Langkah Sukses Beternak Ayam Kalkun Meraup Untung Besar

Langkah Sukses Beternak Ayam Kalkun Meraup Untung Besar – Hallo sobat ternak sekalian. Kita kembali lagi bertemu di artikel ternak berkualitas. Dimana pada setiap pertemuan kita di artikel ternak berkualitas ini. Kita akan selalu hadir untuk mengulas dan juga memberikan informasi – informasi tips untuk beternak maupun memelihara hewan lainnya.

Nah pada pertemuan kita kali ini, kita akan membahas tentang bagimana langkah sukses beternak ayam kalkun yang bisa meraup keuntungan yang sangat besar. Nah untuk para sobat ternak berkualitas sekalian, yang sangat penasaran, bagaimana cara beternak ayam kalkun ini. Sobat ternak sekalian bisa langsung saja melihat artikelnya yang ada di bawah ini. Karena kali ini ternak berkualitas akan membahasnya untuk kalian semuannya.

Langkah Sukses Beternak Ayam Kalkun Meraup Untung Besar

Langkah Sukses Beternak Ayam Kalkun Meraup Untung Besar

Untuk dapat sukses dan meraup keuntungan yang besar dalam beternak ayam kalkun. Para sobat ternak berkualitas sekalian haruslah mengetahui langkah – langkah yang benar dan tepat agar bisa mendapatkan keuntungan yang besar dalam beternak ayam kalkun ini. Nah untuk itu, pada kesempatan kali ini ternak berkualitas juga akan mengajari dan memberitahukan. Langkah langkah agar kalian bisa sukses beternak ayam kalkun dan juga meraup keuntugnan yang besar. Nah untuk langkah – langkahnya, sobat ternak berkualitas bisa langsung saja melihatnnya di bawah ini.

Memilih Lokasi Beternak

Ayam kalkun merupakan salah satu dari jenis unggas yang memiliki ukuran besar. Dan ayam kalkun juga memiliki suara yang cukup besar pula. Nah untuk beternak ayam kalkun ini, kalian tentunya haruslah memilih tempat yang kondusif, agar tidak menggangu masyarakat lainnya.  Yaitu seperti  :

  • Jauh dari pemukian masyarakat
  • Tidak terdapat hewan buas seperti ular / lainnya
  • Memiliki suhu normal dan tidak lembab
  • Mendapatkan sinar matahari yang cukup.

Jika kalian sudah memiliki lokasi yang pas, yang sudah mencakup 4 unsur yang di atas ini. Barulah kalian bisa melanjutakan langkah selanjutnya untuk beternak aya, kalkun.

Pemilihan Bibit Unggul Ayam Kalkun

Langkah Sukses Beternak Ayam Kalkun Meraup Untung Besar

Nah untuk langkah sukses beternak ayam kalkun. Pemilihan bibit merupakan salah satu faktor utama yang menentukan kesuksesan kalian dalam membudidayakan ayam kalkun. Dimana untuk memilih ayam kalkun yang berkualitas yaitu adalah sebgai berikut :

  • Memiliki tubuh yang besar dan tegap
  • Warna tubih gelap
  • Lincah dan sehat
  • Nafsu makan tinggi
  • Kotaran memiliki warna normal ( tidak encer dan juga berwana putih atau hijau )

Itu tadi adalah beberapa cara pemilihan bibit ayam kalkun yang unggul. Dimana untuk membeli bibit ayam kalkun ini, kalian bisa langsung saja membelinya di peternakan ayam kalkun yang sudah terjamin.

Langkah Sukses Beternak Ayam Kalkun

Membuat Kandang Sesuai Usia 

Langkah Sukses Beternak Ayam Kalkun Meraup Untung Besar

Nah dalam beternak ayam kalkun ini pula, kalian tidak bisa menyatukan ayam kalkun yang memiliki usia berbeda. Melainkan kalian haruslah membuat kandan yang berbeda dan terpisah sesuai dengan usia ayam kalkun itu sendiri. Nah sebagai contoh kandang yang tepat yaitu sebagai berikut :

  • Kalkun usia 0-30 hari

Buatlah kandang bebentuk kotak, yang memiliki suhu hangat. Nah untuk penambahan suhu sendiri bisa kalian tambahakn bolam 5 watt di dalam kandangn tersebut. Dan untuk bagian alasnnya kalian bisa memberikannya dengan koran bekas atau kerta kertas lainnya. Dan juga pergantian alas secara teratus agar kandan tetap bersih dan tidak berkuman.

  • Kalkun usia 31 – 75 hari

Nah untuk ayam kalkun yang sudah berusia 31 sampai 75 hari, kalian haruslah memindahkannya dari kandangn anakan tadi. Dimana untuk kalkun yang sudah memiliki usia seperti ini. Kalian harus menyediakan kandangn yang berukuran panjang 2 meter, tinggi, 75 cm, lebar 85 cm. Nah kandang dengan ukurang seperti ini pun hanya bisa menampun kurang lebih 15 sampai 20 ekor ayam kalkun usia 31- 75 hari tergantung ukuran badan.

  • Kalkun Dewasa

Nah untuk ayam kalkun yang sudah dewasa. Kalian tentunya harus menyediakan kandang yang memiliki ukuran kurang lebih 5 x 10meter, dengan asal tanah yang kering. Nah dengan kandang demikian, kalkun yang kalian pelihara dapat bergerak dengan leluasa. Nah dengan luas kandang seperti ini pula, kalkun jantan juga harus di bedakan lagi, yaitu dari  jenis kelamin dan juga tugasnya yaitu seperti :

  1. Kandang Kalkun Pejantan
    Tugasnya untuk membuahi kalkun betina, dan setiap kalkun jantan haruslah kalian bedakan ya. Karena jika tidak kalian bedakan nantinya pejantan pejantan tersebut akan mengalami perkelahian.
  2. Kandang Kalkun Pengeram
    Nah untuk kalikun yang betina, kalian juga haruslah membuat kandang mengeramnya tersendiri. Hal ini fungsinya agar setelah peroses pembuah dan bertelur di lakukan. Nantinya kalkun betina tentunya akan mengerami telurnya. Nah untuk itu kalian harus membuat kandang tersediri untuk ayam kalkun mengerami telurnya dengan nyaman dan aman. Agar telur ayam kalkun yang di eramin dapat menetas semua dengan sempurna.
Pemberian Pakan & Perawatan Kalkun

Langkah Sukses Beternak Ayam Kalkun Meraup Untung Besar

Nah untuk sukses beternak ayam kalkun, kalian tentunya harus melakukan hal yang paling wajib. Yaitu adalah memberikan pakan yang baik dan juga melakukan perawatan yang rutin, agar kalian sukses beternak ayam kalkun. Nah untuk pakanan dari ayam kalkun itu sendiri. Kalian bisa memberikan yaitu seperti :

  • Sisa makanan rumah atau di restoran
  • Dedak dan olahan sayuran lainnya
  • Memberikan pakanan konsentrat tambahan yang bisa di dapat di toko hewan ternak.

Itu tadi adalah beberapa pakan yang bisa kalian berikan untuk kalkun yang kalian ternak. Dan selanjutnya kalian juga harus melakukan perawatan dalam beternak ayam kalkun ini. Dimana perawatan yang bisa kalian lakukan yaitu seperti  :

  • Memberikan vaksin
  • Memberikan pakan yang bergizi bagi anakan dan juga vitamin dan asuapan pertumbuhan
  • Membersihkan kandang

 Mengembang Biakan Kalkun 

Langkah Sukses Beternak Ayam Kalkun Meraup Untung Besar

Agar sukses beternak ayam kalkun, para sobat ternak berkualitas sekalian juga harus mengetahui cara mengembang biakannya. Nah untuk ayam kalkun, bisa di kembang biakan yaitu pada usia 6 bulan untuk kalkun betina. Sedangkan untuk kalkun jantan sebaiknya kalkun sudah berusia 10 bulan sampai 1 tahun lebih. Nah untuk perkembang biakannya sendiri ada 2 langkah, yaitu dengan perkawinan alami dan bantuan dari para peternak

  • Perkawinan Alami

Layaknya seperti unggas lainnya, yang dimana ayam kalkun ini pula, nantinya pasti akan melakukan perkawinann alami tanpa bantuan para peternak. Dimana setelah melakukan perkawinan alami, nantinya ayam kalkun juga akan betelur dan mengerami telurya sendiri.

  • Bantuan Peternak

Nah ayam kalkun merupakan salah satu unggas yang memiliki, ukuran yang tergolong besar. Dimana tidak sedikit dari para peternak kalkun, selalu membantu proses perkwinan ayam kalkun ini. Hal ini di karenakan perkawinan secara alami ini sedikit sulit di lakukan. Maka dari itu, para peternak akan membantunya dengan cara membuat ayam kalkun duduk agar pecantannya bisa mengawinininya. Dan selain itu pula. Biasasnya para peternak akan membantu proses pengeramannya dengan cara menggunakan mesin tetas. Nah mesin tetas ini tentu nya sangat membantu keberhasilan penetasa telur ayam kalkun.

Langkah Sukses Beternak Ayam Kalkun

Baiklah sekian pembahsan kita kali ini. Mengenai langkah sukses beternak ayam kalkun yang meraup untung besar. Nah bagi para pecinta hewan ternak yang ingin mendapatkan hasil yang lumayan. Kalian bisa langsung saja melakukan ternak ayam kalkun. Dan bagi para sobat ternak berkualitas sekalian. Yang ingin beternak hewan hewan lainnya, namun kalian belum mengetahui langkah langkahnya. Kalian bisa langsung saja membaca artikel kami lainnya yang ada di bawah ini. Disana sudah banyak sekali di sediakan tips atau langkah – langkah beternak hewan yang sangat menguntungkan.

Related Post

Post a Comment

Your email is never published nor shared. Required fields are marked *
You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

  • Pos-pos Terbaru