Cara Mudah Budidaya Jangkrik Yang Sangat Menguntungkan

Ternak Berkualitas – Sobat ternak berkualitas. Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan 1 Cara Mudah Budidaya Jangkrik Yang Sangat Menguntungkan. Sobat ternak berkualitas tentulah sudah tahu dengan jangkrik bukan.? Jangkrik merupakan salah satu serangga yang sering di jadikan pakan burung, ikan, dan reptil peliharaan kita bukan. Setiap harinya permintaan jangkrik semakin meningkat loh. Karena para pecinta burung, ikan, reptil setiap harinya semakin meingkat, maka dari itu permintaan jangkrik juga ikut meningkat.

Cara Mudah Budidaya Jangkrik Yang Sangat Menguntungkan

Cara Mudah Budidaya Jangkrik Yang Sangat Menguntungkan

Dikarenakan penghobi burung, ikan, reptil semakin banyak, maka dari itu permintaan terhadap jangkrik semakin meningkat pula setiap harinya. Sebagai makakan para hewan peliharaan yang di miliki oleh masyarakat. Oleh karena itu kalau kita niat saja kita bisa mengambil kesempatan yang bagus ini yaitu dengan cara membudidayakan jangkrik di rumah. Budidaya jangkrik ini sangat lah menjanjikan karena kita dapat menghasilkan uang satusan sampai jutaan rupiah loh…….

Nah sebelum kita lanjut ke pembahasan kita, alangkah baiknya kita lebih mengenal jangkrik terlebih dahulu ya sobat ternak berkualitas. Jangkrik juga termasuk dalam keluarga GRYLLIDAE, menurut catatan yang ada, teredapat lebih dari 100 sepesies jangkrik yang hidup di daerah tropis loh. Nah untuk di indonesia sendiri sudah dikenal kurang lebih 100 spesies jangkrik. Nmaun belum semuannya tercatatkan dengan lengkap, jenis yang paling banyak di budidayakan yaitu jangkrik Gryllus mitratus dan Gryllus testaclus. Selain itu, masih terdapat jangkrik yang diternakan untuk tujuan lain, seperti hobi dan hewan aduan. Jangkrik merupakan hewan herbivora. Di alam bebas serangga ini memakan daun-daunan muda seperti rerumputan. Dalam lingkungan budidaya, bisa diberi pakan sayuran hijau yang banyak mengandung air seperti sawi, bayam, selada, mentimun dan daun pepaya.

Baiklah setelah kita mengenal jangkrik tersebut selanjutnya kita langsung saja ke topik yaitu Cara Mudah Budidaya Jangkrik Yang Sangat Menguntungkan. Dalam budidaya jangkrik ada beberapa langkah langkahnya yaitu sebagai berikut :

      1. Mempersiapkan kandang  Budidaya Jangkrik

Cara Mudah Budidaya Jangkrik Yang Sangat Menguntungkan

Langkah pertama dalam Cara Mudah Budidaya Jangkrik Yang Sangat Menguntungkan yaitu mempesiapkan kandang. Untuk kandang budidaya jangkrik itu sangatlah sederhana, dan membuatnya pun cukup mudah. Kandang untuk ternak jangkrik bisa dibuat dari berbagai bahan seperti kardus papan atau triplek.

Baiklah untuk lebih jelasnya saya akan menjelaskan cara membuat kandang budidaya jangkrik, yaitu sebagai berikut :

  • Kotak terbuat dari papan atau tripleks dengan tulang dari kayu kaso/kayu reng. Ukuran panjang 100 cm, lebar 60 cm dan tinggi 30-40 cm.
  • Gunakan lem pada setiap sambungan dan sudut peti. Gunanya agar jangkrik yang baru menetas tidak keluar lewat celah sambungan. Ukuran jangkrik baru menetas sangat kecil.
  • Permukaan bagian atas harus bisa dibuka tutup dengan menggunakan engsel.
  • Pada sisi muka dan belakang diberi lubang ventilasi. Ukuran lubang ventilasi 50 x 7 cm, posisi lubang sekitar 10 cm dari atas (lihat gambar). Ventilasi ditutup dengan kasa kawat ukuran halus agar jangkrik kecil tidak bisa kabur.
  • Pada sisi pinggir diberi celah atau cantelan untuk pegangan. Gunanya untuk memudahkan mengangkat atau menggeser peti.
  • Pada sekeliling sisi bagian dalam, kira-kira 10 cm dari atas, berikan isolasi plastik. Gunanya agar jangkrik tidak merayap ke atas.
  • Pasang kaki-kaki pada keempat sudut peti, kira-kira tingginya 10 cm. Keempat kaki-kaki tersebut nantinya diletakan pada mangkung yang diisi air atau cairan lain. Gunanya untuk mencegah hama seperti semut masuk ke dalam kandang.

Setelah kandang sudah di buat selnjutnya letakan kandang di tempat yang gelap, usahakan tidak terkena matahari langsung. Selain itu agar anda sukses dalam beternak jangkrik anda juga harus lah menempatkan kandang di ruangan yang ternag. Sebaiknya pilih ruangan yang memiliki angin cukup, gelap, jauh dari hiruk pikuk dan lalu lalang pergerakan manusia.

      2. Mempersiapkan Indukan Yang Berkualitas

Cara Mudah Budidaya Jangkrik Yang Sangat Menguntungkan, selain mempersiapkan kandang kalian juga harus mempersiapkan indukan jangkrik juga. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal pililah indukan yang berkualitas pula, agar nantinya anda mendapatkan hasil yang maksimal. Untuk indukan jangkrik yang bisa anda budidayakan yaitu jenis jangkrik G. miratus dan G. testaclus. Kenapa harus indukan jenis yang ini.? kan masih banyak jenis lainya.

Nah karena jenis jangkrik G. miratus dan G. testaclus. Sangat mudah di pelihara dan juga berkualitas bagus selain itu pertumbuhannya juga tidak lambat sepeti jenis jangkrik lainya. Berikut adalah ciri-ciri indukan jangkrik yang berkualitas :

  • Sungut atau antena masih panjang, seluruh anggota badan masih lengkap, bisa melompat jauh dan gesit, badan berwarna mengkilap.
  • Jangan pilih jangkrik yang bila dipegang mengeluarkan cairan baik dari mulut maupun duburnya.
  • Induk jantan mengeluarkan derikan yang keras. Permukaan sayap atau punggungnya bergelombang dan kasar.
  • Induk betina ada ovipositor pada bagian ekornya, ekornya ada tiga bagian tengah merupakan ovipositor. Ukurannya besar.

Untuk membedakan mana indukan yang jantan dan indukan betina yaitu sangat mudah, anda bisa melihatnya dari baguan ekor si jangkrik. Untuk jangkrik jantan hanya terdapat 2 helai pada ekornya, sedang kan betinanya terdapat 3 helai pada bagian ekornya.

      3. Mengecek Kondisi Kandang Budidaya Jangkrik

Dalam Cara Mudah Budidaya Jangkrik Yang Sangat Menguntungkan, yang paling penting dalam beternak jangkrik yaitu harus lah memastikan kondisi kandangnya. Kita harus lah mengecek kondisi kelembapan pada kandang dan juga mengecek tidak ada bilantang pengganggu seperti semut, cicak dan lainnya. Kondisi kandang haruslah tetap lembab terlebih lagi pada saat musim kemarau. Untuk menjada kondisi kandang agar tetapi lembab kalian bisa lakukan dengan cara menyemprot kandang. Dan untuk cera mudahnya kalaina bisa menggunakan goni basah untuk memutupi kandang agar tetapi lembab.

      4. Proses Pengawinan

Cara Mudah Budidaya Jangkrik Yang Sangat Menguntungkan

Setelah itu saat nya memaasuki proses pemawinan. Sebaiknya anda menyediakan kandang yang berbeda untuk proses perkawinan, dan sebaiknya jangan di satukan dengan kandang anakan dan pembesaran. Sebaiknya anda membuat kandang yang menyerupai habitat aslinya, anda bisa lakukan dengan cara. Menempelkan tanah liat di dindingnya, semen putih, Dan juga anda letak dedaunan kering di dadalam kandangnya seperti daun jati, daun pisang, atau serat kayu.

Untuk pengawinan haruslah dari sepesies jangkrik yang sama dan perkawinan anda harus memasukan indukan betina  dan jantan dengan perbandiangan 10:2. Selama masa perkawinan jangkrik harus mendapatkan asupan pakan yang cukup. Contoh pakannya kubis, sawi, kangkung, bayam, daun pepaya dan jenis sayuran hijau lainnya. Buang pakan yang tersisa setiap hari, jangan sampai pakan membusuk di dalam kandang. Beberapa peternak ada yang memberikan ramuan khusus bagi jangkrik yang sedang dikawinkan. Misalnya, bekatul, tepung ikan, kuning telur bebek yang telah direbus dan dihaluskan, dan beberapa vitamin. Katanya agar telur yang dihasilkan bisa banyak dan berkualitas.

      5. Masa Penetasan Telur

Cara Mudah Budidaya Jangkrik Yang Sangat Menguntungkan

Setelah melakukan perkawinan selama 5 hari indukan betina anda bertelur, setelah indukan betina bertelur sebaiknya anda harus langsung memisahkan indukannya. Ini mengantisipasi agar telur telur tadi tidak di makan oleh indukan jangkrik.  Selanjutnya pindahakan telur ke dalam kandang penetasan telur, sekaligus tempat pemberasan anakan. Biasannya telur akan berubah warna yang awalnya bening menjdai keruh. Dan setelah itu telur akan menetas paling lambat 4 sampai 6 hari. Setelah telur menetas kandannya haruslah tetap lemba ya tidak boleh kering sedikitpun.

      6. Pemberian Pakan Dan Perawatan Kandang

Cara Mudah Budidaya Jangkrik Yang Sangat Menguntungkan

Cara Mudah Budidaya Jangkrik Yang Sangat Menguntungkan, setelah telur menetas, langkah selanjutnya adalah memberikan pakan. Jangkrik yang baru menetas, berumur 1-10 hari diberikan pakan ayam (voor), yang terbuat dari kacang kedelai, beras merah, dan jagung kering yang dihaluskan. Setelah anakan jangkrik berusia 10 hari keatas barulah anda bisa memberinya pakan seperti sayur sayuran.

Selain pemberian pakan dan perawatan anakan selanjutnya anda juga harus menrawat kandang juga. Untuk perawatan kandang cukup mudah loh…. Kalian hanya perlu menjaga kebersiahannya dan selalu membuang sisa makanan yang ada di dalam kandang jangan sampai makanan membusuk. Selain itu kalain selalu menjaga kelembapan kandang, dan juga harus selalu menjaga dan mengisi ulang persediana ait yang ada di bawah kaki kangang. Itu bisa di isi dengn air, minyak tanah, dan cariran lainnya. Itu berfungsi agar tidak ada binatang atau hama yg masuk kedalam kandang.

      7. Pemanenan

Cara Mudah Budidaya Jangkrik Yang Sangat Menguntungkan

Dan yang trakhir dari Cara Mudah Budidaya Jangkrik Yang Sangat Menguntungkan, yaitu mas pemanenan. Hal ini sangat di tunggu tunggu oleh para peternak jangkrik, untuk pemanenan kita tidak perlu menunggu lama, sebab jangkrik sudah dapat di panen pada saat berusia 3 minggi atau 1 bulan. Sangat singkat bukan masa pemanenannya, selain itu pemanenan jangkrik juga ada 2 bagian, yaitu pemaenan telur atau pemanenan jangkrik itu sendiri tergantung dari kalian mau pilih yang mana. Pada umumnya penjualan telur jangkrik akan lebih mahal dari pada penjuaan jangkrik yang sudah siap edar atau dewasa.

Untuk penjualannya bisa kalian bawa ke toko burung untuk jangkrik yang sudah dewasa. Sedangkan untuk penjualan telur jangkrik bisa kalian jual  kepada peternak jangkrik lainnya.

 

Nah sekian pembahasan yang saya buat mengenai Cara Mudah Budidaya Jangkrik Yang Sangat Menguntungkan, bagi kalain yang ingin memulainya silahkan ya sobat ternak berkualitas. Next selalu ikuti terus ternak berkualitas yang akan update setiap harinya.
Dan bagi kalian yang ingin mengetahui ternak hewan lainnya kalai bisa langsung klik link kami di bawah ini ya sobat.

Related Post

  • 11 Langkah Sukses Beternak 150x150

    11 Langkah Sukses Beternak Burung Mozambik

    Ternak Berkualitas | 11 Langkah Sukses Beternak Burung Mozambik - Hallo sobat ternak berukualitas sekalian. Kita kembali bertemu lagi. Nah di kesempatan yang kali ini saya akan membahas tentang cara
  • Beternak Ayam Joper 150x150

    Beternak Ayam Joper Yang Menguntungkan 3 Bulan Panen

    Ternak Berkualitas | Beternak Ayam Joper Yang Menguntungkan 3 Bulan Panen - Hai, sobat ternak berkualitas sekalian. Kita bertemu lagi di artikel ternak berkualitas. Yang selalu memberikan informasi -
  • Tips Budidaya Burung Parkit 150x150

    Tips Budidaya Burung Parkit Yang Sangat Menjanjikan

    Ternak Berkualitas | Tips Budidaya Burung Parkit Yang Sangat Menjanjikan - Hallo para sobat ternak berkualitas sekalian. Berjumpa lagi bersama kami ternak berkualitas pada hari yang cerah ini.
  • Langkah – Langkah Budidaya Cacing Sutra 150x150

    Langkah – Langkah Budidaya Cacing Sutra Di Rumah

    Ternak Berkualitas | Langkah - Langkah Budidaya Cacing Sutra Di Rumah - Hallo Sobat sekalian. Berjumlagi di artikel saya ternak berkualitas. Sobat berkualitas apakah sudah tahu dengan yang namanya
  • Langkah Beternak domba Yang 150x150

    Langkah Beternak domba Yang Benar Untuk Pemula

    Ternak berkualitas | Langkah Beternak domba Yang Benar Untuk Pemula - Hallo sobat ternak berkualitas sekalian. Kita berjumpa kembali di artikel ternak berkualitas. Yang di mana ternak berkualitas

Post a Comment

Your email is never published nor shared. Required fields are marked *
You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

  • Pos-pos Terbaru