Langkah – Langkah Budidaya Cacing Sutra Di Rumah

Ternak Berkualitas | Langkah – Langkah Budidaya Cacing Sutra Di Rumah – Hallo Sobat sekalian. Berjumlagi di artikel saya ternak berkualitas. Sobat berkualitas apakah sudah tahu dengan yang namanya cacing sutra…? Cacing sutra merupakan pakan ikan yang sering di cari orang. Biasnnya untuk pakan ikan cupang dan lainnya. Nah kalia ini saya akan membahas tentang Langkah – Langkah Budidaya Cacing Sutra Di Rumah.

Langkah – Langkah Budidaya Cacing Sutra Di Rumah

Nah sebelum kita lanjut ke topik pembahasan kita kali ini mengenai Langkah – Langkah Budidaya Cacing Sutra Di Rumah. Sebaiknya kita mengenal lagi apa itu cacing sutra. Cacing sutra merupakan salah satu jenis cacing yang memiliki tubuh yang sangat lunak. Para peternak cacing ini bisannya menyebut nama cacing ini yaitu adalah cacing rambut. Cacing ini hidup secara berkelompok atau koloni, jika kalian meletakannya di dalam satu wadah. Cacing sutra tersebut akan berkumpul dan membentuk gumpalan. Cacing sutra ini memiliki ukuran yang sangat kecil. Nah bisannya untuk dapat menukan cacing ini yaitu bisannya ada di lumpur di sawah yang di aliri air.

Cacing sutra ini banyak di cari para petenak ikan konsumsi ataupun lainnya. Karena cacing sutra ini banyak sekali mengandung gizi yang di butuhkan oleh hewan ternak. Untuk zat yang terkandung dalam cacing sutra yaitu adalah. Kandungan protein yang tinggi, lemak yang cukup, dan serat yang sangat baik untuk pencernaan ternak. Selain itu kandungan abu yang ada pada cacing sutra sangat bagus untuk metabolisme ternal, dan kandugan mineralnya.

Manfaat Cacing Sutra

  • Sebagai pakan campuran alami untuk ternak yang tinggi dengan gizi
  • Untuk pakan ternak ikan konsumsi dan ikan hias. LELE, Belut, Ikan cupang Dan lainnya
  • Jika ikan konsumsi di beri pakan dengan cacing sutra maka daging dari ikan konsumsi tersebut akan menambah kualitasnya.

Nah itulah manfaat dari cacing sutra. Hal inilah mengapa para peternak sangat memburu cacing sutra ini. Jika kalian pikirkan, beternak cacing sutra ini sangatlah menguntungkan. Lalu bagimana cara untuk budidaya cacing sutra ini…? Jika kalian ingin mengetahuinya kalian bisa lansung baca di bawah ini ya sobat ternak  berkualitas.

  • Memilih Bibit Cacing Sutra

Dalam budidaya cacing sutra ini yang pertama anda lakukan yaitu adalah  pemilihn bibit untuk cacing sutra yang ingin di budidayakan nantinya. Pilihlah bibit cacing sutra yang berkualitas, agar proses budidaya sesuai dengan yang kalian harapkan. Untuk ciri ciri cacing sutra yang berkualitas yaitu sebagi berikut : Untuk pemilihan cacing sutra sebaiknya kalian pilih cacing sutra yang membentuk gumpalan yang menyerupai rambut. dan juga aktif begerak gerak.

Nah jika kalian sudah memilih bibit cacing sutra yang berkualitas Langsung saja kalian ke langkah selannjutnya yaitu sebagai beriktu :

  1. Pisahkan cacing sutra yang satu dengan yang lainnya.
  2. Masukan kedalam wadah yang berisi dengan air bersih
  3. Pemindahan ini karantina untuk cacing sutra anda agar cacing sutra terhindar dari bakteri dan logam
  4. lakukan karantina selama 1 sampai 2 hari
  5. Pastikan cacing sutra yang anda karantina tadi di aliri oleh air yang bervolume kecil. Dan juga air memiliki kadar oksigen yang cukup.
  6. Jika kadar oksigen dalam air kurang. Kalian bisa menggunkan aeraktor untuk menambah oksigen dalam air.
  • Media Budidaya Cacing Sutra

Seperti yang kita ketahui habitat asli dari cacing sutra ini yaitu hidup di lumpur. Nah yang sekarng kita lakukan yaitu  kita tidak akan menggunkan media lumpur sebagi habitat untuk cacing sutra ini. Lalu bagimana carannya jika kita tidak menggunkan media lumpur sebagi habita dari cacing sutra ini…? Untuk itu kalian bisa langsung melihatnnya di bawah ini ya sobat ternak berkualitas.

  1. Yang harus kalian sediakan pertama kali yaitu adalah wadah yang cukup besar.
  2. Wadah yang kalin gunakan bisa terbuat dari plastik atupun lainnya.
  3. Setelah anda sudah dapat wadahnya sebaiknya anda susun seperti rak  yang memanjanga
  4. Setelah itu isilah dengan air bersih
  5. Dan trakhr kalian jangan lupa untuk membuat air tersebut mengalir. Untuk membuat aliran air agar tetap berjalan seperti biasannya. Kalian bisa membuatnya di atas wadah rak tadi.
  • Pemindahan Bibit cacing sutra

Setelah media untuk budidaya cacing sutra sudah siap. Selanjutanya kalian harus melakukan pemindahan bibit yang kalian lakukan karantina tadi ke tempat media yang sudah di siapkan. Nah dalam proses pemindahan bibit ini kedalam media yang sudah di siapkan yaitu kalian haruslah berhati hati. Karena Proses pemindahannya juga tidak bisa kalian lakukan sembarangan. Untuk pemindahanya yang harus kalian lakukan yaitu sebagai berikut :

  1. Agar cacing sutra tidak stress nantinya. Untuk memindahkannya kalian tidak di perbolehkan menggunkan tangan secara langsung untuk memindahkannya. Namun kalian haruslah menggunakan alat bantu seperti sedok ataupun jaring ikan cupang yang kecil.
  2. Karena cacing sutra sangat mudah stress. Jadi sebaiknay lakukan pemindahan ini secara perlahan namun cepat. Dalam artian kalian tidak boleh mengundur undur waktu pindahannya.
  • Proses Perawatam dan Pemberian Pakan

Dalam langkah- langkah budidaya cacing sutra di rumah. Kalian juga haruslah melakukan perawatan dan pemberian pakan terhadap cacing sutra kalian. Agar budidaya cacing sutra kalian berjalan dengan lancar dan sesuai dengna yang kalian harapkan. Untuk itu kalian bisa melihannya di bawah ini ya sobat ternak berkualitas.

PERAWATAN CACING SUTRA

  1. Langkah pertama dalam perawatan cacing sutra adalah, perhatikanlah selalu debit air yang mengalir pada media budidaya.
  2. Untuk debit yang mengalir usahakan pada kisaran 5 hingga 7 cm, usahakan debit yang mengalir tidak lebih dan tidak kurang agar cacing dapat hidup dan berkembang biak dengan baik.
  3. Dengan debit air yang baik untuk mengaliri media, maka kondisi oksigen dalam airpun akan terjaga dan usahakan air tidak tercemari oleh bahan- bahan kimia agar hasil panen anda berkualitas baik

PEMBERIAN PAKAN CACING SUTRA

  1. Untuk bahan orhanik yang difermentasikan adalah bahan organik yang sudah memiliki tekstur yang lembek dan mudah hancur. Ini bertujuan untuk meningkatkan kandungan nutrisi pada bahan organik yang sangat dibutuhkan oleh cacing sutra.
  2. Anda juga bisa memberikan ampas tahu untuk makanan cacing sutra anda, ampas tahu memiliki banyak sekali protein serta jamur yang sangat baik untuk nutrisi cacing sutra dan pastikan bahwa ampastahu sudah difermentasi dan memiliki tekstur yang lembek. Anda juga bisa menambahkan tepung ikan yang mudah di dapatkan di pasaran dan harganya juga lebih murah serta lebih praktis.
  3. Makanan fermentasi ini dapat anda berikan hingga budidaya cacing sutra sudah memasuki usia 10 hingga 12 hari setelah pemindahan berlangsung.
  4. Agar cacing sutra anda melimpah ketika dipanen, anda bisa menambahkan kotoran ayam yang sudah difermentasi terlebih dahulu dan makanan tambahan seperti sawi yang juga sudah di hancurkan dan difermentasi terlebih dahulu
  •  Massa Panen Cacing Sutra

Dan trakhir yang paling di tunggu – tunggu para peternak cacing sutra yaitu adalah massa panen. Massa pemanenan cacing sutra yaitu pada saat cacing sutra di satu wadah sudah berlihat semakin banyak. Nah pada saat ini bagian atas dari setumput cacing sutra di satu wadah bisa di panen. Pemanan di lakukan pada bagian atas casing sutra. Agar yang di bawahnya dapat berkembang bisa lagi, dan yang perlu kalian ketahui juga. Dalam satu wadah media budidaya cacing sutra, biasanya  1 kali pemanenan dapat menghasilkan 15o ml per wadah nya. Nah cara pemanenan  Cacing sutra ini juga tidak bisa sembarangnya. Untuk carannya bisa kalian lihat  di bawah ini ya  :

  1. Cacing sutra pada umumnya sudah dapat dipanen ketika sudah memasuki usia sekitar 70 hingga 75 hari setelah pemindahan pada media budidaya.
  2. Pertama sediakanlah kain berwarna gelap, usahakan kain dapat menutupi setiap nampan media budidaya.
  3. Usahakan nampan benar benar tertutup, apabila anda tidak memiliki kain maka taruhlah media budidaya pada tempat yang sangat gelap.
  4. Biarkan media tertutup selama kurang lebih 5 hingga 6 jam dan perhatikan setelah tutup dibuka.
  5. Kumpulkan menggunakan sendok ataupun jarring ikan berukuran kecil dan pindahkan.

Baiklah sekian pembahasan saya mengenai langkah langah budidaya cacing sutra di rumah bagi kalian yang ingin mencobanya silahkan ya sobat ternak berkualitas.

BACA JUGA :

  • Panduan Beternak Yang Menguntungkan
  • Cara Ternak

Related Post

Post a Comment

Your email is never published nor shared. Required fields are marked *
You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

  • Pos-pos Terbaru