Tips Budidaya Ikan Arwana Super Red Yang Sangat Menguntungkan

Ternak Berkualitas | Tips Budidaya Ikan Arwana Super Red Yang Sangat Menguntungkan – Sobat ternaka berkualitas sekalian. Selamat berjumpa lagi di artikel ternak berkualitas. Mungkin sobat ternak berkualitas sekalian sudah tidak asing lagi bukan dengan yang namanya ikan arwana. Ikan yang satu ini merupakan ikan hias yang sangat terkenal. Selain itu harga ikan ini juga tidak main main, harganya tidak hanya jutaan saja, namun ada yang puluhan, ratusan juta. Bahkan ada yang lebih mahal lagi, tergantung dari corak nya. Nah kali ini saya akan membagikan sedikit tips untuk para sobat ternak berkualitas sekalian tetang tips budidaya ikan arwana super red yang sangat menguntungkan.

Tips Budidaya Ikan Arwana Super Red Yang Sangat Menguntungkan

Tips Budidaya Ikan Arwana Super Red Yang Sangat Menguntungkan

Dalam buddaya ikan arwana ini ada beberapa tahapan yang harus kalian ketahui dan lakukan. Tahapan tahapan ini merupakan hal paling penting yang nantinya menentukan apakah kalian berhasil atau tidak dalam budiaya ikan arwana ini. Untuk tahapan tahapan yang harus kalian lakukan yaitu adalah sebagai berikut :

  • Mempersiapkan Media  Budidaya

Tips Budidaya Ikan Arwana Super Red Yang Sangat Menguntungkan

Nah untuk media budidaya ikan arwana super red ini ada 2 jenis media yang bisa kalian gunakan untuk melakukan budidaya ikan arwana super red ini. Yaitu sebagai Berikut :

  1. Media Budidaaya Kolam
  2. Media Budidaya Akuarium

Kalian bisa memilih salah satu dari media ini untuk membudidayakan ikan arwana super red ini. Dan 2 media ini juga memiliki keunggulannya masing masing.

  • Kolam Tanah

Kolam tanah ini memiliki keunggulan yaitu, ikan arwana super red akan memiliki kualitas yang jauh lebih bagus dari media akuarium. Hal ini di karenakan, ikan arwana akan merasakan tinggal seperti di habitat aslinya.  Nah untuk ukutan kolam budidayanya yaitu bisa kalian buat dengan ukuranan 10 x 25 meter. Selain itu kalian juga harus menjaga airnya tetap jerni. Bisa dengan bantuan filter air untuk menjernihkan air. Dan untuk ph airnya yaitu adalah 6 – 7dan suhu air yaitu 27- 30 derajat celcius. Jika kalian menggukana kolam tanah kalian juga harus membuat kolam yang mengalir.

  • Akuarium

Nah untuk akuarium yaitu merupakan media alternatif yang bisa di lakukan jika lahan untuk budidaya ikan arwana ini tidak ada. Nah untuk akuarium ini memiliki keunggulannya tersendiri yaitu. Keindahan ikan arwana akan  dapat mudah di lihat langsung oleh pemelihara ataupun orang lain. Nah untuk akuarimnya bisa kalian buat dengan ukuran panjangan 3 meter dan lebarnya 1 meter. Dan untuk menambakan kecantikan dan ikan arwana akan lebih senang. Kalian harus tambahakn variasi seperti habitat aslinnya, perlengkapan yang kalian butuhkan yaitu sebagai berikut : Alat pengukur suhu, aerator, heater, filter air, dan lampu.

  • Memilih Indukan Ikan Arwana

Untuk mendapatkan bibit yang berkualitas, tentulah kalian harus memilih indukan yang berkualitas juga. Maka dari itu kalian haruslah memilih indukan yang berkualitas. Untuk indukan yang cocok untuk di budidayakan yaitu memiliki :

  • Usia kurang lebih 4 tahun 
  • Tidak memiliki cacat sedikitpun
  • Memiliki warna yang cantik dan berkulau

Nah setelah kalian mendapatkan indukan ikan arwana super red yang berkualitas. Barulah kalian bisa memulai budidaya ikan arwana super red ini.

  • Proses Pemijahan

Jika sudah memilih beberapa indukan ikan arwana, barulah kalian memasukin masa pemijahan. Nah masa pemijahan ini di lakukan pada saat kalian sudah melihat sepasang indukan jantan dan betina saling berdampingan kemanapun dan tidak ingin terpisah. Ha pada saat itu lah baru kalian bisa langsung memisahkan indukan tersebut ke kolam bidudaya untuk di lakukan pemijahan. Jika kalian membudidayakan nya dengan menggnkan akuarium sebaiknya kalian bentuk terlebih dahulu akuariumnya ager menyerupai habita asli dari ikan arwana.

Kalian bisa menambahkan bebatuan di dalam akuarium budidaya tersebut. Selain itu kalian juga bisa letakan beberapa tanaman air di dalam akuarium tersebut untuk shelter bagi terlur telur ikan arwana nantinya. Nah setelah semua di susun dengan pas dan indukan sudah di pindahkan di kolam tersebut. Selainjutnya biarkan saja indukan di sana sampai kurang lebih 1 minggu agar dia melakukan pembuahan dengan sedirinya. Nah setelah proses pembuahan selesai, selanjutnya indukan betina akan mengeluarkan telur telurnya. Dan indukan secara otomatis naluri ikan arwan jantan akan muncul. Yaitu indukan jangan ikan arwana akan memasukan telur telur tersebut kedalam mulutnya seperti ingin memakannya. Namun kalian tidak perlu panik, karena ini merupakan proses pengeraman dan penjagaan telur telur ikan arwana dari gangguan hewan lain ataupun benda asing. Lagi pula indukan arwana jantan tidak kan memakan anaknya sendiri.

Selama proses pengeramana indukan jantan biasannya akan berpuasa sampai anak anaknya menetaas semuannya. Jika anakan sudah menetas maka indukan jantan akan menunggu hingga anakan berusia 6 minggu lamannya.  Barulah bisa mengeluarkan anak anakan ikan arwana tersebut dari dalam mulutnya, dan membiarkan anakan bermian di sekeliling indukannya.

  • Perawatan dan  Pembesaran Anakan Ikan Arwana

Tips Budidaya Ikan Arwana Super Red Yang Sangat Menguntungkan

Nah pada saat indukan jantan sudah mengeluarkan anak anaknya dari mulutnya. Di sanalah baru kalian bertindak cepat, kalian harus memindahkan anakan tersebut ke dalam kolam pembesaran. Ataupun akuarium yang sudah kalian siapkan sebelumnya, akuarium tersebut haruslah kalian buat sedemikian rupa seperti habitannya terlebih dahulu. Nah setelah anakan ikan arwana sudah di pindahkan kedalam akuarium yang sudah di siapkan, selanjutnya kalian harus merawat anakan ikan arwana tersebutdengan baik dan benar.

Anakan yang baru di pundahkan, sebaiknya kalian kasih cacing sutra saja. Sebagai pakan untuk anakan ikan arwana tersebut sampai memiliki ukuran kurang lebih 15 cm. Nah hal yang harus kalian perhatikan yaitu kalian haruslah memastikan kolam tersebut tidak terlalu kecil untuk anakan ikan arwana tadi. Dan juga kalian harus memberikan makanan yang berkualitas dan vitamin agar pertumbuhan ikan arwana lebih cepat. Nah setelah anakan berusia 2 bulan dan memiliki ukurang 20 cm. Maka anakan ikan arwana ini sudah mulai menunjukan kecantikan warnanya dan sebenarnya sudah dapat di jual dengan harga
2 jutaan per ekornya.

Nah semakin cantik warna dan corak dari sisik ikan arwana super red ini, semakin mahal pula lah harga dari ikan arwana ini. Nah untuk membuatnya memiliki warnah yang cerah dan mencolok. Kalian tentulah harus melakukan prawatan yang khusus dengan cara memisahkannya ke tempat lainnya. Baiarkan sendiri ikan arwana tersebut, selain itu juga kalian harus memberikannya pakan yang berkualiatas untuk membuat coraknya lebih mencolok. Untuk pakannya yaitu kalian bisa berikan seperti  : UDANG, KECOA , JANGKRIK, dan juga IKAN KECIL.

  • Masa Panen

Tips Budidaya Ikan Arwana Super Red Yang Sangat Menguntungkan

Dalam budidaya ikan arwana super red yang paling di tunggu tunggu yaitu adalah masa pemanenan. Nah dalam masa panen ini caranya cukup mudah saja, jika kalian membudidayakannya di dalam kolam. Kalian tinggal menguras air kolam dan menangkap ikan arwana tersebut dengan jaring halus dan harus lah hati hati. Jangan sampai ikan arwana tersebut mengalami luka pada saat proses. Pemasaran ikan arwana sangatlah mudah sekali, karena ikan arwana memiliki harga juga yang sangat bagus di pasaran. Terlebih lagi ikan arwana ini yang kalian hasilkan tidak memiliki cacat sedikitpun tentulah harganya semakin tinggi.

Baikalah sekitan pembahasan saja kali ini mengenai tips budidaya ikan arwana super red yang sangat menguntungkan. Bagi kalian yang ingin mencoba nya di rumah. Silahkan ya sobat ternak berkualitas semoga informasi yang kami berikan kali ini bermanfaat untuk kalian semuanya.

BACA JUGA 

  • Panduan Beternak Yang Menguntungkan 
  • Cara Ternak

Related Post

Post a Comment

Your email is never published nor shared. Required fields are marked *
You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

  • Pos-pos Terbaru