Tips Membudidayakan Leopard Gecko Yang Mudah Untuk Para pemula

Ternak Berkualitas – Hai sobat ternak berkualitas, kali ini saya kan membagikan 1 Tips Membudidayakan Leopard Gecko Yang Mudah Untuk Para pemula. Para sobat ternak sekalian apakah kalian sudah mengertahui apa itu leopard gecko?. Nah… Bagi kalian yang belum tahu dengan leopard gecko, silahkan simak artikel saya di bawah ini.

Tips Membudidayakan Leopard Gecko Yang Mudah Untuk Para pemula

Tips Membudidayakan Leopard Gecko Yang Mudah Untuk Para pemula

Leopard gecko merupakan salah satu hewn reptil yang bisa di pelihara. Leopard gecko masih tergolong kedalam keluarga tokek ataupun cicak. Tapi leopard geccko ini tidaklah bersuara atau pun menggigit layanyak tokek ataupun cicak, umumya leopard gecko ini memiliki warna kulit yang unik dan cantik, dan memiliki ukuran tubuh yang kecil pulak layaknya cicak. Karena warnanya yang unik dan cantik itulah akhirnya banyak orang yang  menyukainya dan tak jarang pula menjadikan leopard gecko sebagai hewan peliharaan ataupun untuk di ternakkan.

Setiap bulannya peminat leopard gecko selalu meningkat dikalangan remaja. Karena kecantikan dan unikannya maka dari itu banyak orang yang tertarik. Selain itu hargannya juga terjangkau, tapi karena banyak peminatnnya membuat leopard gecko sangat sulit di cari di pasaran. Dan hal ini bisa menjadi salah satu peluang bisnis bagi anda untuk menghasilkan uang yaitu dengan cara membudidayakan leopard  gecko. Bagaimana cara membudidayakannya….? Kalian pasti masih bingung bukan bagaimana cara nya. Nah kali ini akan saya bagikan 1 Tips Membudidayakan Leopard Gecko Yang Mudah Untuk Para pemula. Silahkan simak artikel yang saya buat di bawah ini.

Sebelum anda mulai membudidayakannya  kalian harus lah tahu terlebuh dahulu apa apa saja yang di butuhkan dan di perlukan untuk membudidayakan leopard gecko. Baiklah langsung saja kita mulai.

Tips Membudidayakan Leopard Gecko Yang Mudah Untuk Para pemula

  1.  Memiliki Komitmen Dalam Membudidayakan Leopard Gecko

Sebelum sobat ternak berkualitas memulai membudidayakan leopard gecko, sobat haruslah yakin dan membuat komitmen dan memilikirkan matang matang untuk memulai membudidayakan leopard gecko ini. Kalian haruslah memiliki waktu yang lebih untuk menjaga dan memperhatikan perawatannya. Seperti memberi makan, minum, dan kebutuhan lainnya. Agar kalian berharhasil dan sukses dalam membudidayakan leopard gecko.

      2. Menyediakan Kandang Untuk Membudidayakan Leopard Gecko

Tips Membudidayakan Leopard Gecko Yang Mudah Untuk Para pemula

Untuk kandang leopard gecko ini cukup mudah anda temui. Karena leopard gecko tidaklah memerlukan tempat yang luas untuk membudidayakannya. Maka dari itu sobat ternak berkualitas bisa menggunakan wadah kue atau akuarium kecil sebagai kandangang untuk si hewan reptil satu ini.

      3. Memilih Indukan Yang Berkualitas

Selanjutnya dalam Tips Membudidayakan Leopard Gecko Yang Mudah Untuk Para pemula yang harus anda lakukan yaitu memilih indukan yang berkualitas. Dan perlu sobat ternak berkualitas ketahui juga, memilih indukan yang berkualitas adalah salah satu faktor yang paling penting. Sebab jika anda memilih indukan yang berkualitas, maka hasil keturunannya juga terntulah berkualitas pula.

Untuk memilih induka leopard gecko yang berkualitas. Sobat ternak haruslah memilihnya seperti berikut :

  • Gemuk
  • Lincah
  • Nafsu makan tinggi
  • Dan yang paling penting yaitu sehat dan tidak ada carat sedikit pun.

Jika anda memilih indukan leopard gecko seperti yang di jelaskan di atas pastilah anda akan mendapatkan hasil yang berkualitas. Dan untuk membedakan yang mana indukan jantan dan indukan betina yaitu. Jika indukan jantan terdapat 2 benjolan di pangkal ekornya sedangkan indukkan betina tidak ada benjolan di pangkal ekornya. Nanum indukanan betina memiliki ekor yang lebih besar dari pada indukan jantan.

      4. Pemberian Makanan Yang Baik

Setelah anda mempersiapkan kandang dan memilih indukan yang berkualitas, jangan lupa pula untuk memberi makannya. Dan untuk memberi makanannya tidak boleh asal memberikan ya sobat ternak. karena dapat nantinya dapat mengganggu pertumbuhan dan pencernaannya. Untuk makanan leopard gecko yang baik yaitu serangga seperti jangkrik, belalang, dan selain itu anda bisa juga memberikannya ulat seperti ulat hongkong.

Jangkrik sangatlah bermanfaat untuk leopard gecko karenan kanduangan kalsium dan karbohidratnya sangat tinggi. Yang akan mempercepat pertumbuhan dan reproduksi leopard gecko. Selain itu kalian juga harus memperhatikan pemberian makannya, untuk anakan leopard gerkor bisa kalian berikan 3 sampai 5 jangkrik dalam sehari. Tapi untuk indukannya dapat kalian berikan 10 jangkrik dalam jangka waktu 2 hari sekali. Selain itu kalian jangan lupa juga memberikan minuman di dalam kandangnya.

      5. Proses Perkawinan

Tips Membudidayakan Leopard Gecko Yang Mudah Untuk Para pemula

Tips Membudidayakan Leopard Gecko Yang Mudah Untuk Para pemula, selanjutnya yaitu mengawinkan leopard gecko. Untuk proses perkawinan ini ada beberapa langkah langkahnya yang harus anda lakukan, silahkan simak di bawah ini.

  • Leopard gecko haruslah berusia 10 bulan atau lebih, agar matang untuk di kawinkan.
  • Meletakan leopard gecko jantan dan betina dalam 1 tempat misalnyya akurium  yang berukuran sedang.
  • Sebelum anda letakan indukan kedalam kandang sebaiknya anda membuat alas kandangnya agar kotoran dari leopard gecko tidak bau. Kalian harus lah berikan alas koran atau tisu terlebih dahulu, selanjutnya kalian berikan serbuk kapur yang dolomik di atas koran tersebut.
  • Selanjutnya masukan indukan jantan dan betina kedalam kandang tersebut dan biarkan mereka melukan proses perkawinan selama 3 hari.
  • Setelah 3 hari masa perkawinan berikutnya anda sediakan kotak kecil atau laying  box  yang di alasi cocopit. Setalah itu letakan di dalam kandang kawinya tadi. Laying bosku berfungsi sebagai tempat untuk indukan bertelur.
  • Biasanya setelah 2 minggu atau lebih indukan betina leopard gecko akan bertelur. Jika indukan sudah bertelur maka indukan betina akan menjadi kurus. Dan yang harus anda lakukan adalah merawat kembali indukan yang kurus agar kembali menjadi seperti semula.

      6. Memindahkan Telur Ke Inkubator

Tips Membudidayakan Leopard Gecko Yang Mudah Untuk Para pemula

Selanjutnya yaitu memindahkan telur leopard gecko ke dalam ingku inkubator. Sebelum anda memindahkannya sebaiknya anda harus nenadain telur tersebut dengan spidol agar tidak terbalik. Jika terbalik kemungkinan besar embrio nya akan mati, setelah itu anda harus lah membuat inkubatornya terlebih dahulu. Cara membuatnya, sediakan vermiculite dan kontainer bening yang sudah ditutup rapat. Berilah 4 sampai 5 lubang kecil. Adapun untuk vermiculite, Anda bisa memakai dua tipe yaitu kering dan basah.

Setelah dua tipe vermiculite sudah siap, berilah air hangat pada vermiculite basah supaya lembab dan peras memakai tangan kita supaya tidak terlalu basah. Jika sudah Letakkan vermiculite basah terlebih dahulu ke dalam kontainer kemudian disusul dengan vermiculite kering. Karena apabila tidak ditumpuk dengan vermiculite kering bisa bisa telur busuk akibat terlalu lembab. Dan untuk memindahkan nya kedalam inkubator yang sudahdi sediakan harus lah pelan pelan dan berhati hati. Setelah semua sudah dipindahkan letakkan di ruangan yang memiliki suhu 26 sampai 30 derajat. Usahakan suhu tidak sampai di bawah 23 derajat atau diatas 35 derajat.

Untuk waktu penetasan di butuhkan waktu 35 sampai 60 hari. Dan jika dalam waktu 35 hari sudah menetas maka anakan leopard gecko memiliki jenis kelamin jantan. Sedang kan dalam waktu 45 hari baru menetas maka anakan leopard gecko akan memiliki jenis kelamin betina.

      7. Perawatan Anakan Leopard Gecko Dan Penjualan.

Tips Membudidayakan Leopard Gecko Yang Mudah Untuk Para pemula

Dan trakhir dalam Tips Membudidayakan Leopard Gecko Yang Mudah Untuk Para pemula yaitu Perawatan Anakan Leopard Gecko Dan Penjualan. Setelah anakan gecko menetas yang harus anda lakukan yaitu mempersipkan kontainer dan berilah alas tisu yang lembab untuk perawatan bayi gecko.Dalam waktu 3-4 hari bayi gecko akan buang air besar untuk pertama kalinya setelah itu berilah pakan berupa jangkrik yang kecil sekali atau ulat hongkong. Nah 2 minggu kemudian dan jika makan sudah lancar anda boleh mengganti alas kandangnya dengan cocopit atau dolomit.

Rawatlah anakan sampai berusia 3 atau 4 bulan dan barulah anda bisa menjualnya. Untuk harga leopard gecko ini di bandrol dengan harga 150 sampai 400 ribuan per ekornya. Jika sudah pernah mengang kontes biasa di bandrol 500 sampai 800 ribuan perekornya.

 

Sekian pembahasan saya mengenai Tips Membudidayakan Leopard Gecko Yang Mudah Untuk Para pemula. Bagi sobat ternak berkualitas yang pecinta reptil kalian bisa mencoba membudidayakannya. Baiklah seperti biasanya jika kalian ingin mengertahui seputaran hewan yang berkualitas dan cara beternak kalian bisa langsugn klik link kami di bawah ini. Dan jangan lupa selalu mengikuti selalu mengikuti ternak berkualitas, karena setiap harinya akan selalu update tentang hewan yang  berkualitas dan menguntungkan bagi anda.

 

Related Post

  • Jenis Jenis Repti Paling Unik 150x150

    Jenis Jenis Repti Paling Unik Yang Ada Di Dunia

    Ternak Bekualitas | Jenis Jenis Repti Paling Unik Yang Ada Di Dunia - Hai sobat ternak berkualitas, dimana pun kalian berada. Kita kembali lagi di artikel ternak berkualitas. Di mana ternak
  • 4 Ayam Terunik 150x150

    4 Ayam Terunik Dan Juga Langka Di Dunia

    Ternak Berkualitas | 4 Ayam Terunik Dan Juga Langka Di Dunia - Apa kabar semuanya para sobat ternak berkualitas sekalian. Pada hari yang cerah ini kita berjumpa kembali di artikel ternak berkualitas.
  • 5 Hewan Peliharaan 150x150

    5 Hewan Peliharaan Yang Mudah Dirawat Bagi Pemula

    Ternak Berkualitas | 5 Hewan Peliharaan Yang Mudah Dirawat Bagi Pemula - Hallo para sobat ternak berkualitas sekalian. Kita kembali bertemu di artikel artikel ternak berkualitas. Nah pada kesempatan
  • Jenis Hewan Purba 150x150

    Jenis Hewan Purba Yang Masih Hidup Di Dunia

    Ternak Berkualitas | Jenis Hewan Purba Yang Masih Hidup Di Dunia - Hai para sobat ternak berkualitas sekalian. Kita kembali berjumpa di artikel ternak berkualitas. Nah di pertemuan kita kali ini,
  • Cara Merawat Hamster 150x150

    Cara Merawat Hamster Di Rumah Dengan Baik Dan Benar

    Ternak Berkualitas | Cara Merawat Hamster Di Rumah Dengan Baik Dan Benar - Hai kalian semuannya para sabahat ternak berkualitas. Berjumpa lagi bersama saya di artikel ternak berkualitas ini. Di

Post a Comment

Your email is never published nor shared. Required fields are marked *
You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

  • Pos-pos Terbaru