Tips Beternak Burung Lovebird Di Rumah Dengan Benar

Ternak Berkualitas – Hai para sahabat ternak berkulaitas kali ini saya akan memberikan 1 Tips Beternak Burung Lovebird Di Rumah Dengan Benar. Burung lovebird ini adalah salah satu burung yang paling banyak di ternak oleh kalangan masyarakat indonesia khususnya para pecinta burung. Karena burung ini memiliki bentuk tumbuh yang anggun, di padukan dengan bulu yang cantik dan berwarna cerah membuat orang menjadi tertarik untuk memeliharanya. Sebagian besar warna spesies burung ini yaitu memiliki bulu berwarna hijau terang, meskipun ada beberapa burung lovebird yang berwarna biru, abu-abu, dan kuning.

Tips Beternak Burung Lovebird Di Rumah Dengan Benar

Tips Beternak Burung Lovebird Di Rumah Dengan Benar

Warna bulu kepala dan badan burung lovebird tidak lah sama, maka ada itu banyak orang yang terpukau karena kecantikannya. Dan di bandingkan spesies burung paruh bengkok, ukuran tubuh lovebird relatif kecil. Untuk beternak lovebird sangat lah mudah, lovebird paling suka dengan lahan kering dan iklim yang panas.

Untuk beternak burung lovebird ini anda tidak lah mengeluarkan modal yang banyak. Tetapi jika ada bisa berhasil beternak lovebird tersebut anda bisa meraup keuntungan yang besar pula.Dan cara merawat burung lovebird ini juga tidak susah, unutk lebih jelasnya anda bisa simak artikel yang saya buat di bawah ini yaitu Tips Beternak Burung Lovebird Di Rumah Dengan Benar.

  1. Mempersiapkan Kandang LoveBird

Sebelum anda mulai beternak burung lovebird, langkah awal yang anda lakukan harus lah mmepersiapkan kandang untuk berernak lovebird terlebih dahulu. Umumnya kandang yang dipakai untuk beternak burung lovebird yaitu kandang yang terbuat dari besi dan berukuran persegi panjang. Dan anda jangan lupa untuk membuat tempat telurnya yang biasa di sebut dengan glodok. membuat nya harus menggunakan juga harg menggunakan kayu, untuk ukuran glodok yaitu 20cm x 25cm. Kemudian anda juga harus menyediakan serut kayu, ranting kecil, dan dedaunan keringring di sekitaran glodok, dan nantinya lovebird sendiri yang akan menghiasi sangkarnya.

2. Mempersiapkan Indukan Yang Sehat Dan Berkualitas

Jika anda sudah mempersiapakan kandang dan Glodok untuk burung lovebrid. Selanjutnya adalah mempersiapkan indukan lovebird yang nantinya akan di kembangbiakan. Sebelum anda membeli lovebird sebaiknya anda memilihnya terlebih dahulu, pilihlah lovebird yang sehat, dan memiliki bulu yang cantik dan juga memiliki suara yang bagus pula. Dan untuk membedakan yang mana lovebird jantan dan betina anda bisa melihat ciri ciri nya di bawah ini :

LOVEBIRD JANTAN

  • Saat bertengger maka posisi kaki lovebird jantan akan lebih rapat dan tidak terlalu berjarak.
  • Ujung sayap dari lovebird jantan akan menyatu dan seperti membentuk hurif “v” seperti pada gambar diatas.
  • Tulang pubisnya akan terasa lebih keras dan jaraknya akan lebih kecil atau menyempit jika diraba.
  • Ekor lovebird jantan akan lebih runcing
  • Paruh lovebird jantan akan lebih kecil dan runcing.
  • Lubang hidung dari lovebird jantan terlihat berbentuk oval dan memanjang.
  • Lebih terlihat ramping dan memiliki bentuk bulu yang kurang tegas.
  • Memiliki warna bulu yang lebih kontras dan mencolok.

LOVEBIRD BETINA

  • Posisi kaki sang betina saat bertengger akan lebih renggang atau berjarak lebar.
  • Ujung sayap tidak menyatu seakan mem
  • Ujung sayap tidak menyatu seakan mebentuk huruf “u” seperti yang terlihat digambar.
  • bentuk huruf “u” seperti yang terlihat digambar.
  • Ekor lovebird betina akan lebih rata
  • Paruhnya lebih lebar dan besar
  • Lubang hidungnya terlihat berbentuk bulat
  • Lebih berat dan besar ketimbang yang jantan dan bentuk bulu lebih tegas
  • Tulang pubis akan terasa lebih lembek, elastis dan berjarak.
  • Memiliki warna yang lebih kusam

Dan untuk usia lovebird yang paling cocok untuk di kembangbiakan yaitu usia betina 1 tahun sedangkan untuk usia pejantannya 8 bulan juga sudah bisa di kawinkan.

     3. Proses Perjodohan

Hal yang paling utama dalam beternak lovebird yaitu  masa penjodohan. Jika lovebird tersebut tidak berjodoh maka lovebird tidak dapat di ternak atau di kembang biakanan. Maka dari itu anda harus melakukan perjodohan terlebih dahulu agar dapat mengembang biakkan lovebird. proses ini adalah proses di mana anda harus mengenalkan indukan jantan dan indukan betinayang telah anda pilih sebelumnya. Anda melakukannnya dengan cara mendekatkan kedua indukan tadi dalam kandang yang terpisah, agar kedua indukan tersebut saling mengenal satu sama lain.

Mendekatkan kedua indukan tersebut bisa anda lakukan pada waktu penjemuran, pada saat penjemuran di yakinin bahwa dapat mempercepat proses perjodohan tersebut. Dan ingat jangan langsung di satukan karena nantinya akan menyebapkan perkelahian antara burung tersebut dan akan membuat luka ataupun cacat. Lakukan beberapa hari sampai burung benar benar akrab dan selanjutnya baru lah anda bisa melakukan perkawinan. Dan jangan lupa jika juga untuk memberi makanan yang cocok agar kenari cepat bertelur seperti. Milet, Biji sawi, Jagung muda, Kangkung, Tauge, Biji bunga matahari.

    4. Proses Perkawinan / Perkembangbiakan.

Setelah anda memaskikan bahwasannya lovebird sudah berjodoh langkah selalnjutnya itu perkawinan. Yang harus anda lakukan yaitu memasukan kedua indukan ke dalam kandang yang anda buat tadi, dan jangan lupa masukan juga glodok yang anda buat tadi dan serpihan kayu ranting dan pasir halus.

Bahan bahan yang kita masukan tadi nantinya akan di jadikan sarang bertelur oleh burung lovebird. Dan untuk Proses pembentukan sarang yang paling aktif melakukannnya yaitu lovebird betina ketimbang para lovebird jantan. Setelah proses perkawinan dan pembuahan yang di lakukan oleh pejantan maka lovebird betina akan menghasilkan 4 sampai 5 butir telur. Hal ini di namakan normal karena biasanya lovebird menghasilkan telur 4 sampai 5 saja. Tetapi jika ada lovebird yang hanya menghasilkan telur di bawah rata -rata, ini bisa jadi karena para indukan lovebird baru belajar bertelur.

    5. Masa Pengeraman Telur

Setelah indukan lovebird bertelur 4 sampai 5 butir telur maka indukan betina akan mengerami telurnya. Sebaiknya anda harus memastikan kebersihan kandanganya agar pengeraman bejalan optimal dan fokus tanpa ada dari luar. Dan anda harus menuggu masa pengeraman yang di lakukan idukan lovebird selama 22 sampai 25 hari lamanya sebelum telur menetas dan menjadi anakan. Namun jika sampai 26 hari juga tidak menetas langsunga saja anda ambil telurnya. Agar indukkan betina lovebird kembali berlelur

     6. Pemberian Makan Anakkan Dan Indukkan LoveBird

 

Jika anakkan lovebird sudah menetas anda memberikan pakan. Pakan yang cocok yaitu milet puti, milet merah bahkan biji bunga matahari. Sebagaimana biji bunga matahari adalah makannya yang paling di sukai biji bunga matahari. Dan anda juga harus membatasi pemberian pakan biji bunga matahari karena biji bunga matahari banyak mengandung lemak yang akan menjadikan lovebird kelebihan bodot ataupun kegemukan. Anda hanyak bisa memberikan 8 sampai 10 biji saja, untuk tempat makannya harus rutin di bersihkan agar tidak ada bakteri dan penyakit yang menyerang.

Lovebird yang sedang memberi makan dan merawat anaknya, juga harus anda berikan fooding agar nutrisi lebih optimal. Berikan kangkung dan jagung mudah setiap harinya, nutrisi ini sangat di perlukan anakan lovebird. Selain itu anda harus memberikan vitamin pada minumannya, dan untuk pemberian makan biasanya akan di lakukan oleh para pejantan, dengan cara menyuapin anaknya. Dan untuk penyapihan terhadap anak lovebird bisa anda lakukan dengan campuran makanan bayi dengan campuran air secukupnya saja. Untuk memberikan makannya anda bisa menggunakan sendok kecil maupun jarum suntuk, dan anda harus sabar dan teliti.

 

Baiklah sekian informasi yang saya berikan dalam Tips Beternak Burung Lovebird Di Rumah Dengan Benar. Semoga informasi yang saya berikan ini dapat menambah ilmu pengetahuan anda dalam berternak lovebird. Dan jika ingin mengetahui update tan yang baru mengenai cara beternak yang berkualitas dan mengeuntungkan anda bisa langsung mengunjungi kami dengan cara mengklik link kami di bawah ini.

 

Related Post

  • 4 Ayam Terunik 150x150

    4 Ayam Terunik Dan Juga Langka Di Dunia

    Ternak Berkualitas | 4 Ayam Terunik Dan Juga Langka Di Dunia - Apa kabar semuanya para sobat ternak berkualitas sekalian. Pada hari yang cerah ini kita berjumpa kembali di artikel ternak berkualitas.
  • 5 Hewan Peliharaan 150x150

    5 Hewan Peliharaan Yang Mudah Dirawat Bagi Pemula

    Ternak Berkualitas | 5 Hewan Peliharaan Yang Mudah Dirawat Bagi Pemula - Hallo para sobat ternak berkualitas sekalian. Kita kembali bertemu di artikel artikel ternak berkualitas. Nah pada kesempatan
  • 11 Langkah Sukses Beternak 150x150

    11 Langkah Sukses Beternak Burung Mozambik

    Ternak Berkualitas | 11 Langkah Sukses Beternak Burung Mozambik - Hallo sobat ternak berukualitas sekalian. Kita kembali bertemu lagi. Nah di kesempatan yang kali ini saya akan membahas tentang cara
  • Beternak Ayam Joper 150x150

    Beternak Ayam Joper Yang Menguntungkan 3 Bulan Panen

    Ternak Berkualitas | Beternak Ayam Joper Yang Menguntungkan 3 Bulan Panen - Hai, sobat ternak berkualitas sekalian. Kita bertemu lagi di artikel ternak berkualitas. Yang selalu memberikan informasi -
  • Cara Merawat Hamster 150x150

    Cara Merawat Hamster Di Rumah Dengan Baik Dan Benar

    Ternak Berkualitas | Cara Merawat Hamster Di Rumah Dengan Baik Dan Benar - Hai kalian semuannya para sabahat ternak berkualitas. Berjumpa lagi bersama saya di artikel ternak berkualitas ini. Di

Post a Comment

Your email is never published nor shared. Required fields are marked *
You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

  • Pos-pos Terbaru