Cara Mudah Merawat Tupai Dirumah Dengan Benar

Ternak Berkualitas | Cara Mudah Merawat Tupai Dirumah Dengan Benar – Sobat ternak berkualitas, bagi kalian yang hobi merawat hewan, khususnya pecinta hewan. Tentulah kalian tahu dengan yang namannya tupai bukan, tupai merupakan salah satu hewan mamalia yang sering di jadikan hewan perliharan oleh kebanyakan orang.  Tupai ini sangat imut  dan menggemasakan, dimana jika orang melihat tupai ini pasti langsung ingin membawanya pulang untuk di pelihara di rumah. Tupai memiliki ukuran tubuh yang kecil dan mungil hal ini yang menyebabkan banyak orang menyukainya.

Cara Mudah Merawat Tupai Dirumah Dengan Benar

Cara Mudah Merawat Tupai Dirumah Dengan Benar

Tupai juga sering di sama kan dengan Bajing. Namun tupai dan bajing tidaklah sama, tupai dan bajing sering di samakan karena ukuran tubuh mereka hampir serupa. Namun sebenarnya, tupai dan bajing adalah binatang yang berbeda dan memiliki kekerabatan yang juga jauh. Jika tupai masuk dalam golongan insektinvora atau hewan pemakan serangga, sedangkan bajing masuk dalam golongan rodentia atau hewan pengerat seperti tikus.

Namun sebelum sebelum anda mulai merawat tupai ini di rumah anda, anda harus benar benar yakin dan komitmen ya. Karena tupai merupakan salah satu hewan yang aktif dan manja lo, kalian haruslah memiliki waktu luang untuk merawatnya. Selain itu sebelum anda mulai merawat tupai ini, ada beberapa hal yang harus anda ketahui untuk merawatnya. Untuk itu anda bisa melihat artikel saya di bawah ini yaitu Cara Mudah Merawat Tupai Dirumah Dengan Benar.

  • Membeli Tupai Sesuai Usianya.

Untuk mulai merawat tupai yang harus anda perhatikan pertama kali yaitu usia tupai. Belilah tupai yang masih berusia dibawah 9 minggu agar anda lebih mudah menjinaknnya dan merewatnya. Jika anda memelinya di atas usia 9 minggu, maka tupai akan sangat sulit di jinakan dan di pelihara. Karena biasanya tupai yang sudah lebih dari 9 minggu akan merasa asing terhdap manusia.

  • Memberi bayi tupai rangsangan

Cara Mudah Merawat Tupai Dirumah Dengan Benar

Untuk bayi tupai haruslah diberikan rangsangan agar bisa kencing atau berak disaat matanya masih tertutup. Sebelum dan sesudah memberikan makan, maka anda bisa mengelus area genital. Tupai dan anal dengan korek kuping atau kapas yang sudah lembap. Dan hangat hingga bayi tupai bisa buang air kecil dan juga besar seperti yang dilakukan induknya saat berada di alam liar. Jika hal ini tidak dilakukan, maka bayi tupai akan kembung dan akhirnya mati.

  • Memberikan Rodent Blok

Rodent Blok atau sering di sebut dengan blok pengerat haruslah di persiapakan untuk memastikan nutrisi bayi tupai selalu lengkap dan mencukupi. Rodent blok ini sudah mengandung beberapa nutrisi yang penting untuk kesehatan bayi tupai. Untuk pemberiannya anda bisa tambahkan di buah anggur atau apel agar rasannya lebih manis dan berikan kepada bayi tupai. Berikan 3 kali dalam sehari dan ganti setiap kali pemberiaan agar tetap segar, untuk memberli rodent blok anda bisa memberlinya di toko hewan terdepat di rumah anda.

Selain itu berikan juga air minum yang cukup kepada bayi tupai  yang anda rawat. Karena jika kebutuhan air tidak terpenuhi maka bayi tupai anda akan mengalami dehidrasi yang bisa saja membuat bayi tupai anda mati.

  • Memberikan Suplemen Tambahan

Cara Mudah Merawat Tupai Dirumah Dengan Benar

Walaupun rodent blok sudah mencukupi 80% dari kebutuhan tupai anda harus lah memberikan suplemen tambahan untuk tupai anda. Karena tupai juga memerlukan suplemen tambahan agar tupai selalu sehat dan nutrisinya terjaaga. Suplemen tambahan yang di maksud yaitu memberikan makanan seperti serangga dan buah buahan. Dan pastikan juga anda selalu membuang siasa makananya dan menggantinya dengan yang baru ya.

  • Membeli Kandang Yang Sesuai

Cara Mudah Merawat Tupai Dirumah Dengan Benar

Untuk kandang yang sesuai dengan tupai yaitu bisanya memiliki ukuran lebar dan panjangnya 60 x 60 cm, sedangkan tingginya yaitu 1 meter. Setelah itu tambahkan juga seperti ranting kayu yang kuat, untuk media memanjat si tupai, buatlah kandang tersebut layaknya seperti alam bebas bagi tupai. Selain itu pastikan kandang anda terbuat dari logam, atau besi yang kuat. Karena tupai dikenal dengan memiliki gigi yang sangat kuat dan tajam, jika kandang yang anda buat sudah benar-benar kuat barulah anda masukan si tupai kedalamnya.

Selain itu dan jangan lupa menambahkan pengerat. Tupai juga di kenal suka mengunyah jadi anda bisa meletakan benda yang aman untuk di kunyah oleh tupai. Anda bisa menggunakan chew bone yang biasa dijadikan tulang kunyah untuk anjing karena selain bisa digunakan tupai sebagai pengerat namun juga memiliki kandungan kalsium tinggi sehingga bisa menguatkan gigi sekaligus mencegah kuman bertumbuh pada mulut dan gigi tupai.

Cara Mudah Merawat Tupai Dirumah Dengan Benar

  • Penempatan Kandang Tupai Dan Perlengkapan Lainya

Untuk kandang tupai sebainya anda letakan di dekat jendela agar kandan tupai dapat terkena sinar matahari secara langsung. Selain itu jika anda meletakannya di depakat jendela tupai akan lebih nyaman dan merasa berada di habitat aslinya. Dan jangan lupa meletakan perlengkapan lainnya yaitu seperti sarang dan juga alas tidurnya. Tupai juga sangat menyukai tempat tidur yang tenang dan nyaman. Maka dari itu anda harus membuat sarangnya dari kardus kecil sebagai tempat tidurnya. Selain itu jangan lupa letakan alas tidunya, untuk membuatnya lebih nyaman sebaiknya anda letakan bahan yang lembut seperti busa yang di balut dengan kain. Jika busa tidak ada anda bisa menggantinya dengan yang lain seperti baju bekas, koran, selimut. Namun jangan pernah membuat alasnya dari handuk ya karena jika anda membuatnya dari handuk tupai akan mudah tersangkut dan terjerat yang fatalnya bisa membuat tupai mati.

  • Jauhkan Dari Peliharaan Lain

Agar tupai yang anda pelihara merasa nyaman dan tumbuh dengan tenang sebaiknya tupai yang anda pelihara jauhilah dari hewan peliharaan anda lainnya. Ya contohnya seperti kucing atau anjing, karena jika tupai anda dekat dengan hewan peliharaan lainya bisa tupai anda akan stres dan bahkan bisa mati.

Selain itu lakukan juga sosialisasi kepada tupai perliharaan anda agar tupai peliharaan tidak dapat beradaptasi dengan manusia. Namun jika tupai anda sudah berusiap 6 bulan keatas sebainya jangan sering sering melakukan kontak fisik dengan tupai anda. Karena jika tupai anda sudah berusia 6 bulan keatas maka gigi dan kukunya sudah mulai menajam. Sebaiknya anda jangan terlalu sering memegannya. Karena tupai yang terlihat senang dapat menggigi tangan anda juga.

  • Pemeriksaan Berkala.

Dan trakhir dari Cara Mudah Merawat Tupai Dirumah yaitu lakukan pemeriksaaan berkala. Mulai dari pemeriksaan kesehatan tupai anda dan juga kebersihan kandang, harus di periksa. Karena kandang kotor maka tupai anda pun dengan mudah terkena penyakit. Selalu perhatikan kandangnya. Dan perhatikan selalu dari kesehatan tupai anda, jika tupai anda mengalami gejala seperti tidak nafsu makan anda bisa segera membawanya ke dokter.

Baiklah sekitan pembahasan saya mengenai cara mudah merawat tupai dirumah dengan benar. Bagi kalian pecinta hewan jika ingin merawat tupai, dan belum mengerti bagimana caranya kalian bisa baca artikel saya yang satu ini. Dan jika kalian ingin merawat dan beternak hewan lainnya kalian bisa klik link kami yang di bawah ini.

Related Post

Post a Comment

Your email is never published nor shared. Required fields are marked *
You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

  • Pos-pos Terbaru