Sukses Beternak Kambing Dengan mudah Dan Benar

Ternak Berkualitas – Hai sobat ternak berkualitas. Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan 1 cara Sukses Beternak Kambing Dengan mudah Dan Benar. Kambing merupakan salah satu hewan peliharaan yang sering di kembang biakan khusunya masyarakat indonesia. Kambing juga salah satu kebutuh yang sangat penting bagi masyarakat, maka dari itu banyak sekali orang yang beternak kambing. Mau itu kambing jawa ataupun kambing etawa

Sukses Beternak Kambing Dengan mudah Dan Benar

Sukses Beternak Kambing Dengan mudah Dan Benar

Seperti yang kita tahu kambing merupakan salah satu kebutuhan bagi masyarakat. Dan pada setiap tahunnya jumlah peenduduk di indonesia akan bertambah terus menerus. Dan permintaaan terhadap daging di pasaran menjadi meningkat pesat. Nah di sinilah kesempatan yang bisa kita gunakan untuk menghasilkan uang ya itu dengan cara beternak kambing. Selain untuk mendahapan hasil uang, dalam beternak kambing kita juga bisa membantu negara dengan cara mengurangi impor daging dari luar negeri.

Beternak kambing sangatlah menguntungkan, karena hampir keseluruhan dari kambing bisa di jual dan mengahsilkan uang. Mulai dari daging, susu, kulit, tulang, Dan bahkan kotoran kambing bisa di jadikan pupuk dan dapat di jual di pasaran. Tetapi sebelum anda merawat kambing anda harus mengenak terlebih dahulu kambing yang ingin ada pelihara, dan juga anda harus mengetahui dan memahami cara beternak dan memeliharannya.

Dan pada kesempatan kali ini saya akan membagikan tips atau cara sukses beternak kambing dengan mudah dan benar, silahkan simak artikel saya di bawah ini.

  • Persiapan Kandang Kambinng.

Sukses Beternak Kambing Dengan mudah Dan Benar

Kandang kambing merupakan hal yang paling utama dalam sukses beternak kambing dengan mudah dan benar. Kandang merupakan faktor paling berpengaruh dalam beternak kambing. Pembuatan kandang yang baik dan benar dapat menjamin keberhasilan anda dalam beternak kambing.

Selain itu faktor yang juga menjadi hal terpenting yaitu kebersihan kandang kambing anda, dan penempatan kandang haruslah pas. Kandang yang baik yaitu berjarak 5 smpai 10 meter dari rumah anda agar tidak  menimbulkan bau yang tidak sedap yang dapat menggangu aktifitas anda. Tempatkan di tempat yang teduh dan tidak terlalu panas. Pastikan juga kandang terkena sinar matahari yang cukup agar kandang selalu kering dan tidak lembab.

Untuk pembuatan kandang yang IDEAL yaitu:

  1. Kandang Khusus untuk indukan dan anak yaitu 120 x 120 CM per ekornya
  2. Kandang indukan untuk 1 ekornya yaitu 100 x125 cm
  3. Kandang pejantanuntuk satu ekor yaitu 110 x125 cm
  4. Sedangkan kandang untuk kambing muda atau yang siap potong yaitu 100 x 125 cm
  • Membeli Bibit Yang Berkualitas

Tahapan selanjutnya dalam sukses beternak kambing dengan mudah dan benar yaitu Membeli bibit yang berkualitas. Setelah kandang kambing sudah siap anda buat, saatnya memilih kambing yang ingin anda ternak. Sebelum nya tentu saja anda sudah memikirkan tujuan anda beternakkambing untuk apa bukan. Untuk pedaging atau pun untuk mengambil susunya.

Baiklah saran dari saya jika anda ingin beternak untuk pedaging sebaiknya anda memilih kambing KACANG. Karena kambing kacang merupakan kambing yang paling mudah di rawat, tidak mudah terserang penyakit, cepat berkembang biak,kambing gampang gemuk, Dan yang paling penting daging kambing kacang sangat lah di gemari oleh masyarakat. Tetapi jika anda menginginkan untuk pedaging dan susu perah. Sebaiknya anda pilih kambing ETAWA karena kambing etawa adalah penghasil susu terbaik dari kambing lainnya. Dan kambing etawa memiliki ukurang yang lebih besar dari pada jenis kambing lainnya pastinya daging yang di hasilkan kambing etawa lebih banyak dari kambing lainnya.

Ciri-Ciri Indukan Kambing Jantan Yang Berkualitas.

  1. Ukutang tubuh panjang dan besar
  2. Bagian dada lebar
  3. Lebih baik lagi tubuh bagian belakangnya lebih tinggi dan besar
  4. Kaki lurus dan kuat
  5. Lahir dari 2 berdaudara atau tunggal
  6. Usia sekitar 1 sampai 3 tahun
  7. Memiliki hasrat yang tinggi untuk kawin
  8. Dan yang paling penting kambing tidak terlalu gemuk dan perawakannya gagah.

Ciri-Ciri Indukan Kambing Betina Yang Berkualitas

  1. Memiliki tubuh yan glebih sembang
  2. Bagian dada seimbang
  3. Memiliki garis punggunga dan pinggang yang lurus
  4. Jinak dan tidak galak
  5. Terlahir dari 2 bersaudara atau tunggal.
  6. Memiliki Ambing yang simetris dan tidak menggantung, putingnya ada dua buah atau bercabang.
  7. Keempat kakinya lurus dan memiliki tumit yang tinggi.
  • Pemberian pakan

Sukses Beternak Kambing Dengan mudah Dan Benar

Sukses beternak kambing dengan mudah dan benar. Setelah anda membeli kambing yang siap untuk di ternak selanjutnya anda harus memberikan pakan untuk sang kambing. Berilah pakan yang sehat dan mudah di dapat, tidak mengandung racun dan mudah di cerna oleh kambing. Pakan yang baik untuk kambing harus lah mengandung karbohidrat, protein, mineral, dam vitamin yang di butuh kan kambing dalam setiap harinya.

Kamu bisa memberikan jenis rumput alam atau rumput lapangan. Atau, bisa juga memberi rumput yang memang sengaja dibudidayakan untuk pakan seperti rumput Clitoria ternateaSetaria, dan Brachiaria. Dan kamu juga jangan lupa untuk memberikan pakan tambahan seperti konsentrat yang dapat kamu beli di toko pakan ternak.

Jika kamu tidak mau memakai konsentrat, ada solusi lain agar pertumbuhan kambing baik, sehat, dan gemuk. Kamu bisa mencampur beberapa bahan dengan berat 3 kg (sebaiknya pemberian pakan tambahan sebanyak 3 kg setiap harinya). Campur 40% ampas tahu, 40% bekatul, dan 20% racikan singkong. Pakan tambahan ini bisa diberikan saat siang hari, bukan berbarengan saat memberikan pakan hijau-hijauan. Pemberian pakan yang baik adalah dengan memberi pakan hijau-hijauan sebanyak dua kali dalam sehari, yaitu saat jam 8 pagi dan 4 sore. Berat pakan yang diberikan setiap harinya adalah 10% dari berat kambing. Pemberian pakan tambahan diberikan sebanyak 3 kg setiap harinya, dan diberikan pada saat siang hari. Ada perlakuan khusus untuk kambing yang sedang hamil, menyusui, atau pejantan yang sering dikawinkan. Sebaiknya, pakan yang diberikan pada kriteria hewan tersebut ditambah dengan pakan penguat. Kamu bisa mendapatkannya di toko pakan ternak. Dan jangan lupa untuk memberi minumnya setiap hari.

  • Masa Perkawinan Kambing

Masa perkawinana kambing yaitu ada saat kambing sudah mencapai usia 10 sampai 12 bulan.Waktu birahinya berlangsung sekitar 24-45 jam, dan siklusnya akan berselang selama 17-21 hari. Tanda birahi seekor kambing biasanya adalah sifatnya yang berubah jadi gelisah, nafsu makan dan minumnya berkurang, ekornya dikibas-kibaskan, lebih sering kencing, serta kemaluannya akan bengkak dan basah. Untuk beternak kambing, kita perlu juga mengetahui perbandingan antara jantan dan betina. Biasanya, peternak kambing memakai rasio jantan dibanding betina adalah 1:10. Setelah dibuahi, betina akan bunting selama 144-156 hari, atau sekitar lima bulan. Setelah anak kambing lahir, biasanya akan disapih setelah umurnya mencapai 3-4 bulan.

Kambing dapat melahirkan sampai 2 kali dalam 1 tahun. Bisanya kambing dapat melahirkan anak sebanyak 2 sampai 3 ekor dalam sekali melahirkan. Yapssssss…. Kalian pikirkan saja 1 induk kambing dapat melahirkan anak 3 ekor anak kambing dalam sekali melahirkan. Berarti dalam 1 tahun dia dapat melahirkan 6 anak. Sangat menguntungkan bukan.

  •  Masa kelahiran Anak Kambing

Ketika akan melahirkan, kambing biasanya memiliki tanda seperti terlihat gelisah, kakinya akan menggaruk-garuk ke tanah, pinggul kambing mengendur, ukuran ambing kambing sangat besar dan jika dipencet mengeluarkan cairan, mengembik, nafsu makan menurun, serta alat kelaminnya membengkak

  • Merawat Anakan kambing

Sukses Beternak Kambing Dengan mudah Dan Benar

Sukses beternak kambing dengan mudah dan benar. Biasanya setelah indukan melahirkan anakannya indukan tidak terlalu memperhatikan anakannya. Oleh karena itu sebaiknya anda mendekatkan anaknya dekat di induknya,namun jika indukan tidak ingin menyusui anakan sebaiknya kalian langsung bertindak yaitu dengan cara memberikan susu buatan untuk anak kambing.

Yang harus kalian lakukan yaitu membuat susu untuk anak kambing, bahan bahannya yaitu terbuat dari susu putih, gula,satu sendok teh, dan satu butir telur ayam. Semua bahan tersebut dicampurkan dengan segelas kecil air matang. Berikan sebanyak 2 kali sehari sampai indukan mau menyusui anaknya.

  • Menghitung Usia Kambing

Setelah kambing di lahirkan kalian harus lah menghitung dan mengetahui usia kambing sampai dewasa. Misalnya kalian lupa kalian bisa mengertahuinya dengan cara sebagai berikut

  • 1 pasang gigi permanen diperkirakan umurnya antara 1-2 tahun.
  • 2 pasang gigi permanen diperkirakan umurnya antara 2-3 tahun.
  • 3 pasang gigi permanen diperkirakan umurnya antara usia 3-4 tahun.
  • Keseluruhan gigi permanen diperkirakan umurnya antarausia 4-5 tahun
  • Mencegah Penyakit pada kambing

Selanjutnya yang harus anda perhatikan yaitu menjaga dan mencegah penyakit yang dapat menyerang kambing anda. Untuk pencegahannya yaitu anda melakukannya dengan cara pemberian makanan bergizi, melakukan vaksinasi. jika sudah dilakukan beberapa hal untuk menghindarinya, tapi masih saja kambing terkena penyakit, segera lakukan pengobatan. Penyakit yang biasanya menyerang kambing adalah kudis atau scabies, cacingan, paru-paru atau pneumonia, kembung perut atau bloat, koksidiosis, dan orf. Langsung saja anda membawanya ke dokter hewan terdekat.

  • Perawatan Kandang Kambing

Selain memberikan asupan nutrisi, vitamin dan, vaksin. Anda juga harus selalu menjaga kandang kambing agar kambing anda selalu sehat. Kandang kambing tidak boleh lembab, dan kotor.  oleh karena itu setia harinya selalu membersihakan kandang kambing, dan jika kotoran kambing sudah menumpuk di bawah kandang. sebaiknya anda memasukannya ke dalam karung.  Selain itu kotoran kambing juga dapat di jual.

  • Masa Pemanen Kambing

Sukses Beternak Kambing Dengan mudah Dan Benar

Trakhir dalam sukses beternak kambing dengan mudah dan benar yaitu memasuki masa panen. Untuk memanen kambing ada 2 jenis. Yaitu panen daging dan panen susu. Seperti yang sudah saya jelaskan di atas beternak kambing sangatlah menguntungkan, karena  semua dari kambing bermanfaat mulai dari susu, daging, tanduk, kulit, dan kotorannya.

Unruk Pemanenan daging kambing yaitu pada saat kambing memiliki berat badan yang melebihi timbangan, Atau lebih tepatnya tidak bisa di timbang lagi karena jika berat badang kambing sudah melebihi maka harga jual kambing akan lebih mahal. Untuk mencapai berat melebihi timbangan, kambing haruslah berusia lebih dari 1 atau 1,5 tahun.

Nah sekian pembahasan saya mengenaik cara sukses beternak kambing dengan mudah dan benar bagi kalian yang ingin memulai beternak kambing kalian bisa mengeikuti langkah langkah yang di atas. Baiklah semoga artikel yang saya buat dapat menambah ilmu pengertahuan kalain mengenaik cara beternak kambing.

Jangan lupa selalu mengikuti artikel saya ini dan nantikan artikel artikel ter update seputara ternak berkulaitas. Dan bagi kalian yang ingin mengetahui seputaran hewan lainnya kalian bisa dapat mengklik link kami di bawah ini.

Related Post

  • 11 Langkah Sukses Beternak 150x150

    11 Langkah Sukses Beternak Burung Mozambik

    Ternak Berkualitas | 11 Langkah Sukses Beternak Burung Mozambik - Hallo sobat ternak berukualitas sekalian. Kita kembali bertemu lagi. Nah di kesempatan yang kali ini saya akan membahas tentang cara
  • Beternak Ayam Joper 150x150

    Beternak Ayam Joper Yang Menguntungkan 3 Bulan Panen

    Ternak Berkualitas | Beternak Ayam Joper Yang Menguntungkan 3 Bulan Panen - Hai, sobat ternak berkualitas sekalian. Kita bertemu lagi di artikel ternak berkualitas. Yang selalu memberikan informasi -
  • Tips Budidaya Burung Parkit 150x150

    Tips Budidaya Burung Parkit Yang Sangat Menjanjikan

    Ternak Berkualitas | Tips Budidaya Burung Parkit Yang Sangat Menjanjikan - Hallo para sobat ternak berkualitas sekalian. Berjumpa lagi bersama kami ternak berkualitas pada hari yang cerah ini.
  • Langkah – Langkah Budidaya Cacing Sutra 150x150

    Langkah – Langkah Budidaya Cacing Sutra Di Rumah

    Ternak Berkualitas | Langkah - Langkah Budidaya Cacing Sutra Di Rumah - Hallo Sobat sekalian. Berjumlagi di artikel saya ternak berkualitas. Sobat berkualitas apakah sudah tahu dengan yang namanya
  • Langkah Beternak domba Yang 150x150

    Langkah Beternak domba Yang Benar Untuk Pemula

    Ternak berkualitas | Langkah Beternak domba Yang Benar Untuk Pemula - Hallo sobat ternak berkualitas sekalian. Kita berjumpa kembali di artikel ternak berkualitas. Yang di mana ternak berkualitas

Post a Comment

Your email is never published nor shared. Required fields are marked *
You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

  • Pos-pos Terbaru