Jenis – Jenis Penyakit Ayam Sering Menyerang Dan Cara Mengobatinya

Ternak Berkualitas | Jenis – Jenis Penyakit Ayam Sering Menyerang Dan Cara Mengobatinya – Sobat ternak berkualitas sekalian. Ketemu lagi di artikel saya, nah pagi perjumpaan kita kali ini. Saya akan membagikan 1 artikel untuk kalian yaitu Jenis – Jenis Penyakit Ayam Sering Diderita Dan Cara Mengobatinya. Artikel ini khusus saya buat untuk kalian semuanya sobat ternak berkualitas, terutama para peternak ayam.

Jenis – Jenis Penyakit Ayam Sering Menyerang Dan Cara Mengobatinya

Jenis - Jenis Penyakit Ayam Sering Menyerang Dan Cara Mengobatinya

Bagi kalian para peternak ayam, tentulah kalian pernah mengalami kegagalan dalam beternak, terurtama di karenakan oleh penyakit yang sering menyerang. Hal ini akan membuat kalian mengalami kerugian yang besar pula, Sebenarnya penyakit ini bisa di tanganin, namun kebanyak para peternak ayam belum mengetahui cara penanganannya.

Nah di artikel saya kali ini saya akan membahas tentang  Jenis – Jenis Penyakit Ayam Sering Menyerang Dan Cara Mengobatinya. Untuk itu silahkan kalian baca artikel saya di bawah ini ya sobat ternak berkualitas.

  • NEWCASTLE DISEASE (TETELO)

Penyakita pada ternak ayam yang sering meyerang yaitu NEWCASTLE DISEASE (TETELO). Penyakit ini merupakan penyakit yang paling menakutkan, karena tingkat kematian ayam yang sudah terinfeksi penyakit ini sangatlah tinggi. Penyebab dari penyakit ini yaitu Virus parmyxovirus yang termasuk virus ss-RNA yang berukuran 150 – 250 milimikron, umumnya virus ini berbentuk spherik dan variasi lainnya. Penyakit tetelo ini juga menyerang dengan penularan akutnya ke ayam lainnya. Gejala dari penyakit ini yaitu sepeerti ganggunan pada pernafasannya. mulut berlendir, batuk, kotoran kehijau-hijauan dan encer, jengger dan kepala membiru, kornea keruh, kelumpuhan dan kejang kejang hingga kepala terpuntir kebelakang.

Pencegahannya yaitu : Memberikan vaksin secara rutin kepada ayam  agar ternak ayam anda memiliki kekebalan dan daya tahan tubuh yang tinggi, agar tidak terkena penyakit yang mematikan.

  • CORYZA ( SNOT )

Penyakit ini juga sering menyerang peternak ayam penyakit ini di sebab kan oleh. Bakteri Hemophilus gallinarum. Berbentuk batang pleomorfik yang tidak bergerak, bersifat gram negatif. Merupakan penyakit yang bisa menular ke unggas lainnya. Gejala yang sering di timbulkan pada ayam yang sudah terkenak penyakit ini yaitu Dari hidung keluar eksudat yang mulanya berwarna jernih dan encer tetapi kian lama berubah menjadi kuing kental dan bernanah dengan bau yang khas, terdapat kerak eksudat berwarna kuning pada hidung, sinus inftraorbital bengkak sangat besar, unilateral ataupun birateral

Pengobatannya yaitu : menggunakan obat sulfadimethoxine karena merupakan obat yang aman digunakan. Pengubatan pada flok dengan silfonamide atau antibiotik diperbolehkan. Selain yang sebelumnya disebutkan juga boleh dipakai atau dengan obat lain seperti sulfamethazine, sulfaquinoxaline. Tetapi kembali ke pada saran saya diawal yang direkomdasikan.

Jenis – Jenis Penyakit Ayam Sering Menyerang Dan Cara Mengobatinya

  • KOLERA

Merupakan penyakit yang menyerang unggas peliharaan maupun unggas liar dengan cara ditularkan kepada sesama unggas. Penyakit kolera juga merupakan salah satu penyakit unggas yang berbahaya dikarekanakan memiliki  angka morbiditas dan mortalitas tinggi. Penyakit ini sudah tersebar luas sampai ke seluruh dunia dan di Indonesia sendiri penyakit ini diperkirakan sudah lama ada. Penyebab dari penyakit ini yaitu bakteri pasteurella gallinarum atau Pasteurella multocida. Penyakit ini menular pada sesama unggas di dekatnya. Gejala yang di timbulkan pada ayam yang sudah terkena penyakit ini yaitu terjadi kematian pada unggas dengan jumlah yang tinggi. Sementara bentuk akutnya ditandai dengan konjungtivis dan keluarnya kotoran dari mata. Daerah facial, balung dan pial membesar, serta terdapat gangguan penapasan. Fesesnya berubah encer hijau kekuningan. Lumpuh akibat perdangan sendi tarsus.

Pengobatannya yaitu :Dengan melakukan vaksinasi, sanitasi peternakan dan jika ada hewan sakit segeralah pisahkan dan obati. selain itu menggunakan antimikroba, yaitu, Sulfaquinoxalin 0,05% Sulfametasin dan sodium sulfametasin 0,5 – 1% streptomycin 150g, terramisin

  • GUREM

penyakit ini yaitu penyakit yang menghisap darah inangnya. Penyakit ini paling dihindari oleh ternak ayam petelur karena dapat mempengaruhi produksi telur yang menurun, bahkan jika tidak diberi penanganan akan berhenti bertelur. Penyebab nya yaitu Gurem / Ornithinyssus bursa termasuk dalam sub ordo Mesostigmata, sub kelas Ascari dan kelas Arachnida. Hama yang sangat kecil dan sulit dimusnahkan ini menghisap darah dan hidup bergerombol, Gurem akan keluar pada malam hari. 1 Gurem betina dapat menghisap darah ayam sebanyak 0,077 mg atau setara dengan 1,8 kali berat tubuhnya sendiri. Gejala yang sering kalian dapatin jika ayam kali terkena penyakit ini yaitu seperti. Ayam kurang tidur, gelisah , lesu, stres, kurang darah dan terganggung saat mengeram yang kaab berdampak pada sedikitnya jumlah telur yang menetas. Jika tidak ditangani dapat menyebabkan penurunan produksi telur, bahkan bisa berhenti bertelur sama sekali.

Pengobatannya yaitu : dengan menjaga kebersihan lingkunga ternak dan juga memandikan ayam dengan campuran air sabun dan belerang bagi ayam yang sudah terkena penyakit ini.

BACA JUGA : – Panduan Beternak Yang Menguntungkan
Cara Beternak

Related Post

Post a Comment

Your email is never published nor shared. Required fields are marked *
You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

  • Pos-pos Terbaru