Tips Sukses Beternak Ayam Kalkun Yang Sangat Menguntungkan

Ternak Berkualitas |Tips Sukses Beternak Ayam Kalkun Yang Sangat Menguntungkan – Sobat ternak berkualitas. Berjumpa lagi bersama saya, pada kesempatan kali ini saya akan membagikan 1 tips yang akan membuat anda senang. Yang saya berikan kali ini yaitu Tips Sukses Beternak Ayam Kalkun Yang Sangat Menguntungkan. Beternak ayam kalkun sangatlah menguntungkan, kenapa di bilang menguntungkan?. Ya kalian bisa pikirkan harga ayam kalkun di pasaran berapa per ekornya. Nah jika kalian sukses dalam beternak ayam kalkun, tentulah kalian bisa meraup keuntungan yang besar pula. Dan bagi kalian yang ini mengetahui cara sukses beternak ayam kalkun ini, kalian silahkan simak artikel saya di bawah ini.

Tips Sukses Beternak Ayam Kalkun Yang Sangat Menguntungkan

Ayam kalkun merupakan salah satu dari spesies ayam yang ada di dunia ini. Namun ayam kalkun berbeda dengan ayam lainnya yang seperti kita lihat. Ayam kalkun memiliki ukuran tubuh 2x lebih besar dari ayam yang biasa kita lihat. Ayam kalkun bahkan memiliki panjang sayap 1,5 sampai 1,8 meter. Ayam kalkun memiliki banyak jenis, tidak semua ayam kalkun itu sama. Untuk ayam kalkukn yang biasannya di ternak oleh para peternak yaitu ayam kalkun jenis bronze.

Nah untuk kalian yang ingin beternak ayam kalkun, anda haruslah memiliki ilmu dan pengetahuan yang cukup untuk dapat beternak ayam kalkun. Hal ini akan saya sampai kan di bawah yaitu Tips Sukses Beternak Ayam Kalkun Yang Sangat Menguntungkan . Silahkan kalian simak ya para sobat ternak berkualitas.

  • Pemilihan lokasi Beternak

Sebelum anda mulai membudidayakan ayam kalkun ini, anda haruslah menentukan lokasi yang pas untuk beternak ayam kalkun ini. Setelah menentukan lokasi kandang yang cocok untuk beternak ayam kalkun baru lah anda dapat beternak ayam kalkun. Namun pastikan lokasi kandang yang tadi tanahnya sudah anda lapisi dengan pasir zeolite semuannya. Guna dari pasir tersebut yaitu untuk mmembantu penguraian kotoran ayam kalkun agar lebih cepat.

  1. Pembuatan Kandang

Dalam Tips Sukses Beternak Ayam Kalkun Yang Sangat Menguntungkan, ada haruslah membuat kandang untuk beternak ayam kalkun ini. Namun sebelum itu ada beberapa kandang khusus yang harus anda persiapkan untuk beternak ayam kalkun ini.

Untuk usia 0-1 bulan :Untuk ayam kalkun yang masih berusia 0-1 bulan anda harus menyediakan kandang boks yang berukuran 1×1                                              m2 sertatinggi 6o cm. Untuk membuat kandangnya anda bisa membuatnya dari bahan kayu dan bambu.                                                      Selain itu kalian harus mengasih penerangan lampu sebagia penghangatnya. Agar ayam kalkun anda tidak                                                    mati.
Untuk usia 2-4 bulan : Untuk ayam kalkun yang sudah berusia 2-4 bulan, kalian harus memindahkan ayam kalkun ke kandang yang                                              lebih besar pula. Yaitu dengan ukuran 1,5 m2 serta tinggi 120cm. Untuk 1 kandang ini anda hanya bisa                                                          memuatkan 5 sampai 6 ekor ayam kalkun yang berusia 2-4 bulan ya sobat ternak.

  • Menentukan Jenis Kelamin

Proses selanjutnga adalah menentukan jenis kelamin ayam kalkun sebelum memasuki proses perkawinan. Kalkun jantan memiliki semacam benjolan pada lehernya. Para peternak sering menyebutnya dengan nama pusar. Pusar ini merupakan tonjolan yang biasanya akan ditumbuhi rambut. Jika kalkun memilikk tonjolan, bisa dipastikan jika kalkun tersebut merupakan jantan. Selain itu, pada kalkun jantan, gelambir bagian bawahnya terdapat benjolan besar-besar serta lebih lebar. Selain itu, kalkun jantan memiliki tonjolan pial di atas paruhnya dimana pada usia 3 bulan akan lebih panjang serta bisa kalian yarik. Jenis kelamin ayam kalkun akan terlihat jika mereka sudah berusia 3-4 bulan.

Tips Sukses Beternak Ayam Kalkun Yang Sangat Menguntungkan

  • Perawatan Ayam Kalkun Dan Kandang Ayam Kalkun

Untuk perawatan ayam kalkun sangatlah mudah. Anda haruslah memberikan asupan pakan dan gizi yang cukup untuk pertumbuhan ayam kalkun anda. Sebainya anda memberi makan 4x dalam 1hari karena ayam kalkun sangat kencang untuk makan. Untuk pakan yang baik sebagai penunjang pertumbuhannya yang harus anda berikan yaitu. daun kelor, kedebong pisang, sawi, dedak dan konsetrat dengan perbandingan 30-30%. Rajang sayuran hingga halus lalu aduk rata campurkan sedikit air. Takarannya berikan pakan sebanyak 1 gayung untuk 1 kalkun dewasa usia 5 bulan ke atas dan 1 gayung untuk 5 kalkun usia 2-4 bulan. Selain pakan juga berikan air, 1 ekor kalkun dewasa usia 5 bulan setiap hari membutuhkan 250ml air.

Selain pemberian pakan anda juga harus melepaskan ayam kalkun anda agar bisa bermaian di luar kandang. Hal ini di lakukan agar ayam kalkun anda tidak mengalami stres. Lakukan pelepasan ini yaitu 2 hari sekali agar ayam kalkun jantan dapat mengawinin ayam kalkun betina. Dan selain itu jangan lupa untuk melakukan perawatan kandang juga karena. Kandang yang bersih merupakan kandang yang baik dalam beternak ayam kalkun. Dan kandang usahakan selalu kering agar ayam sehat selalu, tidak terkena serangan penyakit.

  • Massa bertelur dan mengeram

Setelah ayam kalkun sudah melakukan proses perkawinan, biasannya dalam beberapa minggu ayam kalkun betina akan bertelur. Sebelum ayam kalkun betina bertelur anda haruslah menyediakan tempatnya terlebih dahulu. Yang nantinya sebagai tempat indukan bertelur, anda menyediakan kadang yang agak tinggi dan terbuka. Setelah itu di dalamnya bisaanda masukan seperti ban bekas dan di tambahi dengan jerami. Yang di mana itu sebagai temapat ayam kalkun anda bertelur.

Indukan betina kalkun akan bertelur setiap hari sampai masa bertelurnya habis. Biasnya ayam kalkun akan bertelur 7 sampai 10 butir saja. Namun bahkan bisa lebih tergantung dari kesuburan si indukan betinanya. Setelah masa bertelur ayam kalkun sudah habis, barulah dia memasuki masa pengeraman. Untuk lamannya pengeraman anda harus sedikit bersabar, karena ayam kalkun sedikit lama dari ayam lainya dalam proses pengeraman telur. Ayam kalkun akan memakan waktu selama 24-28 hari lamannya sampai anaknya meneteas.

 

  • Perawatan Anakan 

Setelah anak ayam kalkun menetas biarkanlah selama 7 hari bersama induknya. Dan jangan lupa memberinya makan dan minum. Selain itu kan vitamin juga, setelah  berusia lebih dari 7 hari barulah anda pisahkan indukannya dengna anaknya. Ini berfungsi agar indukan ayam kalkun dapat memproduksi lagi. Dan jangan lupa lakukan perawatan anakan ayam kalkun seperti yang di atas tadi.

  • Pemasan ayam kalkun

Dan trakhir dalam Tips Sukses Beternak Ayam Kalkun Yang Sangat Menguntungkan yaitu pemasaran ayam kalkun. Jika anda sudah merawat ayam anda secara baik dan benar, tidak pernah telah memberi makannya dan selalu memberi pakan yang bergizi. Pada usia 6 bulan ayam kalkun anda sudah dapat di jual, Untuk penjualanan anda bisa jual ke pasar, peternak ayam kalkun. Dan selain itu anda juga bisa langsung menjualnya ke restoran. Jika anda langsung jual ke restoran biasannya hargannya bisa lebih tinggi.

 

Baiklah sekitan pembahasan saya mengenai Tips Sukses Beternak Ayam Kalkun Yang Sangat Menguntungkan. Bagi kalian yang ingin mengetahui cara beternak lainnya dan pakan yang lainnya kalian bisa langsung kunjungi link kami di bawh ini

BACA JUGA :

Related Post

  • 4 Ayam Terunik 150x150

    4 Ayam Terunik Dan Juga Langka Di Dunia

    Ternak Berkualitas | 4 Ayam Terunik Dan Juga Langka Di Dunia - Apa kabar semuanya para sobat ternak berkualitas sekalian. Pada hari yang cerah ini kita berjumpa kembali di artikel ternak berkualitas.
  • Cara Mudah Memilih Ayam 150x150

    Cara Mudah Memilih Ayam Cemani Asli Berdasarkan Ciri-Cirinya

    Ternak Berkualitas | Cara Mudah Memilih Ayam Cemani Asli Berdasarkan Ciri-Cirinya - Hallo sobat ternak berkualitas sekalian. Kita bertemu kembali di artikel ternak berkualitas. Dimana ternak
  • 6 Hewan Endemik Indonesia 150x150

    6 Hewan Endemik Indonesia Yang Jarang Di Ketahui

    Ternak Berkualitas | 6 Hewan Endemik Indonesia Yang Jarang Di Ketahui - Hai para sobat ternak berkualitas sekalian. Jumpa kembali di artikel saya yaitu ternak berkualitas. Di mana dalam artikel ini
  • Jenis Jenis Burung 150x150

    Jenis Jenis Burung Yang Harus Kita Waspadai

    Ternak Berkualitas | Jenis Jenis Burung Yang Harus Kita Waspadai - Hallo para sobat ternak berkualitas semuannya. Kembali lagi di artikel saya yang dimana selalu memberikan informasi informasi
  • Cara Budidaya Burung Belibis 150x150

    Cara Budidaya Burung Belibis Dengan Benar Untuk Pemula

    Ternak Berkualitas | Cara Budidaya Burung Belibis Dengan Benar Untuk Pemula - Hallo sobat ternak sekalian. Berjumpa lagi di artikel saya, ternak berkualitas. pada kesempatan kali ini saya akan

Post a Comment

Your email is never published nor shared. Required fields are marked *
You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

  • Pos-pos Terbaru