Tips Budidaya Burung Parkit Yang Sangat Menjanjikan

Ternak Berkualitas | Tips Budidaya Burung Parkit Yang Sangat Menjanjikan – Hallo para sobat ternak berkualitas sekalian. Berjumpa lagi bersama kami ternak berkualitas pada hari yang cerah ini. Tentulah sobat ternak berkualitas sudah mengetahui dengan yang namannya burung parkit bukan…? Nah di kesempatan kali ini kami ternak berkualitas akan memberikan Tips Budidaya Burung Parkit Yang Sangat Menjanjikan. Untuk kalian semuannya yang ingin mengetahuinya kalian bisa langsung melihatnya di bawah ini ya sobat ternak berkualitas.

Tips Budidaya Burung Parkit Yang Sangat Menjanjikan

Tips Budidaya Burung Parkit Yang Sangat Menjanjikan

Sebelum kita lanjut ke topik permahasan kita. Alangkah baiknya untuk kita mengenal kembali apa itu burung parkit. Burung parkit merupakan salah satu dari burung kicau yang memiliki warna bulu yang cukup indah. Burung yang satu ini juga termasuk burung yang memiliki kecerdasan yang tinggi. Contohnya yaitu burung parkit ini memiliki kicauan yang sangat unik dan bahkan ada juga yang bisa berbicara layaknya burung beo. Maka dari itu para pecinta kicau mania banyak sekali meminati burung ini. Nah ini bisa menjadi peluang bisnis yang menjanjikan untuk kita loh. Peluang bisnis yang di maksud yaitu dengan cara membudidayakan burung parkit. Bagi kalian yang ingin  mengetahui bagaimana cara budidaya burung parkit ini. Yuk, ikutin artikel kami yang satu ini ya.

Burung parkit ini terbagi beberapa jenis yaitu sebagai berikut :

  • Burung Parkit Australia : Burung parkit ini berasal dari negara australia, nah burung ini juga sangat mudah di budidayakan, karena burung parkit yang satu ini sangat mudah beradaptasi dengan lingkungan dan cuaca yang ada di indonesia. Maka dari itu banyak dari pembudidaya burung parkit. Memilih burung parkit jenis ini.
  • Burung Parkit Local : Burung parkit ini sebenarnya tidak asli dari negara indonesia lebih tepatnya burung ini berasal dari luar negri dan berkembang biak di indonesia. Maka dari itu burung ini di sebut dengan parkit local
  • Burung Parkit Holland : Burung parkit yang satu berasal dari negara kincir angin yaitu belandar. Burung parkit yang satu ini sangatlah cantik berbeda dengan burung parkit local maupun australia. Selain itu burung parkit ini memiliki ukurang lebih besar dari pada burung parkit lainnya. Namun burung parkit holland ini memiliki kekurangan yang sangat di sayangkan. Karena burung parkit yang satu ini sulit untuk beradaptasi dengan cuaca dan lingkungan yang ada di indonesia. Maka dari itu burung ini sangat jarang di budidayaakan di indonesia.

Dalam budidaya buung parkit. Ada beberapa hal yang harus kalian pertikan dan lakukan, hal hal yang ini lah nantinya yang akan mementukannya. Apakah budidaya burung parkit kalian berhasil atau tidak. Jika kalian melakukannya dengan tekun dan teliti, pastilah budidaya burung parkit kalian akan berhasil. Lalu apa apa saja langkah langkah yang harus di lakukan untuk budidaya burung parkit ini…? Silahkan kalian simak di bawah ini ya.

  • Pemilihan Induk Parkit

Tips Budidaya Burung Parkit Yang Sangat Menjanjikan

Dalam Tips Budidaya Burung Parkit Yang Sangat Menjanjikan. Hal yang harus pertama kali kalian lakukan yaitu adalah memilih dan membeli indukan burung parkit yang berkualitas. Untuk ciri ciri memilih indukan parkit jantan dan betiana kalian bisa melihatnya di bawah ini ya.

Indukan Jantan  :  

  1. Usia minimal 5 bulan untuk indukan jantan
  2. Memiliki cere ( daerah sekitar perut ) Berwarna biru
  3. Jika musim kawin tiba maka cerenya akan nampak lebih menkilat

Indukan Betina :

  1. Usia minimal 5 bulan untuk indukan betina
  2. Mempunyai cere berwarna ungu ke coklatan
  3. Jika musing kawin tiba maka cerennya akan berwarna putih
  • Perjodohan Burung Parkit

Tips Budidaya Burung Parkit Yang Sangat Menjanjikan

Setelah memilih burung parkit yang menjadi calon indukan, selanjutnya langkah yang harus kalian lakukan yaitu adalah melakukan perjodohan burung parkit. Nah untuk melakukan proses perjodohan ini yang harus kalian lakukan yaitu adalah meletakan burung parkit di sangakar yang berbeda. Setelah itu dekatkan sangat tersebut, jika burung parkit rajin berkicau satu sama lain, Itu lah yang menjadi tanda bahwasannya burung parkit tersebut berjudoh. Emang sih proses perjodohan ini memakan waktu yang cukup lama yaitu bisa sampai 2 mingguan.

Nah setelah mereka berjodoh langsung saja, pindahkan burung parkit betina ke dalam sangat ternak. Dan kalian juga harus memastikan bahwasannya sangkar pejantan tidak terlalu jauh dari kandang ternak. Setelah 4 hari betina di dalam kandang ternak, selanjutnya barulah masukan burung parkit yang jantan kedalam kandang ternak tersebut.

  • Sangkar Untuk Telur Burung Parkit

Nah belum tadi nya burung parkit di masukan ke dalam kandang ternak. Kalian haruslah membuat sangarnya terlebih dahulu, hal ini yang nantinya untuk tempat berterlurnya. Nah untuk sarang telurnya yaitu bisa kalian buat dengan ukuran 40 x 40 x 60 CM. Setelah sangakarnya di buat langsung saja kalian letakan di tempat yang pas. Maksnya letakan di tempat yang sunyi bisa di sudu atas kandang atau di tengah. Hal ini di lakukan agar pada saat burung mengerami telurnya, terlurnay bisa jadi semuannya. Jika sudah selesai dengna sangar, kalian bisa lanjutkan dengan meletakan tempat makan dan tempat minum juga di kandang ternak tadi.

  • Member pakan burung parkit

Tips Budidaya Burung Parkit Yang Sangat Menjanjikan

Untuk beternak burung parkit. Kalian juga harus memberikan makanan yang berkualitas pula. Nah burung parkit ini sangat menyukai biji bijian, buah buahan, sayur – sayuran. Nah untuk itu bisa kalian berikan yaitu seperti:

  1. Biji Bijian : Biji milet merah dan juga milet putih
  2. Sayur  : Bayam, Wortel , dan Kol
  3. Buah – buahan : Pir, pepaya, pisang, apel.
  • Mejaga kebersihan kandang dan juga Penyakit yang menyerang

Dan trakhir dalam tips budidaya burung parkit yang sangat menjanjikan yaitu kalian harus selalu menjaga kebersihan kandang dn juga mencegah penyakit yang menerang. Hal ini dilakukan agar budidaya burung parkit kalian lancar dan sukses. Untuk pembersihan kandang bisa kalian lakukan 2 atau 3 hari sekali. Contohnya membersihakan kotoran nya dan untuk sisa sisa makananya seperti sayuran dan buah buahan. Sebaiknya kalian bersihkan lah setiap hari untuk menghindari penyakit menyerang burung parkit kalian.

Baiklah sekitan pembahasan saya mengenai tip budidaya burung parkit yang sangat menjanjikan. Bagi kalian yang inign mencobanya di rumah, bisa langsung kalian coba ya sobat ternak berkualitas.

BACA JUGA :

Related Post

Post a Comment

Your email is never published nor shared. Required fields are marked *
You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

  • Pos-pos Terbaru