Tips Beternak Burung Kacer Dengan Mudah

Ternak Berkualitas – Hai para pecinta burung, kicau mania. pada kesempatan kali ini saya akan membagikan Tips Beternak Burung Kacer Dengan Mudah. Nah kalian pasti tau dengan burung yang satu ini. Burung yang satu ini sangat populer dari sekian banya burung yang ada di indonesia. burung yang satu ini juga memiliki suara yang merdu dan tidak sedikit pula orang mengembangbiakannya untuk menjadi burung masteran.

Tips Beternak Burung Kacer Dengan Mudah

Burung kacer sendiri banyak di temukan di daerah Asia selatan dan Asia tenggara. Untuk di indonesia sendiri burung ini berasal dari pulau jawa yaitu tepatnya di Jawa Timur tapi sekarang burung ini sudah di kembang biakan di berbagai wilayah di indonesia. Dan burung ini sangat suka menjelajahi lingkunannnya. Burung kacer ini memiliki ciri sebagai berikut :

  • Warna bulunya hitam mengkilat pada bagian kepala sampai bulu dada
  • bulu pada bagian perut hingga pantatanya berwarna putih
  • segian bulu ekor dan sayapnya ada yang bewarna putih
  • bentuk parunya lancip dan berwarna hitam
  • memiliki ekor yang panjang dan melebar pada ujungnya.

Baiklah setelah kita mengetahui dari mana asal burung kacer dan ciri-cirinya. selanjut nya kita akan bahas tentang Tips Beternak Burung Kacer Dengan Mudah. Simaklah artikel di bawah ini.

Langkah-langkah yang harus di perhatikan untuk beternak burung kacer tersebut sebagai beriku :

  • Langkah 1 ( Memilih Indukan Burung kacer )

Untuk menghasilkan bibit burung kacer yang unggul dan berkualitas tentu saja tak luput dari indukannya cara memilih indukan yang baik dan berkualitas yaitu :

Indukan Jantan
– Pilih lah burung yang berusia minimanl 2 tahun atau yang sudah siap untuk di kawinkan.
-Indukan haruslah sehat, fisik maupun mental dan tidak terkena penyakit.
-Dan dari burungnya haruslah memiliki bulu yang bagus.
-Usahakan  untuk memilih indukan yang jinak dan tidak penakut, sebab jika       indukan tidak jinak atau penakut maka akan sulit untuk di kawinkan.

Indukan Betina
-Untuk indukan betiana sendiri harus berkisaran usia 1-2 tahun atau yang sudah   siap memproduksi telur.
-Indukan haruslah memiliki fisik sehat dan tidak terkena penyakin ataupun cacat.
-Memiliki bulu yang indah baik dari segi warna maupun kualitas bulunya.
-Dan sama dengan indukan jantan indukan betina juga harus jinak dan tidak
penakut.

  • Langkah 2 ( Membuat kandang untuk perkawinan )

Untuk pembuataan kandang  kawin bagi Burung Kacer sendiri sebaiknya buatlah agak luas agar membuat burung kacer merasa nyama dan cepat memproduksi telur. kandang yang paling ideal yaitu berukuran 150cm x 10ocm x 180cm. Dan membuatnya harus dengan papan dan di padukan dengan jaring kawat. Dan untuk sarang bertelurnya sekitar 20cm persegi.

Dan posisi sarang yang paling nyaman untuk indukan berterlur dan mengerami telurnya sebaiknya buatlah di sudut atas kandang. Untuk tempat sarang berterlur bisa menggunakan sabut kelapa, tangkai daun sengon, ijuk daun cemara dan sebagainya. Dan semua tadi letakan saja di bawah sangar agar indukan sendiri yang membuat nya.

kandang kawin dan sarang bertelur

  • Langkah 3 ( Menjodohkan Indukan )

Ini adalah salah satu hal yang paling penting dalam Tips Beternak Burung Kacer. untuk lelakukanya anda harus melakukan sebagai berikut.

-Langkah pertama yang harus di lakukan  yaitu masukan indukan jantan ke   dalam kandang yang sudah  anda buat tadi. Dan selanjutnya masukan juga     indukan betina ke dalam kandang tersebut.

-Biarkan saja beberapa jam dan lihat respon dari kedua indukan rukun atau     tidak. Ketika indukan jantan rajin berkicau, dan mendapat respon dari indukan   betina dengan cara mendekati indukan jantan, di pastikan indukan itu berjodoh   dan bisa di kawinkan. Dan jika tidak berjodoh maka indukan betina akan   menghindari sang jantan.

  • Langkah 4 yaitu (melakukan perawatan dan memberi pakan )

Untuk perawatannya cukup mudah anda hanya harus membersikan kandang secara rutin yaitu dalam jangka waktu 2 x dalam 1 minggu saja.
Sedangakan untuk pakan sendiri anda harus sangat teliti dan harus memberi pakan dan mengganti minum setiap harinya. Dan anda harus memastikan tempat tersebut aman dari predator seperti kucing,tikus dan ular. Untuk pakan sendiri anda bisa memberikan Voer yang berkualitas di tambah dengan EF berupa jangkrik sebanyak 7-10 ekor perharinya.

  • Langkah 5 ( pengeraman telur burung kacer )

Induk burung kacer biasannya bertelur tidak lebih dari 3 butir dan akan melakukan pengeraman selama 2 minggu. Dalam proses pengeraman sebaiknya anda selalu memperhatikan kandang nya dari gangguan hewan lain seperti kucing,tikus,anjing,cecak,ular,kecua dan lainnya. Yang dapat mengganggu pada masa pengeraman.

  • Langkah 6 ( penetasan telur atau calon bayi burung kacer )

Untuk masa pengeraman biasa nya hanya dalam 14 hari saja sudah ada telur yang menetas. Dan anda harus rutin melakukan pengecekan saat telur pertama sudah menetas dan sampai semua telur menetas. Anda juga harus segera memberikan indukan pakan berupa jangktik pada saat pertama kali menetaskan telurnya.

anakan burung kacer

  • Langkah 7 ( meloloh )

Setelah telur menetas semuanya indukan sangat membuatkan asupan nutrisi yang sangat banyak. Pada saat itu anda harus rutin memberikan pakan setiap harinya, pagi ,siang ,dan sore hari. Pakan yang di berikan berupa ulat, belalang, kroto,dan jangktik. Anakan burung kacer akan keluar dari sarangnya pada saat 3 minggu setelah menetas dan akan belajar makan sendiri pada umur 4 minggu. Dan pada umur 5 minggu biasanya anakan kacer sudah bisa makan sendiri.

  • Langkah 8 ( Menyapih anak kacer )

Menyapih atau memisahkan anakan kacar dari induknya di lakukan pada saat indukannya mau bertelur lagi. Dan anakan kacer sudah bisa makan sendiri, biasanya pada usia 6 sampai 7 minggu anakan sudah bisa di pisahkan dari induknya.

  • Langkah 9 ( Memasterkan kacer )

Dan setelah semua langkah di lakukan tahapan ini yang paling utama dalam Tips Beternak Burung Kacer, yaitu memasterkan anakan burung kacer dari kecil. Pada usia dini sangat bagus untuk melatih anakan kacer untuk menjadi masteran karena pada masa ini anakan kacer lebih mudah menirukan dan merekan suara yang ada di sekitarnya.

Baiklah, sekian tips dari kami mengenai  beternak burung kacer dengan mudah. Jika anda ingin mencari informasi tentang beternak yang berkualitas anda bisa langsung mengunjungi :

Dan jika anda ingin jalan dan traveling yang murah dan mengasikkan anda bisa langsung mengujungi :

Related Post

  • 11 Langkah Sukses Beternak 150x150

    11 Langkah Sukses Beternak Burung Mozambik

    Ternak Berkualitas | 11 Langkah Sukses Beternak Burung Mozambik - Hallo sobat ternak berukualitas sekalian. Kita kembali bertemu lagi. Nah di kesempatan yang kali ini saya akan membahas tentang cara
  • Beternak Ayam Joper 150x150

    Beternak Ayam Joper Yang Menguntungkan 3 Bulan Panen

    Ternak Berkualitas | Beternak Ayam Joper Yang Menguntungkan 3 Bulan Panen - Hai, sobat ternak berkualitas sekalian. Kita bertemu lagi di artikel ternak berkualitas. Yang selalu memberikan informasi -
  • Tips Budidaya Burung Parkit 150x150

    Tips Budidaya Burung Parkit Yang Sangat Menjanjikan

    Ternak Berkualitas | Tips Budidaya Burung Parkit Yang Sangat Menjanjikan - Hallo para sobat ternak berkualitas sekalian. Berjumpa lagi bersama kami ternak berkualitas pada hari yang cerah ini.
  • Meraup Keuntungan Besar 150x150

    Meraup Keuntungan Besar Budidaya Kepiting Soka

    Ternak Berkualitas | Meraup Keuntungan Besar Budidaya Kepiting Soka - Hallo sahabat ternak. Kita berjumpa kembali di artikel ternak berkualitas. Dimana ternak berkualitas selalu menyajika informasi
  • Langkah – Langkah Budidaya Cacing Sutra 150x150

    Langkah – Langkah Budidaya Cacing Sutra Di Rumah

    Ternak Berkualitas | Langkah - Langkah Budidaya Cacing Sutra Di Rumah - Hallo Sobat sekalian. Berjumlagi di artikel saya ternak berkualitas. Sobat berkualitas apakah sudah tahu dengan yang namanya

Post a Comment

Your email is never published nor shared. Required fields are marked *
You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

  • Pos-pos Terbaru