Tips Budidaya Lebah Madu Yang Sangat Menguntungkan Berikut Lisnya

Ternak Berkualitas | Tips Budidaya Lebah Madu Yang Sangat Menguntungkan Berikut Lisnya – Hai sobat ternak berkualitas sekalian. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang Tips Budidaya Lebah Madu Yang Sangat Menguntungkan. Tentulah Sobat ternak berkualitas sudah tahu dengan yang namanya madu bukan, madu sangatlah bermanfaat bagi tubuh kita. Selain itu madu juga merupakan salah satu obat untuk mengobati segala jenis penyakit. Sari pati dari madu ini di proleh dari segala jenis tnaman yang mengandung madu seperti, mawar, anggrek, melati dan lainya.

Tips Budidaya Lebah Madu Yang Sangat Menguntungkan Berikut Lisnya

Tips Budidaya Lebah Madu Yang Sangat Menguntungkan Berikut Lisnya

Nah sebelum kita lanjut kepembahasan kita mengenai Tips Budidaya Lebah Madu Yang Sangat Menguntungkan Berikut Lisnya. Alangkah baiknya kita kita mengenal lebih dalam mengenai hewan penghasil madu ini ya sobat ternak sekalian. lebah madu merupakan salah satu jenis serangga, selain itu lebah madu indonesia yang di budidayakan terbagi dari beberapa macam jenis. yaiut seperti:

  1. Lebah Cerana
  2. Lebah Dorsata
  3. Lebah Florea
  4. Lebah Mellifera

Itu lah jenis jenis lebah madu yang di budidayakan, selain itu lebah juga terbagi 3 golongan lagi, di mana yaitu lebah ratu , lebah jantan, dan lebah perkerja. Dari golongan ini ada tugasnya masing masing yaitu seperti :

  • Lebah Ratu

Lebah ratu merupakan lebah yang paling tinggi tingkatannya, karena lebah ratu merupakan kepala dari koloni lebah lebah yang ada. Tugas lebah ratu yaitu membuat koloni dan memperbanyak koloninya. Lebah ratu bisa menghasilkan telur 1000 telur dalam sehari saja. Tidak hanya itu saja, Lebah ratu tentulah memiliki ukuran lebih besar dari lebah lebah lainnya. Dan untuk umurnya sendiri juga special yaitu dia mampu hidup selama 6 tahun lamanya

  • Lebah Jantan

Lebah jantan merupakan lebah yang memiliki urutan yang kedua, tugas lebah jantan hanyalah mengawinin lebah ratu saja, proses perkawinannya pun cukup unik. Pada hari yang cerah para lebah ratu akan terbang tinggi di udara, dan para lebah jantan akan mengejarnya. bagi lebah jantan yang berhasil mengejar lebah ratu maka lebah tersebut berhak mengawinin lebah ratu tersebut, nah bagi lebah jantan yang telah berhasil mengawinin lebah ratu. Lebah jantan tidak akan lama akan mati karena tertisnya lepas dan tertananm di ovarium ratu lebah.

Tips Budidaya Lebah Madu Yang Sangat Menguntungkan Berikut Lisnya

  • lebah pekerja

Dan trakhir yaitu lebah pekerja, Lebah perkerja merupakn dederan lebah paling bawah. Lebah pekerja juga memiliki ukurang yang paling kecil dari para lebah jantan maupun lebah ratu. 1 koloni dari lebah pekerja kurang lebih 50 sampai 60 ribu ekor. Untuk tugas para lebah pekerja lebih banyak dari pada lebah ratu dan lebah pejantan, tugas dari para lebah pekerja yaitu sebagai berikut:

  1. Membuat sarang lebah untuk bertelurnya ratu lebah
  2. Mengumpulkan nektar,  tepung sari dan air
  3. membersihkan sarang
  4. menjaga sarang dari ganggunn hewan lain / musuh

Nah jika kita sudah mengenal lebah madu secara mendalam, barulah saatnya kita memasuki topik utama kita yaitu tisp budidaya lebah madu yang sangat menguntungkan berikut lisnya.

  • Persiapan Awal Budidaya
  1. Modal awal

Dalam budidaya lebah madu kalian haruslah mempersiapkan modalnya. Tidak hanya modal untuk membeli bibit lebah madu yang nantinya akan kalian budidaykan, namun kalian juga harus  memiliki modal untuk membuat kandang budidaya nantinyayang akan kalian jalankan. Untuk kotak atau kandang dari budidaya lebah madu yaitu minimal 50 kotak, sebenarnya untuk idealnya sih seharusnya 100 atau 20 kotak. untuk koloni lebah madu.

2. Perlengkapan yang di butuhkan

– Papan kayu yang empuk, papan kayu mahoni dengan ketebalan 3 cm
– Selain itu anda juga bisa menggunkan gelodok bambu untuk kandang tradisional
– Menyediakan alat pengasap untuk menjinakan lebah madu yang agresif
– Mempersiapkan pakaian pelindung yang tebal dan pelindung wajah dan kepala agar tidak terena sengatan saat melakukan pemanenan
– Selain itu siapakan juga sarung tangan, penyekat ratu lebah, sapu sikat, tempat makan di dalam kandangnya
– Sisir kandang lebah dan usahakan membuat sarang si ratu lebah dengan pas dan usahakan rati lebah tidak dapat keluar dari bngkai yang kita buat.

Tips Budidaya Lebah Madu Yang Sangat Menguntungkan Berikut Lisnya

3. Lingkungan

Selain itu anda harus mempersiapkan lingkungan yang pas untuk membudiayakan lebah madu ini. Lingkungkan yang sangat cocok untuk membudidayan lebah madu ini yaitu sebagai berikut:

– Suhu yang sangat ideal dalam budidaya lebah madu yaitu 25 derajat celcius
– Usahakan lingkungan budidaya di tempat yang terbuka, dan jauh dari lalu lalang manusia
– Selain itu kamu bisa meletakan budidaya lebah madu di tempat yang memiliki banyak bunga, ataupun kalian bisa menambahkan tanaman bunga di pekarangan budidaya lebah madu.

  • Pembuatan rumah lebah madu

Sama seperti budidaya hewan lainnya jika kalian ingin membudidayakan lebah madu kalian juga harus membuat sarang atau rumah bagi lebah madu. Sang ini yang nantinya akan di jadikan tempat untuk meletak semua madu madu yang duah di kumpulkan oleh para lebah madu pekerja. Dalam budidaya lebah madu yang snagat menguntungkan ini, ada 2 jenis kandang yang bisa kalian pilih dan gunakan untuk budidaya lebah madu. Yaitu sarang tradisional dan sarang modern.

  1. Rumah lebah madu tradisional

Untuk membuat rumah lebah madu tradisionla tidak lah sulit, kalian hanya memerlukan bahan material bambu dan lainnya, untuk membuatnya kalian bisa menggunkan gelodok bambuyang memiliki diamerer cukup besar yaitu sekitar 25 sampai 20 cm. Bambu yang di gunakan tetap tertutup di bagian pinggurnya dan buatlah  beberapa lubang pada salah satu sisi tertutup, yang nantinya untuk keluar masuk lebah madu. Rumah lebah madu yan gdi buat dari mambu juga harus di iris pada bagian atas agak kebawah, yang nantinya untuk mempermudah anda membuka, untuk mengecek dan memanenanya nanti .

Untuk pintu pembuka, kalian bisa gunakan kawat ataupun tali yang terbut dari karet, setelah siap membuat rumah tradisional untuk lebah teresebut, selanjutnya kalian langsung gantungkan di pohon di lingkungan budidaya lebah madu kalian, dan buatlah secara vertikal dengan kemiringan hingga 60 derajat.

Tips Budidaya Lebah Madu Yang Sangat Menguntungkan Berikut Lisnya

2. Rumah lebah madu modern

Rumah lebah madu modern ini bisa kalian dapatkan di tempat tempat yang menjual bibit lebah madu dan di pasaran. Kandang lebah madu modren ini di buat sedemikian rupa untuk menyerupai habitat asli para lebah madu. Yaitu pada bagian atas peti kayu di buat lebuh lebah dari bagian dasarnya, dan dindingnya terpasang miring, bagian atas peti di tutupin bilah bilah kayu kasar atau bambu yang kurang lebih 3cm yang di sejajarkan.

  • Penyiapan sarang lebah madu

Tips Budidaya Lebah Madu Yang Sangat Menguntungkan Berikut Lisnya

Setelah kandang di siapakan, selanjutnya letakan 3 baris sisir kayu atau bingkai. Dengan yang terdapat jaring kawatnya, letakan di dalam rumah lebah madu tadi, selain itu jangan lupa lapiskan royal jelly agar ratu lebah dan lebah lainnya merasa nyaman saat tinggi di dalam rumah yang kita sediakan.

  • Pemilihan Bibit Lebah Yang Berkualitas

Jika semuanya sudah anda sediakan dan selanjutnya anda tinggal membeli bibit lebah madu yang berkualitas. Untuk lebah madu yang berkualitas sebainya anda pilih lah lebah madu mellifera ataupun cerana. Karena ke dua jenis lebah madu ini merupakan penghasil madu terbanyak oleh karena itu sebaiknya anda memilih lebah madu ini untuk di budiayakan. Untuk pemberlian lebah madu bisa anda beli di peternakan lebah madu yang menjual segala jenis lebah madu. Karena di sana sudah terjamin kualitas dan keunggulannya, sebenarnya anda bisa saja menangkapnya di hutan, namun lebah itu akan sangat agresit dan kualitasnnya belum tentu terjamin. Namun jika anda membelinya di peternakan selain sudah terjamin, lebah tersebut juga tidak terlalu agresif lagi. Belilah ratu lebah tersebut di peternakan dan juga jangan lupa meletakan carangan makanan yaitu seperti madu ataupun royal jelly di dalam kandang terebut.

  • Perawata Rumah Lebah Madu

Dalam budidaya lebah madu yang menguntungkan. Kalian juga harus melukan perawatan terahdap rumah lebah madu tersebut agar tidak terserang hama penggangu ataupun lainnya. Unuk menganin hama ini kalian bisa lakukan seperti di bahwa ini

  1. Jika kalian memilih rumah lebah madu modern untuk budidayannya kalian bisa melakukan perawatannya dengan mudah. Hama yang sering mengggu biasanya seperti semut, nah untuk menanganinnya cukup gampang. Kalian hanya perlu meletakan air di kami kami kandng tersebut, yang fungsinya hama seperti semut tidak dapat naik keatas kandang lebah madu kalian.
  2. Jika kalian ingin memindahakan sarang lebah, sebaiknya lakukan pada malam hari. Karena pada malam hari lebah lebah madu tidak banyak beraktifitas dan tidak terlalu agresit juga.
  3. Tidak hanya itu saja jika kalian melihat ada lebah yang terkena penyakita ataupun tidak bisa terbang ( cacat ). Sebaiknya segera kalian pundahkan dan jangn kalian gabungkan di dalam kandang yang sama. Karena itu bisa menular kepada lebah lebah lainnya. Dan jangan lupa juga selalu menyediakan pakan tambahan untuk para lebah. Pakan yang bisa kalian berikan yaitu seperti campuran air dan gula. Letakan di dalam mangkok kecil, setelah itu masukan kedalam rumah lebah tersebut letakan di pojok ataupun di bagian yang kosong.

Tips Budidaya Lebah Madu Yang Sangat Menguntungkan Berikut Lisnya

  • Menyediakan Taman Bunga di pekarangan budidaya lebah madu

Dalam budidaya lebah madu kalian juga harus membuat tanan bunga di pekarangan budidaya, agar para lebah tidak terlalu jauh mencari nektar tanaman. Untuk itu kalian juga bisa memananmin bunga seperti bunga matahari, sepatu, mawar , dan lainya yang memiliki banyak nektar.

  • Proses Pemanenan

Tips Budidaya Lebah Madu Yang Sangat Menguntungkan Berikut Lisnya

Proses pemanenan bisa kalian lakukan jika sudah terhitung 40 hari dari peletakan ratu lebah .Dalam pemananenan ini kalian juga harus mengetahui cara caranya, karena kalian tidak bisa mengambilnya secara sembarangan. Yang harus pertama kali kalian lakukan yaitu kalian haruslah memakai pakaian lengkap yang sudah di sediakan untuk memanen madu lebah tersebut. Dan selain itu kalian jangan lupa untuk membawa perlengkapan lainnya seperti pisau, pisau ini berfungsi untuk nyongkel madu yang ada di bingkai. Agar madu tersebut tidak banyak yang terbuang. Nah sebelum kalian mengangkat bingkai. Kalian harus terlebih dahulu lakukan pengasapan, ini yang nantinya untuk mengusir para lebag sementar ager kalian lebih mudah memanen lebah tersebut.

Jika sudah melakukan pengasapan, barulah kalian bisa memanen madu tersebut. Sebainya kalian asingkan terlebuh dahulu ratu lebah ke tempat atau rumah lebah madu yang lainnya untuk proses pemanenan selanjutnya. Jikas sudah kalian bisa mengangkat bingkai tersebut, dan kalian lakukan pengambilan madu beserta sarang sarangnya. Untuk mempermudah kalian mengambilnya kalian bia menggunakan pisau yang kalian bawa tadi. Setelah sarang lebah kita ambil jangang lupa sarang di berikan cairan extensit agar madu yang di hasilkan lebih higeinis.

Baiklah sekian pembahasan saya mengenai Tips Budidaya Lebah Madu Yang Sangat Menguntungkan Berikut Lisnya. Bagi kalian yang ingin mencobanya, kalian bisa membacara artikel saya kali ini. Dan jangan lupa ya para sobat ternak berkualitas, selalu mengikuti artikel saya, karena saya akan selalu membagiakan informasi seputaran hewan kepada kalian semuanya.

Related Post

Post a Comment

Your email is never published nor shared. Required fields are marked *
You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

  • Pos-pos Terbaru