Tips Sukses Betenak Kelinci Pedaging Dengan Modal Kecil

Ternak Berkualitas | Tips Sukses Betenak Kelinci Pedaging Dengan Modal Kecil – Sobat ternak berkualitas, Apakah kalian tahu dengan kelinci pedaging.? Kelinci pedaging berbeda dengan kelinci hias ya sobat ternak. Kelinci pedaging umunnya untuk di konsumsi saja, namun kalau kelinci hias merupakan hewan peliharaan yang biassnya ikut kontes atau apa pun itu. Ya contoh dari kelinci hias ini yaitu kelinci anggora, kelinci yang memiliki bulu yang sangat tebal dan panjang selain itu cantik untuk di pandang. Namun di kesempatan kali ini kita tidak membahas tentang kelinci hias, melainkan kita membahasn tentang kelinci pedaging. Apakah kalian tahu, beternak kelinci pedaging sangat lah menguntungkam. Jika kalian ingin mengertahu cara beternak kelinci pedaging kalian bisa menbacanya di bawah ini.

Tips Sukses Betenak Kelinci Pedaging Dengan Modal Kecil

Tips Sukses Betenak Kelinci Pedaging Dengan Modal Kecil

Kelinci merupakan salah satu hewan yang di konsumsi masyarakat. Meskipun budidaya kelinci pedaging tidak sepopuler dengan budidaya ayam, bebek, kambing, sapi pedaging dan lainnya. Namun tidak menutup kemungkinan bahwasannya di pasaran tidak ingin menjual daging kelinci. Sudah terbukti dari beberapa daerah sudah ada restoran dan rumah makan kecil yang menjual makanan dari olahan daging kelinci loh… ya contohnya makanan yang dari olahan daging kelinci yaitu adalah sate kelinci.

Daging kelinci sangatlah di gemari dan di minati oleh kalangan orang, selain dagingnya yang empuk, daging kelinci juga memiliki kandungan gizi yang sangat tinggi. Dan bahkan sekarang di pasaran sudah banyak yang mencarai daging kelinci untuk di konsumsi. Nah hal ini bisa anda manafaatkan untuk meraup hasil yang lumayan dengan cara beternak kelinci pedaging hanya dengan menggunakan modal kecil, untuk itu silahkan kalian simak artike saya di bawah ini.

Tips Sukses Betenak Kelinci Pedaging Dengan Modal Kecil

  • Kandang Beternak Kelinci Pedaging

Tips Sukses Betenak Kelinci Pedaging Dengan Modal Kecil

Dalam beternak kelinci pedaging syarat utama untuk beternak kelinci pedaging yaitu membuat kandanngnya. Karena kandang merupakan hal yang paling penting dalam beternak apapun itu.  Untuk kandang beternak kelinci pedaging haruslah anda buat di lokasi yang tepat. Yang di maksud lokasi yang tepat yaitu, bebas asap dan polusi udara, memiliki udara yang bersih, selain itu juga harus terkena matahari secara langsung. Dan suhu yang paling ideal untuk beternak kelinci pedaging yaitu sekitar 21 sampai 25 drajat celcius.

Untuk membuat kanadang kelinci pedaging yaitu anda bisa membuatnya dari bahan material kayu dana bambu, ukurannya bisa anda buat yaitu 200 x 70 x 70 cm, cukup untuk mengisi 12 ekor kelinci. Selain itu hindari dari prodator lainnya seperti tikus, kucing, dan anjing.

  • Pemilihan Bibit Yang Berkualitas

Setelah anda membuat kandangnya, selanjutnya yaitu anda haruslah membeli bibitnya. Untuk mendapatkan hasil yang memuaskan dalam beternak pelinci pedaging yaitu anda juga harus memiliki bibit yang berkualitas pula. Jenis kelinci potong ada beberapa macam yaitu kelinci flemish giant, kelinci new zealand, dan kelinci Rex, dari jenis jenis itu anda bisa memilihnya. Dan tidak hanya itu anda harus memilih bibit yang memiliki ciri ciri seperti di bawah ini

  1. Bibit tidak cacat fisik
  2. Tidak nervous dan bulunya halus
  3. Warna tidak kusam
  4. Lincah dan aktif bergerak
  5. Serta mata bersih dan terawat.

Dan untuk membedakan mana kelinci yang jantan dan betina anda bisa membedakannya seperti di bawah ini:

Kelinci Jantan : sulit, Kelinci jantan biasanya memiliki tanda dibawah ekor dan tepat diatas anus terdapat tabung kecil tertutup bulu, Itu adalah merupakan alat kelamin kelinci jantan
Kelinci Betina : kelinci betina memiliki gundukan dengan celah memanjang yang terdapat dibawah ekor tepat diatas anus, Itu adalah alat kelamin kelinci betina.

Tips Sukses Betenak Kelinci Pedaging Dengan Modal Kecil 

  • Pemberian Pakan Yang Berkualitas

Tips Sukses Betenak Kelinci Pedaging Dengan Modal Kecil

Dalam Tips Sukses Betenak Kelinci Pedaging Dengan Modal Kecil, anda juga harus memberi pakan kelinci anda dengan pakan yang baik pula. Anda bisa memberikannya pakan berupa Wortel, kangkung, dan sayur sayur lainnya. Selain itu untuk menunjang pertumbuhannya yaitu : Pemberian pakan berupa pelet bertujuan untuk mempercepat pertumbuhan, dan pembetukan daging, Makanan bisa diberikan 2 kali sehari pagi dan sore, Dengan cara pagi kita berikan pellet, dan sore harinya kita berikan sayuran, atau sebaliknya, Jangan lupa selalu sediakan air minumnya.

  • Massa Perkembang Biakkan Kelinci.

Setelah kelinci betina berusia 4 bulan dan kelinci jantan sudah berusia 6 bulan bisannya sudah bisa di kembang biak. Dalam pengembang biakan kelinci pedaging ada beberapa hal yang harus anda lakukan yaitu sebagai berikut.

Proses Perkawinan Kelinci

Dalam proses ini yang harus anda lakukan yaitu, memasukan kelinci betina kedalam kandang kelinci jantan. Fungsinya di lakukan agar kelinci jantan lebih percaya diri untuk mengawinin kelinci betina, setelah itu biarkan beberapa saat sampai kelinci melakukan perkawinan. Jika sudah melakukan perkawinan maka angkat kelinci betina keluar kandang dan diamkan selama 15 menit, kemuidan masukan lagi kelinci betina kedalam kandang pejantan dan biarkan sampai kelinci tidak ingin melakukan perkawinan lagi. Setelah itu baru masukan kembali kelinci betinak kedalam kandangnya .

Massa Kehamilan

Jika sudah melakukan proses perkawinan, umunnya dalam waktu 2 minggu kelinci sudah hamil. Untuk mengetahuinya hamil atau tidak, anda bisa melihat dan meraa pekutnya, jika perutnya terlihat membersar dan pada saat di raba terasa benjolan di bagian perlutnya, berarti kelinci anda sudah hamil.Dan pada saat kelinci anda hamil anda harus menaikan porsi makannya. Kelinci akan melahirkan anaknya dalam waktu 30 sampai 32 hari, nah dan sebelum itu anda harus membuat kandang untuk kelinci anda melahirkan dan menusui anaknya. Kandang yang harus anda siapkan yaitu kandan yang berkuliran 60 x 30 x 15 cm dengan di alasin rumput kering. Jika sudah memasuki masa melahirkan segeralah anda masukan kelinci kedalam kandang tersebut. Biasanya kelinci akan melahirkan 6 sampai 12 ekor anak kelinci.

Tips Sukses Betenak Kelinci Pedaging Dengan Modal Kecil

Merawat Anak Kelinci

Pada saat kelinci sudah melahirkan. Nah di sinilah tugas yang paling penting bagi anda dalam beterenak kelinci pedaging, anda harus merawat kelinci agar kelinci tetap hidup dan sehat dan tumbuh besar. Lakukan perawatan dengan benar. Kelinci yang baru di lahirkan biasnya masih merah tidak memiliki bulu, selain itu matanya juga masih tertutup. Untuk itu kalian bisa membiarkannya denang ingduknya terlebih dahulu sampai matannya terbukan dan sudah memiliki bulu, dan pastikan anak kelinci yang baru lahir mendapatkana kehangatan ager tidak mati.

Biasannyada dalam 2 minggu baik kelinci sudah memiliki bulu dan bergerak bebas. Nah pada saat itu barulaah anak kelinci bisa kalian rawat sendiri dan tidak bersama induknya lagi. Berilah makan yang banyak dan jangan lupa pula untuk memberinya vitamin agar tetap sehat dan pertumbuhannya semakin cepat

  • Massa Panen

Tips Sukses Betenak Kelinci Pedaging Dengan Modal Kecil

Dan trakhir dalam Tips Sukses Betenak Kelinci Pedaging Dengan Modal Kecil yaitu adalah massa panen. Setelah kalian menjaga dan memberi makanan denagn tratur biasanya dalam waktu 4 bulan kelinci pedaging anda sudah bisa di panen. Biasnnya kelinci akan memiliki bobot badan yaitu kisaran 2 kg sampai 3 kg per ekornya, selain itu harga daging kelinci juga terbilang cukup tinggi loh. Nah untuk pemasarannya kalian bisa langsung menjualnya kepadaran atau ke restora yang menyediakan menu daging kelinci.

 

Berikutlah pembahasan saya mengenai Tips Sukses Betenak Kelinci Pedaging Dengan Modal Kecil, bagi alian yang ingin mecobanya di rumah silahkan. Selain itu untuk kalian yang ingin mengetahui makanan penggemuk kelinci. Kalian bisa langsung membacanya di artikel kami yang lain, kalian bisa langsung mengklik link yang di bawah ini.

Related Post

Post a Comment

Your email is never published nor shared. Required fields are marked *
You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

  • Pos-pos Terbaru