Jenis Penyakit Pada Kambing Dan Cara Untuk Mencegahnya

Ternak BerkualitasApakah Sobat ternak berkualita tahu jenis jenis penyakit pada ternak kambing. Dan bagaimana cara untuk mencegahnya…? Nah untuk sobat ternak berkualitas yang masih belum mengetahui jenis jenis penyakitnya. Dan juga cara untuk mencegah penyakinya. Nah di artikel ternak berkualitas kali ini. Akan membahsa tentang jenis penyakit pada kambing dan cara untuk mencegahnya penyakit ini. Untuk itu yuk langsung saja kita melihat listnya di bawah ini.

Jenis Penyakit Pada Kambing Dan Cara Untuk Mencegahnya

Nah untuk sobat ternak berkualitas. Khususnya bagi kalian yang memiliki hewan ternak kambing. Apalah kalian sudah mengetahui dengan beberapa penyakit yang sering menyerang hewan ternak kalian tersebut….? Dan bagimana langkah kalian untuk melakukan pencegahan atau penyembuhan. Untuk ternak kambing kalian yang terkenak serangan penyakit tersebut…? Nah untuk kalian semua nya. Pada pertemuan kali ini ternak berkualitas, akan membagikan sedikit informasi tentang penyakit pada kambing. Dan juga cara untuk mencegahnya.

  • Penyakit Kembung Pada Kambing

Nah penyakit yang bisa di katakan paling sering menyerang hewan ternak kambing kalian, yaitu adalah penyakit kembung. Nah kalian tidak boleh sepele loh sobat dengan penyakit kembung ini. Penyakit ini sangat sering menyerang hewan ternak kambing kalian. Dimana jika ternak kambing kalian terkenak penyakit ini akan memberikan tanda – tanda seperti : hilang nafsu makan, Perut bagian kiri akan mulai mengeras dan menggembung. Penyakit ini sangatlah berbahaya, Bisannya akan langsung menyerang dan menekan jantung dan juga paru paru. Bahkan yang lebih parahnya lagi jika kalian tidak mengambil tindakan cepat. Tenak kambing kalian yang sudah terkena penyakit ini juga bisa mati. Nah ada beberapa faktor penyebab hewan ternak kambing terkenak penyakit kembung, antar lain yaitu sebagai berikut :

Penyebab Penyakit Kembung Pada Kambing

    • Yang pertama yaitu, bisannya hewan ternak kambing terlalu banyak memakan pakan hijauan yang basah.
    • Penyakit kembung rumen atau bload ini. Juga sering terjadi di karenakan Hewan ternak Kambing terlalu banyak mengkonsumsi tanaman legumen.
    • Faktor lainnya yaitu adalah hewan ternak kambing bisannya terlalu banyak memakan makannan konsentrat.

Cara Pencegahannya dan Pengobatannya.

Nah untuk mencegah atau menghindari ternak kambing kalian terkenak penyakit kembung sebaiknya kalian melakukan langkah – langskah di bawah ini :

  1. Jika kalian mengembala kambing. Sebaiknya kalian lakukan di jam 10 pagi atau samapi rumput di area gembala sudah tidak memiliki embun.
  2. Dan untuk kalian yang tidak mengembala. Pada saat kalian mengambil rumput atau hijauan lainnya untuk pakan kambing. Sebaiknya tunggu sampai air pada pakan menghilang, bisa tunggu sampai sore hari. Jadi sebaiknya kalian bisa menyetok pakan terlebih dahulu ya.
  3. Nah untuk memberikan pakan konsentrak kepada kambing. Sebaiknya kalian berikan jangan terlalu berlebihan. Karena nantinya kambing bisa terkena penyakit kembung. Dan untuk amannya kalian bisa memberikan pakan kambing seperti rumput odot, daun pisang dan juga rumput lapangan.

Nah untuk langkah – langkat pengobatan, bagi ternak kambing yang sudah terkena penyakit kembung yaitu adalah sebagai berikut :

  1. Pegang kedua kaki depan kambing terlebih dahulu.
  2. Setelah itu urut secara perlahan dan merata perut kambing bagian kiri.
  3. Berikuan minum minyak kelapa
  4. Dan trakhir kalian lumurin batang daun pepaya dan masukan ke secara perlahan ke lubang asus kambing.
  • Penyakit cacingan Pada Kambing

 

Penyakit selanjutnya yang sering menyerang kambing yaitu adalah penyakit cacingan. Dimana ini bisannya di sebabkan adanya telur cacing yang menempel atau terdapat pada pakan kambing. Dan akhirnya berkembang di dalam tubuh kambing, dan mengambil terlalu banyak nutrisi pada kambing yang membuat kambing menjadi kurus seperti kekurangn giji. Nah tanda – tanda kambing yang sudah terkena penyakit ini yaitu seperti  : Pertumbuhan sangat lambat, kambing menjadi lemah, dan badan mengurus. 

Cara Pencegahan Dan Pengobatannya

Untuk kambing yang sudah terkena penyakit ini, kalian bida langsung memberikan obat cacing. Untuk mendapakan obat cacingnya kalian bisa membeli di toko obat hewan ternak. Dan untuk pemberian obat cacing ini, kalian harus melakukannya secara periodik ya. Karena tidak menutup kemungkinan kambing memakan pakan  yang terdapat telur atau larva cacing tersebut.

  • Penyakit diare Pada Kambing

Penyakit diare juga merupakan salah satu dari penyakit yang sering menyerang hewan ternak kambing loh sobat. Dimana penyebab dari penyakit ini biasanya yaitu adalaah :

    • Anakan kambing meminum susu yang sudah tercemar
    • Makanan yang dimakannya kurang steril
    • Faktor perubahan lingkunang, dan pola makan juga bisa menyebabkan kambing terkena penyakit diare
    • Terkenak inveksi dari bakteri.
    • Pakan kambing yang di berikan kurang mengandung serat.

Pencegahan Dan Pengobatannya

Untuk pencegahan dan juga pengobatannya. Kalian bisa langsung mengikuti langkah – langkah seperti yang ada di bawah ini :

  1. Selalu memberikan minum kambing dengan campuran garam dan mineral. Jangan biarkan kambing terkena dehidrasi.
  2. Memberikan pola makan yang teratur dan benar. Dan berikan pakan yang berserat
  3. Nah untuk kambing yang sudah teriveksi diare oleh parasit luar. Kalian bisa memberikan pengobatan berupa diinjeksi dengan antibiotik berspektrum luar, seperti wormectin.
  • Penyakit Kuku Buruk Pada Kambing

Nah selanjutnya yaitu adalah penyakit kuku busuk ini sering sekali menimpa para peternak kambing. Nah ini biasnnya disebabkan karena kuku tumpuaan kambing memanjang dan tidak di potong. Yang lama kelaman tumbuh menanjang dan tidak merata dan akhirnya membuat luka. Nah yang membuatnya menjadi busuk biasannya yaitu, pada saat kondisi kandang basah dan menyebabkan infeksi oleh bakteri. Dan hal yang sangat fatal yang akan menimap kambing yaitu adalah. Kambing akan menjadi pincang dan tidak dapat berdiri lagi.

Pencegahan Dan Cara Mengobatinya.

Nah pecegahan yang bisa kalian lakukan yaitu adalah dengan cara memotong kuku kambing mebali menjadi bentuk normal. Selain itu pula bagi kambing yang sudah terkenak penyakit ini. Kalian haruslah bertindak cepat, yaitu dengan cara membersihkan antiseptik. Sehingga bakteri yang ada menjadi mati. Setelah memberikan anti septik, kalian juga bisa memberikan salap atau antibiok lainnya. Yang sudah di jual khusus untuk penyakit ini.

  • Penyakit ort Pada Kambing

Nah yang trakhir penyakit yang paling sering menyerang ternak kambing yaitu adalah penyakit ort. Tanda – tanda pertama kali yang muncuk dari penyakit ort ini yaitu adalah. Munculnya bintik – bintik mereka pada kulit kambing, biasannya muncul di pangkal bibir. Bintik – bintik merah yang muncul ini lama kelamaan menjadi vesikel atau yang sering di sebut dengan kulit melepuh, berisi cairan. Nah cairan yang berisi di kulit melepuh ini yaitu adalah nanah.

Dan setelah mencapai tahap bisannya kulit tersebut akan menjadi kerak dan kaku, yang akan menyulitkan kambing untuk makan. Nah bagian tubuh yang biasannya terserang onlieh penyakit ini antara lain yaitu adalah : Mulut, muka, perut, kaki, ambing, kantung buah zakar, puting susu, dan juga vulva. Nah cara kerja dari penyakit ini yaitu awalnya mulai bekerja melalui goresan – goresan  yang terjadi pada saat kambing memakan rumput. Dan yang harus kalian ketahui pula, penyakit ini bisa menyebar kepada kambing – kambing lainnya. Melalui kontak antar kambing yang sudah terkena penyakit dengan kambing yang masih sehat.

Pencegahan Dan Cara Pengobatannya.

Nah yang harus kalian ingin ya para sobat ternak. Penyakit ort ini merupakan pernyakit yang di sebabkan oleh inveksi virus. Nah jika kalian hanya memberikan antibiotik maka tidak mempan ataupun efek terhadap virus yang satu ini. Salah satu cara yang harus kalian lakukan yaitu adalah memberikan VAKSIN kepada kambing, Nah pemberian faksin ini pun tidak bisa kalian berikan pada saat kambing sudah benar benar terkena penyakit ini. Melainkan kalian bisa melakukannya pada saat kambing masih sehat atau kambing mengalami gejala saja.

Nah untuk mengobatin kulit bagian luar kambing yang terkenak penyakit orf ini. Kalian hanya bisa memberikan pakan kambing yang berkualitas dan juga di tambah dengan vitamin dan mineral. Namun jika kambing kesulitan untuk makan, kalian juga harus memberi kan obat dari luar, yaitu seperti salap atau betadine. Hal ini membuat kulit bgian bibir yang terkenak menjadi tidak keras dan kaku. Agar kambing bisa makan. Nah karena penyakit ini juga hanya menyerang bagian luar saja. bekas atau bintik merah yang mengelua kan nanah tersebut. Yang nantinya akan infeksi dan menjadai bakteri lainnya.Nah kalian bisa memberikan antibiotik untuk mencegah agar infeksi ini tidak terjadi lagi.

Baiklah sekitan pembahasan yang kami berikan kali ini mengenai jensi penyakit pada kambing dan cara untuk mencegahnya. Nah untuk kalian sobat ternak berkualitas sekalian. Yang ingin mengetahui informasi informasi tentang jenis penyakit hewan ternak yang dapat menimpa ternak kalian. Dan bagimana cara untuk mencegah dan mengobatinnya. Kalian bisa langsung saja membacannya di artikel yang ada di bawah ini. Karena disana juga sudah ada di jelaskan tentang beberapa penyakit yang sering menyerang hewan ternak. Baiklah sampai berjumpa lagi di lain waktu, dan semoga artikel yang kami bahas  kali ini bermanfaat untuk kalian semuannya. Dan semoga para sobat ternak berkualitas, selalu sukses dalam beternak.

Baca Juga :

Related Post

Post a Comment

Your email is never published nor shared. Required fields are marked *
You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

  • Pos-pos Terbaru