Langkah Mudah Budidaya Ikan Lele Di Kolam Terpal

Ternak Berkualitas – Hai sahabat ternak berkualitas, kali ini saya akan membuat satu artikel yaitu. Langkah Mudah Mudah Budidaya ikan Lele Di Kolam Terpal. Dalam dunia bisnis perikanan di indonesia, budidaya ikan lele yang paling banyak di minati oleh para pembisnis. Tak hanya caranya yang mudah tetapi membudidayakan ikan lele dapat meraup ke utungan yang besar juga.

ternak ikan lele

Langkah Mudah Budidaya Ikan Lele Di Kolam Terpal

Untuk peminat ikan lele sangatlah  banyak di kalangan masyarakat indonesia, dan tak sedikit pula pengusaha kuliner yang memakai ikan lele untuk menjadi menu di tempat kulinernya. Di karena kan tekstus dagingnya yang lembut dan enak saat di makan, dan mencari ikan lele sendiri juga sangat mudah sangat banyak di jual di pasar. Karena permintaan pasar sangat banyak terhadap ikan lele, maka dari itu banyak pembisnis ikan lele yang mendapat keuntungan yang besar dari usaha ikan lele tersebut.

  1. Dan ada beberapa cara membudidayakan ikan lele tersebut salah satunya yaitu di budidaya ikan lele di komlam terpal. Dan untuk mempersingkat waktu anda langsung saja simak artikel di bawah ini Langkah Mudah Budidaya Ikan Lele Di Kolam Terpal.

Langkah-langkahnya sebagai berikut :

 

  • Langkah 1 ( Persiapan Untuk Budidaya Lele )

1.  Memilih Bibit Lele Yang Berkualitas
Dalam budidaya ikan lele yang paling utama yaitu memilih bibit yang unggul dan berkualitas. Lele jenis dumbo atau sangkuriang. Dikarenakan bibit ini sangat mudah di dapatkan dan harganya yang murah tapi sangat berkualitas dan yang paling penting sangat mudah di budidayakan.

Dan tidak sedikit pula para pembudidaya lele memilih bibit ini. Bibit lele dumbo atau sangkuriang ini memmili kelebihan tersendiri di bandikan dengan lele lainnnya. Kelebihan dari lele ini yaitu :

Kualitas dagingnya sangat empuk
Ikan lele sangkuriang ini sangat tinggi intensitasnya dalam berproduksi.
Cara budidaya lele yang satu ini sangat mudah untuk di terapkan, asalkan memiliki kemauan dan niat.
Ikan ini juga lebih kebal terhadap penyakit yang sering menyerang ikan.

Dengan memiliki kelebihan ini maka dari itu ikan ini yang paling banyak di budidayakan oleh para pembudidaya ikan lele.

2. Syarat Hidup Lele
Meskipun ikan lele dapat hidup di kondisi air seperti air tawar, air asin, air rawa sekalipun. Tapi anda jangan sepele karena untuk mendapatkan hasil ikan yang berkualitas anda harus selalu memperhatikan airnya. Karena airnya sangat berpengaruh sekali bagi pertumbuhannya. Air yang baik untuk budidaya ikan lele ini  yaitu:

– Suhu Pada Air
Menurut penelitian ikan lele sendiri dapat hidup di suhu air berkisar 26 sampai 32 derajat celcius. Jika suhu di bawah 26 derajat celcius  maka pencernaan ikan lele akan mengalami gangguan. Dan akan mengahambat pertumbuhan ikan lele.
– Lokasi
Untuk lokasi sendiri boleh berada di mana saja,termasuk lokasi dengan ketinggian 1000 mdpl. Dan selain suhu yang harus anda pernahtikan dalam membudidayakan ikan lele, ada harus memastikan tingkat keasaman pada air. Tingkat keasaman yang cocok untuk budidaya ikan lele yaitu 7 sampai 8 pH.

kolam terpal ikan lele

  • Langkah 2 (Kolam Untuk Pertumbuhan)

Untuk kolam pertumbuhan sendiri di atur dari banyaknya ikan yang akan di letakan. Untuk  menampung 1000 benih ikan leleh, cukuk menggunakan kolam seukuran 5 x 2 meter saja.
Jikan ingin menambah bibit ikan anda tinggal mengalikannya saja untuk 1 meter persgi bisa menampung 100 ekor bibit ikan lele. Jadi jika anda mau memasukan 3000 ekor bibit ikan lele anda hanya perlu membuat kolam ukurang 6 x 5 meter saja. Namun kita juga harus memperhatikan isi kolam jangan terlalu banyak memasukan bibit ikan lele, karena jika terlalu padat atau banyak. Maka akan dengan mudah terkena penyakit.

Adapun jenis-jenis kolam pertumbuhan bagi lele antara lain yaitu :
> kolam terpal
> kolam semen
> kolam tanah

Dari 3 kolam pertumbuhan di atas kebanyakan orang  menggunakan kolam terpal sebab karna harganya yang murah dan kolam terpal lebih praktis membuatnya dari kolam semen dan kolam tahan. Bahkan kolam terpal juga sudah terbukti dapat memingkatkan prosuktivitas ikan lele.

– Cara Membuat Kolam terpal.
> hal yang harus dilakukan pertama kali yaitu menyiapkan terpal. Umumnya terpal hanya di jual dengan          harga 9000 permeter. Jika anda ingin membuat kolam berukuran 10 x 8 meter anda hanya perlu                    mengeluarkan uang 720 ribu saja.
> Selanjutnya gali lah tanah sesuai ukuran kolam yang dibutuhkan. Bagi pemula anda hanya perlu                      membuat ukuran berdiameter 5 x 2 meter saja sebab akan meminimalikan kerugian jika gagal.
> Ketika anda menggali tanah, usahakan kedalaman danah yang di gali itu sekitar 70 cm. Tanah galian             tersebut jangan di buang, jadikan saja tanggul di bibir kolam agar kitak mudah jebol ketika hujan deras         dan banjir.
> Trakhir tinggal membuat beberapa reng atau pagar kolam menggunakan bambu. Susunlah reng reng              tersebut di atas tanggul kolam yang memiliki ketinggian sekitar 30 cm untuk bagian sudah kolam.                  Sebaiknya junakan bambu yang masih utuh atau tidak di belah.

  • Langkah 3 ( Mempersiapakan Benih Yang Berkualitas )

Nah di langkah pertama tadi kita sudah tahu Benih yang berkualitas dan unggul untuk kita budidayakan. Dan benih yang unggul dan berkualitas bisa kita pilih dengan melihat ciri-cirinya.
> Tubuh pada ikan lele yang seimbang, anda harus memperhatikan ukuran kepala dan badan ikan lele itu.
> Selain itu anda harus memilih lele yang lincah dan aktif bergerak, dan tidak pucat. Dan warna tubuh             mengkilap, menandakan ikan itu tidak cacat.
> Dan trakhir kita harus melihat, ikan lele yang aktif bergerak menandakan ikan itu berkualitas.

benih ikan lele dumbo/sangkuriang

  • Langkah 4 ( Persiapan Penebaran Benih )

Jika kolam sudah selesai saatnya menebarkan bernih, dalam menebar benih ada 2 tahap yang harus kamu lakukan. Mengisi dan pemupukan pada benih lele.
> Isilah kolam dengan air bersih yang tidak tercampur dengan limbah apapun, isi sapai ketinggian 60 cm.
> Sediakan pupuk kandang seperti kotoran kambing atau domba, masukana ke dalam karung bagi menjadi      2 bagian.
> Setelah itu masukan pupuk tersebut kedalam kolam ( pupuk yang di berada dalam karung ) dan biarkan        saja. Sampai nanti karung tersebut bergerak bebas di permukaan air
> Setelah seminggu celupkan karung beruang kali ke dalam kolam lalu angkatlah, celupan ini berfungsi           agar pupuk dapat tersesab total oleh air,setelah semua di lakukan saatnya anda menebar benih.

  • Langkah 5 ( Penebaran Benih )

Penebaran benih yang baik dan benar yaitu pada pagi dan sore hari sebab jika karena tidak terekena langsung pancaran sinar matahari yang menyengat. Jika penebarang dilakukan pada siang hari itu tidak bagus karna akan membuat benih kepanasan dan mengkibatkan kematian.

  • Langkah 6 ( Pemeliharaan )

Ada 2 hal yang paling penting dan harus di lakukan  dalam pemeliharann ikan lele yaitu , pengolahakn air dan pemberian pakan pada ikan. Di anjutkan untuk tidak mengganti air kolam sampai masa panen, kita juga harus memperhatikan pada saat melakukan pengurasan air. Jangan melakukan cara sirkulasi karena cara ini dapat mengurangkan kadar asam pada air.

Untuk penambahan air sendiri harus anda lakukan dengan catatan bahwa benih sudah di beri makan, dan lakukan secara bertahap. Hal yang paling penting memberi pakan ikan berupa pelet, keo mas, plankton , cacing dan lainnya. Dan untuk memberikan pakan juga harus di perhatikan berilah pakan 5 sampai 6 kali dalam 1 hari setiap 2 samapi 3 jam sekali. Sebaiknya memberi pakan pasa saat matahari terbit agar polusi yang mencemari air hancur terlebih dahulu oleh paparan sinar matahari.

Dan jika terjadi hujan sebauiknya jangna memberi pakan pada ikan sebab jika anda memberikan nya maka zat asam pada pakan akan tercemar. Sebaiknya anda tunggu hingga hujan reda atau berhenti lalu berilah pakan pada ikan.

masa panen lele

  • Langkah 7 ( Pemanenan Lele )

Langkah trakhir ini yang paling di tunggu-tunggu yaitu masa panen. Masa panen biasa nya di lakukan pada saat ikan lele berusia sekitar 2 sampai 3 bulan, atau bisa di lihat dari ukurannya. Untuk 1kg bisa  7 sampai 8 ekor. Saat memanennya usahakan menggukan bahan yang licin untuk menakapnya agar tidak membuat lecet badan ikan lele.

Dan untuk lebih memudahkan anda memanennya sebaiknya anda menyurutkan air kolam terlebih dahulu agar mudah memanennya. Silahkan gunakan serokan atau tangguk untuk menangkapnya, dan pastikan anda menangkapnya dengan perlahan sebab ikan lele bisa saja sewaktu waktu menjadi agresif dan membuat anda kealahan saat memasukannya ke dalam tong plastik.

Demikian artikel yang saya buat mengenai budidaya ikan lele. Mungkin ada ingin mengetahui informasi tentang beternak dan seputaran hewan anda bisa mengunjungi :

Dan jika anda ingin liburan atau traveling yang murah ke mana saja anda bisa kunjungin

Related Post

Post a Comment

Your email is never published nor shared. Required fields are marked *
You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

  • Pos-pos Terbaru