Tips Merawat Kelinci Anggora Yang Baik Dan Benar

Ternak Berkualitas – Hai sobat ternak berkualitas. kali ini saya akan membagikan satu Tips Merawat Kelinci Anggora Yang Baik Dan Benar. Pasti kalian sudah tau dengan kelinci anggora bukan.? Kelinci yang satu ini sangat lagh di gemari banyak orang. Bukan saja anak kecil yang suka dengan kelinci tetapi semua kalangan suka dengan kelinci terutama kelinci anggora.

Tips Merawat Kelinci Anggora Yang Baik Dan Benar

Kelinci anggora ini juga termasuk kelinci hias, kelinci anggora berasal dari ANKARA, TURKI. kelinci anggora ini memilki bulu yang tebal dan panjang bedaga dengan kelinci lokal pada umunnya yang memiliki bulu yang tidak tebal dan panjang.

Kelinci anggora sendiri sangat lagh di gemari dan banyak orang ingin merawat dan memeliharannya. Kebanyakan dari para pemelihara kelinci gagal memeliharannya karena terkena penyakit atau pun mati. Hal ini di sebabkan karena para pemelihara tidak lah mengertahui cara merawatnya. Tapi tenang saja pada kesempatan kali ini saya akan membagikan satu artikel kepada kalian yaitu. Tips merawat kelinci anggora yang baik dan benar.

Sebelelum kita lanjut ke cara perawatannya sebaiknya kita mengetahui cici-ciri dari kelinci anggora ini. Simak lah di bawah ini

Ciri- Ciri Kelinci Anggora Asli

  • Untuk berat badan kelinci anggora dewasa yaitu 2 sampai 4 kg.
  • Kelinci anggora asli memiliki bulu yang halus dan lebat. Dan hampir menutupin seluruh tubuhnya
  • Kelinci anggora bisa hidup 6 sampai 7 tahun lo..! Itu juga tergantung dari prawatan yang anda brikan juga.
  • Kelinci anggora memiliki berbagai variasi warnya, seperti hitam, coklat, putih, hitam putih. Dan masih banyak yang lainnya bahkan ada juga yang memiliki warna kombinasi.

Baiklah setelah kita tahu ciri-ciri dari kelinci anggora tersebut selanjutnya kita masuk ke Tips merawat kelinci anggora dengan baik dan benar.

  1. Memperhatikan Kondisi Kandang Kelinci Anggora

Kandang kelinci adalah salah satu sarana yang paling penting untuk di perhatikan. Jika kalian memeliraha kelincinya di luar rumah, kalian harus selalu memperhatikan kandangnya. Kandang kelinci anggora tidak boleh lembab sedikutpun. Untuk kondisi kandang yang paling baik yaitu. Kandang selalu kering, tidak terkena hujan, tidak terkenak matahari secara langsung dan terakhir yaiut tidak  terkena hembusan angin secara langsung.

Usahakan selalu membersihakan kandang. Caranya cukup mudah anda hanya pelu meletakan penampung kotoran. Agar kotoran kelinci dan lainnya seperti sisa makannya tidak bertebaran kemana-mana.

Kandang kelinci anggora juga tidak boleh terlalu sempit, anda harus memberikan kandang yang cukup luas. Agar kelinci anggora dapat bergerak bebas dan tidak mudah strees.

      2. Makanan Kelinci Anggora

Dalam Tips merawat kelinci anggora yang baik dan benar, yaitu anda harus lah memberinya makan. Makanan yang baik untuk kelinci anggora yaitu pelet khusus kelinci. Karena pelet kelinci memiliki kandungan nutrisi yang lengkap untuk memenuhi gizi kelinci anggora.

Selain pelet anda juga bisa memberikan makanan seperti sayur-sayuran. Tapi pastikan sayuran yang anda berikan sudah layu. Karena untuk mengurain kadar air yang ada di dalam sayuran dan racun yang mungkin saja terdapat pada sayuran tersebut.

Untuk pemerian makan anda bisa memberikan makannya pada pagi dan sore hari saja. Begitu juga dengan memberi munumnya, tetapi memberi minum kelinci jangan lah terlalu banyak. Karena jika kelinci terlalu banyak minum mengakibatknan mencret. Sebaiknya anda memberikannya minum sedikit saja.

      3. Memberikan Waktu Bermain

Tips merawat kelinci anggora yang baik dan benar. Karena kelinci anggora sangatlah aktif dalam bergerak sebaiknya anda juga memberikannya waktu untuk bermain. Agar kelinci anggora anda tidak mudah stressdan cepat mati.

Selain memberikan waktu bermain di luar. Anda juga harus lah menyediankan mainnya di dalam kandangnya juga. Maianan yang di maksud seperti kardus dan kayu, kardus untuk dia bersembunyi sedangkan kayu untuk di gigitinnya. Kayu bertujuan juga agar mengasah gigi kelinci agar tidak tumbuh terlalu panjang.

      4. Memandikan Kelinci Anggora

Kelinci anggora adalah kelinci yang memiliki bulu yang lebat dan panjang. Maka dari itu anda harus marawat bulunya dengan cara memanfikannya. Memandikan keinci anggora selain berfungi untuk menjaga bulunya. Ini juga berfungsi untuk menghindarkannya dari kutu, dan bulu rontok.

Setelah anda memandikan kelinci anggora langusng lah anda mengeringkan seluruh tubuhnya dan kemudian di sisir.

      5. Menjaga Kesehatan Kelinci Anggora

Dan yang trakhir dalam tips merawat kelinci anggora yang baik dan benar yaitu menjaga kesehatan kelinci anggora. Hal yang paling penting dalam menjaga kehatan ini iya itu memberi vitamin dan selalu menjaga kebersihan kandang. Selalu memperhatikan sudat kandang karena kelinci selalu membuang kotoran di sudut kandang.

Baiklah sekian tips merawat kelinci anggora yang baik dan benar. Jika kalian ingin mengetahu tentang berbagai tips merawat hewan lainnya kalian bisa langusng klik link kami di bawah ini.

Related Post

Post a Comment

Your email is never published nor shared. Required fields are marked *
You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

  • Pos-pos Terbaru