Sukses Beternak Ayam Serama Yang Menguntungkan Jutaan Rupiah

Ternak Berkualitas – Hai sobat terbar berkualitas, kali ini saya akan membahas bagaimana cara Sukses Beternak Ayam Serama Yang Menguntungkan Jutaan Rupiah. Apakah sobat ternak sudah mengetahui tentang ayam serama sebelumnya ?. Sobat ternak jangan mengira kalau ayam serama sama dengan ayam kate ya..! Karena ayam kate dengan ayam serama berbeda loh. Baiklah dari pada kalian penasaran sebaiknya langsugn saja kalian simak penjelasannya di bawah ini.

Sukses Beternak Ayam Serama Yang Menguntungkan Jutaan Rupiah

Sukses Beternak Ayam Serama Yang Menguntungkan Jutaan Rupiah

Ayam serama adalah salah satu ayam hias. Ayam seram berasal dari negara malaysia, ayam serama adalah ayam terkecil di dunia. Ayam serama mulai di kenal pada tahun 1990 melalui kontes pertamanya yang di seenggarakan di perlis. Ayam serama sangat menyengkan jika di pelihara karena pandai memikat hati dengan keelokanan badannya.Jika kita perhatikan ayam ini segera mengangkat dada dan meluruskan ekornya tegak keatas hingga 90 derajat serta mengibaskan kedua sayapnya.

Nah, seperti yang saya bilang di atas tadi ya  bahwasannya ayam serama berbeda dengan ayam kate, dari ukuran memang sama sama kecil namun ayam serama asli memiliki tubuh yang lebih kecil dari pada ayam kate untuk lebih jelasnya bisa kalian lihat perbedaannya di bawah ini :

AYAM SERAMA

  • Bentuk badan lebih kecil, untuk ayam serama asli dewasa badannya hanya sebesar satu kepalan tangan orang dewasa.
  • Berasal dari Negeri Jiran, Malaysia.
  • Dada ayam serama membusung.
  • Kepalanya hampir menyentuh ekor ketika dadanya membusung.
  • Warnanya kebanyakan adalah hitam atau merah.
  • Berat badan sekitar 350gr – 500gr.
  • Kaki kecil, pendek, tapi tidak cebol.
  • Ciri serama yang bagus adalah ekor yang cantik, berdada tegak, kepak sayap lurus ke bawah.
  • Hewan peliharaan yang jinak, manja, dan mengenal pemiliknya.
  • Mempunyai gelagat yang menarik, seperti berjalan mundur kebelakang, energik dan lucu ketika berjalan membusungkan dada.

Sukses Beternak Ayam Serama Yang Menguntungkan Jutaan Rupiah

AYAM KATE

  • Umumnya memiliki bentuk badan yang lebih besar.
  • Dadanya lurus (tidak menonjol / membusung).
  • Warnanya bermacam-macam, ada yang berwarna putih.
  • Berat badan ayam kate jantan diatas 500gr.
  • Pada umumnya kakinya kecil, mungil, gendut, dan pendek. Namun ada juga ayam kate yang panjang kakinya.
  • Ciri punggung ayam kate panjang, tidak begitu tegak dan terkesan cebol.
  • Berasal (endemik dari berbagai daerah) setiap daerah memiliki tipe ayam kate yang berbeda.

Nah, itu lah beberapa perbedaan ayam serama dengan ayam kate. Baiklah dari pada membuang waktu lagi langsung saja kita ke topik pembahsannya yaitu Sukses Beternak Ayam Serama Yang Menguntungkan Jutaan Rupiah.

Jika anda sudah mengetahui perbedaan ayam serama dengan ayam kate selanjutnya yaitu beberapa langkah yang harus anda lakukan dalam cara Sukses Beternak Ayam Serama Yang Menguntungkan Jutaan Rupiah.

  1. Mempersiapkan Kandang Untuk Ternak Ayam Serama

Sukses Beternak Ayam Serama Yang Menguntungkan Jutaan Rupiah

 

Sebelum anda mulai beternak ayam serama seperti biasa yang harus anda lakukan pertama kali yaitu membuat kandangnya. Layaknya beternak ayam lainnya untuk beternak ayam serama anda juga membutuhkan kandang yang nantinya sebagai tempat beternak ayam anda. Saran dari saya sebaik anda harus mempersiapkan lahan yang cukup untuk membuat kandangnya.

Karena agar ayam serama anda dapat bergerak bebas. Untuk ukuran kandang minimal yaitu 40 x 40 x40 cm. Desain kandang bisa di tentang dengan luas lahan yang anda miliki  bisa anda buat sepetti kotak atau juga lingkaran.  Anda juga bisa membacara nya di Cara Ternak, di sana juga di jelaskan bagaiman cara membuat kandangnya.

 

      2. Pemilihaan Indukan Ayam Serama Yang Berkualitas

Sukses Beternak Ayam Serama Yang Menguntungkan Jutaan Rupiah. Untuk mendapatkan keturanan yang berkualitas tentu saja anda juga haruslah memilih dan mempersipkan indukan yang berkualitas pula. Sebelum memulai beternak ayam serama saran dari sebaiknya dan memilih indukan yang seperti saya jealskan di bawah ini

  • Sebaiknya indukan yang anda pilih untuk ternak nantinya sudah memenangkan kontes, Jika tidak anda juga dapat memilih pejantan yang lebih kecil dari betina agar keturunannnya nantinya juga memiliki badan yang kecil seperti pejantan.
  • untuk betina maupun jantan seaiknya sudah mencapai usia 1 tahun atau lebih
  • sehat, lincah dan tidak cacat sedikitpun

      3. Pemberian Pakan Ayam Serama

Pemberian pakan ayam serama juaga sama seperti ternak ayam lainnya. Untuk pakannya anda bisa berikan pakan yang baik dan bergizi. Contoh nya yaitu voer, dedak, jagung giling. Untuk pemberiannya yaitu dengan cara mencampurkan semuannya menjagi satu di dalam tempat pakan ayam serama. Dalam takaran yang pas pula ya jangan terlalu berlebihan jika memberi makanananya karena nanti akan terbuang sia-sia.

Sebaiknya anda berikan 3x sehari dengan takaran yang pas. Dan jangan lupa pula memberikan minuman yang sudah di campur dengan Vitamin ayam yang nantinya akan menjaga kekebalan dan kesehatan tubuh si ayam serama. Setelah itu pada saat sore hari anda bisa melepaskan ayam serama anda agar dapat bergerak bebas di luar kandang dan memakan rumput dan bebatuan kecil yang berfungsi memperlancar pencernaan ayam serama anda. Anda juga bisa membacanya di Panduan Beternak Yang Menguntungkan, di sana juga sudah di jelaskan berbagai makanan ayam yang baik dan berkualitas juga.

      4. Proses Pengawinan Ayam Serama

Sukses Beternak Ayam Serama Yang Menguntungkan Jutaan Rupiah

Sukses Beternak Ayam Serama Yang Menguntungkan Jutaan Rupiah. Untuk beternak ayam serama anda juga perlu mengawinkan ayam serama tersebut. Setelah beberapa minggu anda merawat ayam serama anda sudah bisa mengawinkan ayam serama anda, untuk mengawinkannya yaitu bisa anda lakukan dengan cara memasukan pejantan dan betina dalam sebuah kandang atau juga bisa anda bantu dengan cara memegang ayam betina lalu menyodorkannya ke depan pejantan. Hal ini anda lakukan dalam artian jika ayam serama jantan kesusahan melakukannya.

Selain itu anda juga dapat melakukan teknik kawin gilir, yaitu ayam betina melayani 3 ekor pejantan secara bergiliran dalam selang waktu 2 hingga 3 jam, ini bertujuan untuk memperoleh hasil yang maksimal dalam peternakan.

      5. Memasuki Masa Bertelur, Mengerami & Penetasan Anak Ayam Serama

Setelah anda melakukan proses pengawinan, sebaiknya anda harus lah segera membuat kotak untuk sarang beterlur ayam serama nantinya. Setelah itu jangan lupa dan letakan juga gerami kering untuk alas telurnya nanti, agar nantinya telur tetap hangat. Setelah 2 minggu melakukan proses perkawinan ayam serama akan segera bertelur di tempat yang sudah anda sediakan tadi. Ayam serama akan bertelur selama kurang lebih seminggu dan akan mengasilkan telur paling banyak biasanya sekitar 5 sampai 6 butir saja.

Dan selanjutnya barulah ayam serama memasuki masa pengeramannya. Dalam masa pengeraman anda harus lah lebih teliti sebiknya pejantannya serama di jauhkan terlebih dahulu karena nanti dapat mengganggu proses pengeramana nya. Dan jangan lupa selalu memperthatikan bahwasannya tidak ada gangguan apapun dari luar kandang mau pun dalam kandang pengeraman. Agar nantinya proses pengeramanan berjalan dengan maksimal.Sebaiknya anda selalu menyediakan makanan dan minuman dekat kandang pengeraman, fungsinya agar indukan dapat memenuhi ke butuhannya saat mengeram. Agar idnukan tidak perlu mencari makannya lagi.

Sukses Beternak Ayam Serama Yang Menguntungkan Jutaan Rupiah

Seperti ayam lainya ayam seram akan melakukan proses pengeraman dalam waktu 21 hari lamannya. Dan setelah 21 hari pengeraman maka telur ayam serama akan menetas, jika sudah terlihat atau mendengan suara anaknya sebaiknya biarkan saja dahulu selama 1 tau 2 hari sampai semuannya menetas. Jika sudah menteas semuanya selanjutnya indukana dan anakan pindahkan ke kandang khusus dan juga anda bisa meletakkan penerangan sepeti bolam 5 atau 10 watt yang nantinya dapat mengahangatkan anakan ayam serama yang baru menetas tadi.

Setelah itu jangan lupa anda berikan voer yang harus khusus anakan dan juga meletakan minuman yang sudah di berikan vitamin yang berfunsi sebagai perangsang pertumbuhannya. Biarkan anak ayam serama bersama induknya kurang lebih 2 minggu sampai anakan memiliki bulu dan sudah bisa makan sendiri.

      6. Perawatan Anakan

Sukses Beternak Ayam Serama Yang Menguntungkan Jutaan Rupiah

Sukses Beternak Ayam Serama Yang Menguntungkan Jutaan Rupiah. Setelah anak ayam seram anda berusia 2 minggu anda sudah bisa memisahkannya dari indukannya. Ini berfungsi agar indukan ayam serama bisa memproduksi lagi dan menghasilkan keturunan berikutnya. Dan perkembangan ternak anda semakin cepat, namun anak ayam yang masih berusia 2 minggu tadi harus tetapi di kandang dan berikan lampu, agar anak ayam serama tidak merasa kedinginan. Berikan makan secara teratur dan vitamin untuk penunjang pertumbuhannya.

Setelah anak ayam berusia 2 bulan dan sudah memiliki bulu yang lengkap barulah anda bisa melepas lampu yang di kandang ayam serama tersebut. Dan jangan lupa pula untuk memberikan asupakn gizi lainya seperti sayur sayuran, sampai ayam berusia 6 bulan.

      7. Pelatian Ayam Serama

Sukses Beternak Ayam Serama Yang Menguntungkan Jutaan Rupiah

Setelah ayam serama anda berusia 6 bulan anda bisa melatihnya agar dapat memenangkan kontes. Sebelum melatihnya sebaiknya anda sortis terlebih dahulu yaitu memiliki badan kecil, tegap saat berdiri dan dadanya membusung kedepan. Setalah anda mendapatkan ayam yang anda inginkan untuk mengikuti kontes nantinya, barulah anda bisa melatihnya.

Untuk melatihnya cukup mudah anda hanya perlu menyediakan meja bundar atau pun persegi yang dilapisi karpet berwarna hijau. Setelah itu letakan ayam serama anda di atas nya, dengan sendirinya ayam serama anda akan memareskan keolekan tubuh yang di milikinya, dan tidak mematuki karpet yang di sangakanya adalah rumput. Emang sih pada saat pertama kali di lakukan latihan ini ayam serama pasti akan mematuki karpet tersebut, karena mengira bahwasannya itu adalah rumput. Tapi dengan berjalannya waktu ayam serama akan terbiasa dengan karpet tersebut dan tidak mematukinya lagi, tetapi hanya memamerkan keolekannya saja di atas panggung.

Dan untuk mempercantik bulunya bisa anda lakukan dengan cara memandikan danmenjemurnya secara rutin, agar bulunya di mikinya terlihat lebih indah dan mengkilat saat kontes.

      8. Masa Pemanenan

Sukses Beternak Ayam Serama Yang Menguntungkan Jutaan Rupiah

Dan trakhir dari Sukses Beternak Ayam Serama Yang Menguntungkan Jutaan Rupiah. Dan yang paling di tunggu tunggu para peternak ayam serama yaitu masa pemanenannya. Sebenarnya pemamenan sudah bisa di lakukan pada saat ayam serama berusia 6 bulan karena pada saat usia 6 bulan sangat banyak peminatnya. Tapi jika anda ingin menjualnya pada saat sudah memenangkan kontes bisa juga karena harganya tentulah lebih mahal.

Untuk harga ayam serama yang berusia 6 bulan biasanya di jual dengan harga 500 sampai 1,5 jt per ekornya tergantung bentuk dan warna bulunya. Dan jika yang sudah memenangkan kontes bisanya di bandrol mulai dari harga 2,5 sampa 6 jt per ekornya, Sangat menggiurkan bukan beternak ayam serama.

Dan tips untuk Sukses Beternak Ayam Serama Yang Menguntungkan Jutaan Rupiah yaitu jangan lupa untuk memberihkan selalu kandangnya agar ayam terhindari dari penyakit dan parasit yang dapat menggangggu kesehatan ayam serama anda nantinya. Semoga artikel yang saya buat kali ini dapat menambah ilmu pengertahuan dan ya para sobat ternak berkualitas. Dan jangan lupa selalu mengikuti ternak berkualitas karena ternak berkualitas akan update setiap harinya mengernai hewan yang berkualitas lainnya. Sampai jumpa di kesempatan berikutnya ya para sobat ternak berkualitas ^_^

 

 

Related Post

  • 4 Ayam Terunik 150x150

    4 Ayam Terunik Dan Juga Langka Di Dunia

    Ternak Berkualitas | 4 Ayam Terunik Dan Juga Langka Di Dunia - Apa kabar semuanya para sobat ternak berkualitas sekalian. Pada hari yang cerah ini kita berjumpa kembali di artikel ternak berkualitas.
  • 5 Hewan Peliharaan 150x150

    5 Hewan Peliharaan Yang Mudah Dirawat Bagi Pemula

    Ternak Berkualitas | 5 Hewan Peliharaan Yang Mudah Dirawat Bagi Pemula - Hallo para sobat ternak berkualitas sekalian. Kita kembali bertemu di artikel artikel ternak berkualitas. Nah pada kesempatan
  • 11 Langkah Sukses Beternak 150x150

    11 Langkah Sukses Beternak Burung Mozambik

    Ternak Berkualitas | 11 Langkah Sukses Beternak Burung Mozambik - Hallo sobat ternak berukualitas sekalian. Kita kembali bertemu lagi. Nah di kesempatan yang kali ini saya akan membahas tentang cara
  • Beternak Ayam Joper 150x150

    Beternak Ayam Joper Yang Menguntungkan 3 Bulan Panen

    Ternak Berkualitas | Beternak Ayam Joper Yang Menguntungkan 3 Bulan Panen - Hai, sobat ternak berkualitas sekalian. Kita bertemu lagi di artikel ternak berkualitas. Yang selalu memberikan informasi -
  • Cara Merawat Hamster 150x150

    Cara Merawat Hamster Di Rumah Dengan Baik Dan Benar

    Ternak Berkualitas | Cara Merawat Hamster Di Rumah Dengan Baik Dan Benar - Hai kalian semuannya para sabahat ternak berkualitas. Berjumpa lagi bersama saya di artikel ternak berkualitas ini. Di

Post a Comment

Your email is never published nor shared. Required fields are marked *
You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

  • Pos-pos Terbaru