinfektan setiap 1minggu sekali agar kandang terbebas dari penyakit dan kuman
  3. Usahakan kandang anda terkena matahari secara langsung pad pagi hari.
  4. Tambahkan lampu pada kandang burung pada malam hari agar burung tetapi bisa beraktivitas, seperti minum, makan, dan kawin.
  • Pemberian Vitamin

Cara mudah beternak merpati kipas dengan benar, sebenarnya burung merpati kipas termasuk burung yang memiliki daya tahan tubuh yang kuat. Tetapi akan lebih baik jika anda memberikan asupan nutrisi menambahkan vitamin berupa minyak ikan. Minyak ikan sangat lah bermanfaat yaitu sebagai berikut :

  1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh merpati kipas
  2. Meningkatkan pertumbuhan anakan merpati kipas
  3. Menajamkan warna bulu merpati kipas
  4. Meningkatkan hasil produksi pada indukan merpati kipas
  5. Mempercepat proses pemulihan burung merpati kipas yang sedang sakit
  6. Menjaga stamina agar merpati kipas tetapi fit.
  • Pencegahan Penyakit

Dan trakhir dalam cara mudah beternak merpati kipas dengan benar yaitu mencegah penyakit. Ada beberapa penyakit yang sering menyerang merpati kipas, yaitu seperti cacingan, berak ijo, kutil, dan tetelo. Berikut penyakit yang sering menyerang dan cara mengatasinya.

  1. Cacingan : Cacingan ini adalah salah satu penyakit yang menyerang pencernaan dan menggangu penyerapan nutrisi dan menjadikan burung menjadi                         kurus. Cara pencegahannya yaitu, berikan obat caring secara rutin 2 bulan sekali.
  2. Berak ijo : Penyakit ini biasnya di sebabkan oleh bakteri yang menggangu dan menyerang pencernaan burung. Biasa nya burung akan buang air besar                        berwarna hijau pekat, encer dan ada bercak putih juga. Cara pencegahannya anda harus selalu rutin menyemprot kandang dengan                                      desinfektan, dan selalu menjaga kebersihan kandang.
  3. Kutil         : Penyakit ini biasanya menyerang pada kulit merpati kipas. Sebenarnya ini tidak lah berbahaya, tetapi akan menggangu penampilan dari                             burung merpati kipas, penyakit ini biasanya di akibatkan karena jamur. Cara pencegahanya yaitu anda juga harus menyemprot                                             kandangnya dan juga sering menjemur kandang dan burungnya juga agar. Dan kandang tidak boleh lembab.
  4. Tetelo      : Dan yang trakhir yaitu tetelo penyakit yang satu ini tidak hanya menyerang merpati kipas. Melainkan penyakit ini juga menyerang semua                          unggas. Umunya unggas akan menjadi lesu dan kepala miring, dan bahkan tidak bisa menahan kepalannya yang mengakibatkannya seperti                      teleng. Untuk pencegahannya anda bisa langsung ke dokter hewan terdekat, dan di berikan vaksin BD sebanyak 2 bulan sekali.

Baiklah sekian tips dari saya mengenaik cara mudah beternak merpati kipas dengan benar. Bagi kalian yang ingin mencobanya silahkan di coba ya.
semoga artikel saya ini dapat nemabah ilmu pengetahuan kalian tentang beternak burung hias yang satu ini.

Dan bagi kalian yang ingin mengetahui informasi ter UPDATE tentang ternak berkualitas dan cara merawat maupun memelihara ternak yang berkualitas kalain bisa kunjungi link kami di bawah ini.

Related Post

  • 4 Ayam Terunik 150x150

    4 Ayam Terunik Dan Juga Langka Di Dunia

    Ternak Berkualitas | 4 Ayam Terunik Dan Juga Langka Di Dunia - Apa kabar semuanya para sobat ternak berkualitas sekalian. Pada hari yang cerah ini kita berjumpa kembali di artikel ternak berkualitas.
  • 11 Langkah Sukses Beternak 150x150

    11 Langkah Sukses Beternak Burung Mozambik

    Ternak Berkualitas | 11 Langkah Sukses Beternak Burung Mozambik - Hallo sobat ternak berukualitas sekalian. Kita kembali bertemu lagi. Nah di kesempatan yang kali ini saya akan membahas tentang cara
  • Beternak Ayam Joper 150x150

    Beternak Ayam Joper Yang Menguntungkan 3 Bulan Panen

    Ternak Berkualitas | Beternak Ayam Joper Yang Menguntungkan 3 Bulan Panen - Hai, sobat ternak berkualitas sekalian. Kita bertemu lagi di artikel ternak berkualitas. Yang selalu memberikan informasi -
  • Cara Mudah Memilih Ayam 150x150

    Cara Mudah Memilih Ayam Cemani Asli Berdasarkan Ciri-Cirinya

    Ternak Berkualitas | Cara Mudah Memilih Ayam Cemani Asli Berdasarkan Ciri-Cirinya - Hallo sobat ternak berkualitas sekalian. Kita bertemu kembali di artikel ternak berkualitas. Dimana ternak
  • 6 Hewan Endemik Indonesia 150x150

    6 Hewan Endemik Indonesia Yang Jarang Di Ketahui

    Ternak Berkualitas | 6 Hewan Endemik Indonesia Yang Jarang Di Ketahui - Hai para sobat ternak berkualitas sekalian. Jumpa kembali di artikel saya yaitu ternak berkualitas. Di mana dalam artikel ini

Post a Comment

Your email is never published nor shared. Required fields are marked *
You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

  • Pos-pos Terbaru