Langkah Beternak domba Yang Benar Untuk Pemula

Ternak berkualitas | Langkah Beternak domba Yang Benar Untuk Pemula – Hallo sobat ternak berkualitas sekalian. Kita berjumpa kembali di artikel ternak berkualitas. Yang di mana ternak berkualitas selalu memberikan informasi – informasi seputaran hewan dan cara beternak yang menguntungkan. Nah di perjumpaan kita kali ini saya akan membuat 1 artikel tentang Langkah Beternak domba Yang Benar Untuk Pemula. Untuk itu kalian bisa membacanya di bawah ini ya sobat ternak berkualitas.

Langkah Beternak domba Yang Benar Untuk Pemula

Langkah Beternak domba Yang Benar Untuk Pemula

Sebelum kita lanjut ke topik pembahasan, saya ingin bertanya kepada kalian semuannya. Apakah kalian sudah tahu dengan yang namannya domba…? Karena pada saat ini masih banyak juga yang tidak mengetahui apa itu domba. Mereka beranggapan jika domba itu sama dengan kambing. Nah yang harus kalian ketahui semuannya bahwasannya domba tidak lah sama dengan kambing ya sobat ternaka berkualitas. Selain itu dalam beternak domba ini sangatlah menguntungkan loh sobat ternak berkualitas. Kenapa saya berkata demikian…? Karena beternak domba ini sebenarnya memiliki hasil produktifitas atau hasil yang lebih menguntungkan dari pada beternak kambing loh…!

kenapa bisa begitu…? Karena bisa kalian lihat sendiri sobat ternak berkualitas sekalian. Jika kalian beternak kambing, maka yang dapat kalian jual dan menghasilkan uang yaitu antara lain : Daging, tulang, kulit,susu, dan kotoran kambing untuk di jadikan pupuk kandang. Hanya itu saja bukan yang dapat di hasilkan oleh kambing. Sedangkan jika kalian beternak domba ini bisa lebih dari itu saja yang kalian dapat jual, yaitu seperti : Dading, tulang, kulit, susu, kotorannya. Dan juga bulu domba. Bulu domba memiliki harga jual yang lumayan tinggi loh sobat. Selain itu beternak domba lebih mudah dari pada beternak kambing. Maka dari itu saya katakan jika beternak domba sebenarnya lebih unggul dari pada beternak kambing.

Sekarang para peternak daging potong, banyak memilih untuk beternak domba, karena beternak domba banyak sekali keunggulannya. Yaitu seperti : Perawatannya tidak sesulit merawat kambing, dan untuk pertumbuhannya lebih cepat besar juga dari pada kambing. Baiklah langsung saja kita memasuk ke topik pembahasan kita.

Dalam beternak domba ini ada beberapa langkah yang harus kalian pahami dan kalian lakukan ya sobat ternakb berkualitas. Nah untuk langkah langkahnya yaitu sebagai berikut :

  • memilih Indukan Domba Yang Berkualitas

Langkah Beternak domba Yang Benar Untuk Pemula

Nah untuk beternak domba, kalian juga harus memilih indukan yang berkualitas pula. Hal ini dilakukan yaitu agar ternak domba kalian bisa maksimal, sesuai dengan yang kalian harapkan. Jadi kalian haruslah benar benar teliti untuk memilih calon indukan domba yang nantinya kalian ternak. Nah utnuk memilihnya kalian bisa lansung melihat ciri – cirinya di bawah ini ya sobat ternak berkualitas.

      1. Indukan Jantan

– Memiliki ukuran badan yang seimbang, antar panjang dan besarnya.
– Tidak memiliki cacat fisik sedikitpun
– Bandar tidak terlalu gemuk, bulu tidak kusam dan kaku
– Selaput mata tidak pucat, kupung dan hidung lembab/ tidak kering
– Terdapat sepasang testis, bentuk normal, tonjolan tulang pada bagian kaki besar.
– Terlahir dari indukan yang memiliki anak 2 atau lebih
– Berusia minimal 1,5 atau 2 tahun.

2. Indukan Betina

-Memiliki badan yang panjang, besar, dan simetris
– Selaput mata tidak pucat
– Badan tidak terlalu gemuk
– Bulu tidak kusam dan kaku
– Tidak cacat fisik
– Ambing besar, putting lengkap dan tidak bepotensi penyakit
– Umur 1,5 – 2 tahun
– Bentuk perut normal
– Memliki nafsu kawin yang tinggi dan ekor normal

  • Membuat kandang Ternak Domba

Dalam membuat kandan ternak domba, ini juga harus kalian perhatikan ya sobat ternak berkualitas. Kandang merupakan salah satu fakto yang sangat penting untuk beternak domba lo sobat ternak. Nah kandang yang baik dan benar yaitu harus memenuhu syarat kandang layak yaitu seperti :

  1. Kandang harulah di buat dari bahan kayu, dan juga kandang haruslah kokoh dan kuat, tahan terkenak angin, dan lainnya.
  2. Buatlah kandang yang sesuai, sebaiknya pembuatan kandang jauh dari pemukiman pada penduduk. Atau lalu lalang masyarakat, hal ini di lakukan agar tidak menggagu kenyamanan masyarakat. Sebaiknya bisa di buat 10 meter dari rumah anda, dan jangan terlalu jauh anda membuat kandangnya. Karena jika 10 meter saja jarak yang anda buat, maka anda bisa memantaunya dengan mudah.
  3. Pastikan pada saat anda membuat kandangnya, itu terkena sinar matahari yang cukup, karena kandangnya haruslah tetap kering, agar kambing yang di ternak juga tidak terkena penyakit. Selain kandang kambing juga membutuhkan sinar matahari yang cukup untuk pertumbuhannya.
  4. Pastikan kandang yang anda buat tidak di tempat yang rawan banjir.
  5. Sediakan tempat penampung kotorang agar kandang selalu bersih dan tidak lembab
  6. Pastikan di sekitar kandang ada saluran pembuangan. Contoh : seperti aliran air menuju ke parit
  • Pemberian Pakan yang Berkualitas

Langkah Beternak domba Yang Benar Untuk Pemula. Agar beternak domba kalian bisa berjalan dengan maksimal dan mendapatkan hasil yang kalian inginkan. Kalian juga harus memberikan pakan yang berkualitas pula, agar pertumbuhannya maksimal. Dalam pemberikan pakan yang berkualitas, ada 3 jenis pakan yang harus anda berikan yaitu seperti: Pakan hijauan, pakan konsentrat, suplemen organik. Dah kalian haruslah meberikan semua pakan berkualitas ini, sesuai dengan anjuran permberiannya. Untuk pemberiannya bisa kalian lihat di bawah ini ya sobat ternak berkualitas.

1. Pakan Hijauan

Yang di maksud dengan pakan hijauan yaitu adalah pakan yang terdiri dari rerumputan dan dedaunan. Pakan ini haruslah kalian berikan setiap harinya, dan pastikan kalian tidak memberikan pakan yang memiliki kandungan racun. Jadi kalian haruslah pandai pandai memilih pakannya, pemberian pakan sendiri bisa kalian lakukaan dengan memberinya secara segar ataupun bisa di lakukan fermentasi ( di layukan terlebih dahulu ). Hal ini di lakukan agar kandungan air di dalam tanaman itu berkurang, serikan sebanyak 3-4 % dari bobot domba anda. Pakan hijauan ini sangat lah penting kalian berikan setiap harinya, karena ini menjadi salah satu pakan pokok untuk menunjang pertumbuhan dari domba kalian. Kandungan gizi, protein, vitamin, dan mineral sangatlah banyak di pakan hijauan  ini.

2. Pakan Konsentrat

Pakan konsentrat untuk domba pada umumya sebagai bahan baku yang memiliki kandungan serat kasar <18% dan mudah di cerna. Pada periode pemacak untuk pejantan sebaiknya di beri lebih banyak konsetrat ± 1kg

3. Suplemen Organik

Berikan suplemen organik yang berfungsi untuk menunjang penyerapan nutrisi dari pakan. Suplemen Organik Cair GDM Spesialis Ternak merupakan suplemen organik cair 100% berbahan organik dan mengandung 5 bakteri yang menguntungkan.

  • Lakukan Perawatan dan Pemeliharaan Domba

Berikutnya anda haruslah melakukan prawatan dan pemliharaan pada domba domba yang anda ternak. Karena hal ini sangat lah penting anda lakukan agar kalian sukses dalam beternak domba. Nah untuk melakukan perawatan dan pemeliharan domba yaitu sebagai berikut:

      1. Pemeliharaan Domba

Yang di maksud dengan pemeliharaan domba ini yaitu adalah. Kalian harus selalu memenuhi kebutuhan domba, contoh seperti pakan, air dan lainnya. Lakukan pemeliharaan secara maksimal agar ternak domba kalian sukses. Jangan pernah telat memberi makannya, ataupun kurang memberi makannya. Karena jika kedua hal itu terjadi sudah bisa di pastikan ternak domba kalian akan lambat pertumbuhannya. Dan pertumbuhannya tidak akan sesuai dengan yang kalian harapkan. Jadi kalian haruslah menjaganya dengan benar, terlebih lagi pada saat pemberian pakannya.

      2. Perawatan Domba

Selanjutnya agar kalian sukses untuk beternak domba, kalian haruslah melakukan perawatan juga. Nah untuk perawatan ini yaitu bisa kalian lakukan dari pembersihan kandanga secara rutin. Hal ini di lakukan agar ternak kalian tidak terkena penyakita, bersihkan kotoran yang ada di bawh kandang dan di atas kandang juga. Selain itu kalian juga bisa melakukan pengasapan di sekitar kandang domba kalian. Ini di lakukan agar bakteri bakteri ataupun kuman yang ada di kandang ternak kalian bisa mati. Untuk pengasapan ini bisa kalian lakukan dengan membakar sisa sisa makan domba ataupu lainnya, lakukanlah paling minimal 1 minggu sekali.

Nah jika kalian menemukan ada domba kalian yang terkena penyakit seperti kudis atau lainnya segera lakukan penanganan. Dan kalian bisa lakukan pemisahan terhadap domba yang sakit dengan domba yang sehat. Agar domba lainnya tidak terkena penyakit. Dan jangan lupa bagi domba yang terkena penyakit segera lakukan penanganan dengan memberikan obat yang di anjurkan. Atau kalian bisa membawanya langsung ke dokter hewan

Baiklah sekian pembahasan saya kali ini mengenai Langkah Beternak domba Yang Benar Untuk Pemula. Bagi kalian yang ingin mencobanya silahkan ya sobat ternak berkualitas. Semoga artikel yang saya buat kali ini bermanfaat untuk kalian semuanya dan juga menambah ilmu pengerahuan kalian dalam beternak hewan peliharaan. Sampai berjumpa kembali di artikel berikutnya ya sobat ternak berkualitas.

Baca Juga 

Related Post

  • 5 Hewan Ternak 150x150

    5 Hewan Ternak Yang Menguntungkan Dan Cepat Panen

    Ternak Berkualitas | 5 Hewan Ternak Yang Menguntungkan Dan Cepat Panen - Hallo sobat ternak berkualitas sekalian. Berjumpa lagi di artikel ternak berkualitas. Dimana ternak berkualitas ini selalu
  • 11 Langkah Sukses Beternak 150x150

    11 Langkah Sukses Beternak Burung Mozambik

    Ternak Berkualitas | 11 Langkah Sukses Beternak Burung Mozambik - Hallo sobat ternak berukualitas sekalian. Kita kembali bertemu lagi. Nah di kesempatan yang kali ini saya akan membahas tentang cara
  • Beternak Ayam Joper 150x150

    Beternak Ayam Joper Yang Menguntungkan 3 Bulan Panen

    Ternak Berkualitas | Beternak Ayam Joper Yang Menguntungkan 3 Bulan Panen - Hai, sobat ternak berkualitas sekalian. Kita bertemu lagi di artikel ternak berkualitas. Yang selalu memberikan informasi -
  • Tips Budidaya Burung Parkit 150x150

    Tips Budidaya Burung Parkit Yang Sangat Menjanjikan

    Ternak Berkualitas | Tips Budidaya Burung Parkit Yang Sangat Menjanjikan - Hallo para sobat ternak berkualitas sekalian. Berjumpa lagi bersama kami ternak berkualitas pada hari yang cerah ini.
  • Langkah – Langkah Budidaya Cacing Sutra 150x150

    Langkah – Langkah Budidaya Cacing Sutra Di Rumah

    Ternak Berkualitas | Langkah - Langkah Budidaya Cacing Sutra Di Rumah - Hallo Sobat sekalian. Berjumlagi di artikel saya ternak berkualitas. Sobat berkualitas apakah sudah tahu dengan yang namanya

Post a Comment

Your email is never published nor shared. Required fields are marked *
You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

  • Pos-pos Terbaru